Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Tanya Jawab Kritis pada Materi Listrik Dinamis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IXB MTsN 4 Ngawi pada materi Listrik Dinamis melalui metode tanya jawab kritis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus yang tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun teknik analisis data menggunakan deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode tanya jawab kritis pada materi listrik dinamis dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar IPA, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun peningkatan peningkatan motivasi dari siklus I ke siklus II sebagai berikut: Sangat senang mengalami kenaikan 25% ; Senang mengalami kenaikan 18 %; kurang senang menurun 18% dan tidak senang menurun 15%. Penggunaan metode tanya jawab kritis juga dapat meningkatkan keberanian bertanya dan motivasi siswa belajar IPA, sehingga dapat meningkatkan nilai ulangan harian atau prestasi belajar siswa. Adapun peningkatan dari siklus I ke siklus II sebagai berikut: Predikat sangat baik ( nilai 90 – 100 ) mengalami kenaikan 25 % (dari 0% menjadi 15%) ; Predikat baik (nilai 70 – 80 ) mengalami kenaikan 3 % ( dari 57 % menjadi 60 % ); Predikat cukup (nilai 50 – 60 ) mengalami penurunan 28 % ( dari 44 % menjadi 15 %) Hal Ini menunjukkan siswa semakin termotivasi dalam belajar IPA pada materi Listrik Dinamis Melalui Metode Tanya Jawab Kritis dan mengalami peningkatan hasil belajar setelah melewati dua siklus pembelajaran.Â
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 281 times | PDF view : 141 timesReferences
Nisa NI. 2016. Peran Guru Sebagai Manajer dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 1(1): 104–114
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press
Wijaya C. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Medan: IKIP
Dewi, MP, Kristin F. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Inquiry Pada Siswa Kelas V SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1): 67–78.
Primadiati ID & Djukri D. 2017. Pengaruh Model Collaborative Learning Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasi, 5(1): 47–57.
Marliyah. 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Alat Peraga Konkrit pada Siswa. Jurnal Pancaran, 3(4): 153–162.
Refika AIS. 2013. Model Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Lingsar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Lensa Kependidikan Fisika. 1(1). 1-10.
Sulistyorini S. 2007. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Yogyakarta: Tiara Wacana. Pendidikan. Kencana, Jakarta.
Aminah A. 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Interaktif Dengan Metode Tanya Jawab. Journal of Natural Science and Integration.1(1): 121-131.
Sutikno S. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica
Fathony F. 2019. Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1): 88–98.
Hartati R, Simanullang H. 2018. Penerapan Metode Tanya Jawab Dengan Teknik Menuntun Dan Menggali Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Purba Tahun Pembelajaran 2016/2017. PeTeKa. 1(2): 61-72.
DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i1.3985
Article Metrics
Abstract view : 281 timesPDF - 141 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Dwi Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
©2021-2022 IAIN Palangka Raya