Hasil Belajar Peserta Didik dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Usaha
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi penerapan pembelajaran secara online dikarenakan masih dalam masa COVID-19 yang dilakukan di MTs Muslimat NU Palangka Raya. Tujuan dari penelitian ini yaitu medeskripsikan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Usaha. Penelitian ini dilatar belakangi penerapan pembelajaran secara online dikarenakan masih dalam masa COVID-19 yang dilakukan di MTs Muslimat NU Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII B berjumlah 12 orang peserta didik. Hasil yang diperoleh Hasil belajar peserta didik dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap 12 orang peserta didik yang dimana 6 orang memiliki kategori tinggi, 5 orang memiliki kategori sedang, dan 1 orang memiliki kategori rendah. Rata-rata nilai tes hasil belajar peserta didik yatu 72,5.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 60 times | PDF view : 29 timesReferences
Achmad A. 2007. Memahami Berpikir Kritis. Jakarta: Cemerlang
Ahmadi A., & Supriyono W. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Huda M. 2013. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemendikbud. 2003. UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved Mei 17, 2021, from Sistem Informasi Manajemen Keuangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI: http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional
Nawafil M. 2018. Cornerstone of Education (Landasan-Landasan Pendidikan). Yogyakarta: CV.Absolute Media.
Sjukur SB. 2012. Pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3): 370.
Slavin RE. 2005. Cooperative Learning: theory, research, and practice (N. Yusron. Terjemahan). London: Allymand Bacon.
Suardi M. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Sudjana N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabetha.
Yildiz A., & Baltaci S. 2016. Reflections from the analytic geometry courses based on contextual teaching and learning through geogebra software . The Online Journal of New Horizons in Education, 6(4): 155-166.
DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i2.4169
Article Metrics
Abstract view : 60 timesPDF - 29 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Shiddiq Shiddiq

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
©2021-2022 IAIN Palangka Raya