Hasil Belajar Peserta Didik dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Usaha

Shiddiq Shiddiq, Nurul Septiana, Nur Inayah Syar, Jhelang Annovasho

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi penerapan pembelajaran secara online dikarenakan masih dalam masa COVID-19 yang dilakukan di MTs Muslimat NU Palangka Raya. Tujuan dari penelitian ini yaitu medeskripsikan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Usaha. Penelitian ini dilatar belakangi penerapan pembelajaran secara online dikarenakan masih dalam masa COVID-19 yang dilakukan di MTs Muslimat NU Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII B berjumlah 12 orang peserta didik. Hasil yang diperoleh Hasil belajar peserta didik dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap 12 orang peserta didik yang dimana 6 orang memiliki kategori tinggi, 5 orang memiliki kategori sedang, dan 1 orang memiliki kategori rendah. Rata-rata nilai tes hasil belajar peserta didik yatu 72,5.


Keywords


Hasil Belajar; Kooperatif Tipe STAD; Usaha

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 60 times | PDF view : 29 times

References


Achmad A. 2007. Memahami Berpikir Kritis. Jakarta: Cemerlang

Ahmadi A., & Supriyono W. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda M. 2013. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. 2003. UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved Mei 17, 2021, from Sistem Informasi Manajemen Keuangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI: http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional

Nawafil M. 2018. Cornerstone of Education (Landasan-Landasan Pendidikan). Yogyakarta: CV.Absolute Media.

Sjukur SB. 2012. Pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3): 370.

Slavin RE. 2005. Cooperative Learning: theory, research, and practice (N. Yusron. Terjemahan). London: Allymand Bacon.

Suardi M. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sudjana N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabetha.

Yildiz A., & Baltaci S. 2016. Reflections from the analytic geometry courses based on contextual teaching and learning through geogebra software . The Online Journal of New Horizons in Education, 6(4): 155-166.




DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i2.4169

Article Metrics

Abstract view : 60 times
PDF - 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Shiddiq Shiddiq

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





Journal Management Address Map:


Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan,
ISSN 2775-6580 (online-electronics), 2776-7531 (print)
©
2021-2022 IAIN Palangka Raya