Inovasi pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence dalam Pendidikan di era industry 4.0 dan society 5.0

Salsabila Rheinata Rhamadani Putri Supriadi, Sulistiyani Usman Haedi, Muhammad Minan Chusni

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai perancangan cara pembelajaran yang inovasi dengan berbasis teknologi AI (Artificial Intelligence) di era society 5.0. focus penelitian terletak pada proses pembelajaran dengan teknologi AI. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjadikan teknologi AI dalam dunia Pendidikan sebagai alat dalam mendukung pengembangan pengetahuan dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan jenis library research (kepustakaan). Penelitian yang dilakukan dengan cara mengkaji dan menganalisis sumber primer dari buku, jurnal ilmiah, artikel dan dokumen yang relevan dengan pembahasan. Penerapan AI (Artificial Intelligence) bagi dunia pendidikan akan membawa terobosan baru dalam penerapan pembelajaran, berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di abad ke 21. Kemampuan orang tua dan guru dalam memahami pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), ditingkatkan dengan hadirnya teknologi AI. Oleh sebab itu, diharapkan dengan adanya penelitian ini akan memicu pemahaman AI dalam bidang pendidikan.

Keywords


Artificial Intelligence; IPTEK; pembelajaran

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 807 times | PDF view : 446 times

References


Faulinda E. & Nastiti ARN. 2020. Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Jurnal Kaijan Teknologi Pendidikan, 5(1): 61-66.

Fukuyama M. 2018. Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society. Japan SPOTLIGHT: 47-50.

Ni Nyoman LH & Ni Ketut EM. 2020. Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). Prosiding Webinar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Menyongsong Society 5.0. 1-14.

Pabubung MR. 2021. Human Dignity Menurut Yohanes Paulus II dan Relevansi terhadap Kecerdasan Buatan (AI). Jurnal Teologi. 10(1): 49-70.

Prayogi RD & Estetika R. 2019. Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan. 14(2): 144-15

Yuliani W. 2018. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. Quanta, 2(2).

Ikedinachi. 2019. Artificial Intelligence, Smart Classrooms and Online Education in the 21st century: Implications for Human Development. Journal of Cases on Information technology (JCIT), 21(3): 14-21.

Jean-Charles A. 2018. Internet of Things in Education: Artificial Intelligence Voice Assistant in the Classroom. In E. Langran & J. Borup (Eds.), Proceedings of Society for Information Technology & Teacher Education International Conference (pp. 883-885). Washington, D.C., United States: Association for the Advancement of Computing in Education (AACE).

Rodrigues F., Araujo L. 2012. Automatic Assesment of Short Free Text Answers. Online. Retrieved October 29, 2022 from : https://www.researchgate.net/profile/Fatima-Rodrigues-5/publication/234023013_Automatic_Assessment_of_Short_Free_Text_Answers/links/552d8aa90cf2e089a3ad78af/Automatic-Assessment-of-Short-Free-Text-Answers.pdf

Zhang D. 2004. Virtual Mentor and the Lab System Toward Building on Interactive, Pesonilzed and Intelligent E-Learning Environment. Journal of Coumpter Information Systems, 44(3): 35-43.




DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i2.4036

Article Metrics

Abstract view : 807 times
PDF - 446 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Salsabila Rheinata Rhamadani Putri Supriadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





Journal Management Address Map:


Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan,
ISSN 2775-6580 (online-electronics), 2776-7531 (print)
©
2021-2022 IAIN Palangka Raya