Efektifitas Zoom Meetings sebagai Media Pembelajaran Online

Sinta Laela Saharoh, Yunita Ayudhia Anzani, Muhammad Minan Chusni

Abstract


Pembelajaran online khususnya di perguruan tinggi banyak menggunakan media Zoom Meetings. Penting untuk mempelajari seberapa efektifitas pembelajaran online dengan Zoom Meetings. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas penggunaan aplikasi Zoom Meetings sebagai media pembelajaran online terutama di tengah kondisi pandemi seperti saat ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan jenis/pendekatan penelitian yang berupa studi kepustakaan (Library Research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran online pada media Zoom Meetings khususnya di perguruan tinggi cenderung kurang efektif, walaupun telah tersedia berbagai fitur yang mendukung keberlangsungan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, selain karena jaringan yang tidak stabil dan akses internet yang sangat sulit, juga masih ada peserta didik yang tidak memiliki fasilitas untuk mengakses aplikasi ini dan tidak mendapatkan subsidi kuota gratis dari pemerintah. Disisi lain, masih terdapat pula pendidik yang belum mampu mengoperasikan aplikasi sejenis ini. Namun, Zoom Meetings dinilai lebih efisien dan praktis digunakan sebagai platform yang mendukung pembelajaran terutama ditengah pandemi saat ini. Oleh karena itu, dengan keberadaan aplikasi Zoom Meetings ini diharapkan dapat mendukung siswa/mahasiswa dalam hal pembelajaran berbasis online dan diharapkan  dapat memanfaatkan aplikasi ini sebaik dan seefektif mungkin.


Keywords


Media pembelajaran; online; zoom meetings

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 115 times | PDF view : 238 times

References


Daheri M. .2020. Efektifitas Whatsapp sebagai Media Belajar Daring, Jurnal Basicedu, 4(4): 775-783.

Far-Far G. 2021. Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dalam Pembelajaran. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17(1):1–5.

Liu ANA & Ilyas I. 2020. Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fisika Universitas Flores. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, 6(1): 34-38.

Moleong LJ. 1991. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakary.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Setiani A. 2020. Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom di Masa Pandemi dan Setelah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2: 523–530.

Zulfikar. 2020. Efektifitas Penggunaan Media Zoom Terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 2(1): 33–39.




DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i2.3999

Article Metrics

Abstract view : 115 times
PDF - 238 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sinta Laela Saharoh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





Journal Management Address Map:


Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan,
ISSN 2775-6580 (online-electronics), 2776-7531 (print)
2021-2022 IAIN Palangka Raya