Peningkatan Minat dan Kemampuan Memahami Barisan Dan Deret Bilangan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan memahami konsep barisan dan deret melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Penelitian ini dilakukan pada kelas IX D MTs N 2 Ponorogo kepada sebanyak 27 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada Maret-April 2019 oleh peneliti dan dibantu oleh kolaborator guru matematika lain. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus pembelajaran. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket untuk mengukur minat siswa, lembar observasi untuk mengamati proses pembelajaran oleh kolaborator, dan tes untuk memperoleh nilai hasil belajar siswa. Data penelitian dianalisis menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian setelah siswa melalui dua siklus pembelajaran diperoleh hasil peningkatan minat siswa terhadap pembelajaran matematika. Peningkatan minat siswa sebesar 22% (dari 78% menjadi 100%) antara kondisi sebelum penelitian dan setelah dua siklus pembelajaran, Adapun nilai hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 72,9%, dimana siswa yang tuntas pada awalnya hanya 19,6% kemudian meningkat menjadi 92,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada materi barisan dan deret dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa setelah melalui dua siklus pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 128 times | PDF view : 98 timesReferences
Annissawati. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).
Elva R & Yunita. 2013. Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Unila, 1(1).
Karlina D, Lestari PB, Irmawan. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 3(1): 18-22
Kasimuddin. 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika. 4(1): 54-72.
Mita S. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP. Journal for Research in Mathematics Learning. 2(2): 121-128.
Ningsih YM, Sucipto L, Fittriyah AT. 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa MTs. Journal Of Math Tadris (JMT), 1(1): 30.
Rosita I d& Leonard. 2015. Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Formatif :Universitas Indraprasta PGRI. 3(1): 7-8.
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press
Sari M. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-PairsShare dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh. Jurnal Riset Pendidikan Matematika,1(1): 9-15.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R dan D. Bandung: Alfabeta.
Sutikno S. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica
Wijaya C. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Medan: IKIP
Zulkarnain I & Soraya D. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertamaâ€. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1): 108.
DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i1.3990
Article Metrics
Abstract view : 128 timesPDF - 98 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hevin Dwi Rivia Julianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
©2021-2022 IAIN Palangka Raya