Pengembangan Sumber Belajar Inovatif Berbasis Proyek dan Multimedia pada Pengajaran Analisis Kation
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar inovatif berbasis proyek dan multimedia untuk membangun kemampuan berpikir mahasiswa dalam mengajar Analisis Kation. Penelitian ini meliputi analisis kebutuhan sumber belajar pegangan mahasiswa, tahapan perancangan dan inovasi yang dilakukan pada sumber belajar inovatif berbasis proyek dan multimedia, dan standarisasi sumber belajar inovatif yang dilakukan dengan menggunakan angket BSNP yang dinilai oleh dosen ahli materi dan media. Hasil analisis kebutuhan yang dilakukan pada mahasiswa menunjukkan bahwa sumber belajar yang digunakan belum dapat memotivasi mahasiswa belajar secara mandiri sehingga dibutuhkan sebuah sumber belajar yang mampu mengembangkan pengetahuan dan unjuk kerja mahasiswa agar lebih kreatif dan berpotensi membuat pembelajaran lebih menarik. Inovasi yang dilakukan pada sumber belajar inovatif berupa materi ajar, video proyek, paket proyek dan soal latihan yang dikemas dalam sebuah multimedia yaitu Kvisoft flipbook maker. Hasil standarisasi sumber belajar inovatif berbasis proyek memperoleh skor 3,70 dengan kategori valid dan tidak perlu direvisi. Hal ini menunjukkan bahwa sumber belajar inovatif berbasis proyek dan multimedia sudah layak untuk diimplementasikan pada proses pembelajaran analisis kation.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 704 times | PDF view : 14051 timesReferences
Fitriani H, Situmorang M, Darmana A. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Inovatif dan Interaktif melalui Pendekatan Sainstifik pada Pengajaran Larutan dan Koloid. Jurnal Edukasi Kimia, 2(1): 48-53.
Harris DC. 2015. Quantitative Chemical Analysis 9th ed. New York: W.H. Freeman and Company.
Juliandini G, Situmorang M, Muchtar Z. 2020. An Innovative Chemistry Learning Material With Project and Multimedia to Developed Students Thinking Skill on the Teaching of Anion Analysis. In The 5th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL). Universitas Negeri Medan. Kota Medan. 22 September 2020.
Martalina DS, Situmorang M, Sudrajat A. 2018. The Development of Innovative Learning Material With Integration of Project and Multimedia for The Teaching of Gravimetry. In 3rd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL). Universitas Negeri Medan. Kota Medan. 3- 4 Oktober 2018.
Nurfajriani N, Rahman G, Jahro IS. 2021. Tren Penelitian Pendidikan Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Kimia Berwawasan Lingkungan. Universitas Mulawarman. 25 November 2020.
Panjaitan HP, Silaban R, Jahro IS, Hutabarat W, Riris ID., Sudrajat A, Nurfajriani N. 2021. Development of Innovative Chemistry Practicum Based on Multimedia Senior High School Class XI Semester II Integrated Character Education According to the 2013 Curriculum. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal. 4(2): 880-887.
Purba J, Siregar N. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Proyek Di SMA Negeri 2 Lintongnihuta pada materi Asam dan Basa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal Of Innovation in Chemistry Education). 2(2): 110-115.
Rahman L, Silaban R, Nurfajriani N. 2021. Development of E-Module Assisted Chemistry Flip Pdf Professional for Non-Metal Chemistry Learning on the Subject of Carbon and Silicon. Duconomics Sci-meet (Education & Economics Science Meet). 1. 185-191.
Sary SP, Tarigan S, Situmorang M. 2018. Development of Innovative Learning Material With Multimedia to Increase Student Achievement and Motivation in Teaching Acid Base Titration. In 3rd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL). Universitas Negeri Medan. Kota Medan. 3 - 4 Oktober 2018.
Sinaga M, Sihombing K, Situmorang M. 2017. Inovasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Pengajaran Kimia Umum. Prosiding Seminar Nasional dan Rapat Tahunan BKS PTN-B Bidang MIPA.Universitas Jambi. Kota Jambi. 12 - 14 Mei 2017.
Situmorang M, Purba J, Silaban R. 2020. Implementation of an Innovative Learning Resource with Project to Facilitate Active Learning to Improve Students’ Performance on Chemistry. Indian Journal of Pharmaceutical Education and Research. 54(4): 905-914.
Situmorang M, Sitorus M, Hutabarat W, Situmorang Z. 2015. The Development of Innovative Chemistry Learning Material for Bilingual Senior High School Students in Indonesia. International Education Studies. 8(10): 72-85.
Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata NS. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sutiani A, Situmorang M, Silalahi A. 2021. Implementation of an Inquiry Learning Model with Science Literacy to Improve Student Critical Thinking Skills. International Journal of Instruction. 14(2): 117-138
Wena M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i2.4010
Article Metrics
Abstract view : 704 timesPDF - 14051 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hardyanto Lumban Gaol, Manihar Situmorang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.