Implementasi Media Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Visualisasi Hasil Perhitungan Kimia Komputasi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.4589

Keywords:

Implementasi, visualisasi, komputasi, larutan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dan menentukan adanya hubungan motivasi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel 30 orang siswa Kelas X Semester genap MAN 2 Padangsidempuan. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif dan non tes berupa angket. Analisis data dengan menggunakan program SPSS 22 for windows pada tingkat signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa  yang menggunakan media pembelajaran berbasis visualisasi hasil perhitungan kimia komputasi pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 85,64% (tinggi). Hubungan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa korelasinya sebesar 0,595 (korelasi sedang).

References

Adler, E., dan Clark, R.2008. How It’s Done: An Introduction to Social Research. Meason: Cengge Learning

Asda, V.D., dan Andromeda. 2021. Efektifitas E-Modul Berbasis Guided Inquiry Learning Terintegrasi Virlabs dan Multirepresentasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit terhadap Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Kimia,3(3):710-716.

Dhani, D.S.R., dan Nugraha, A.W. 2022. Influence of Macromedia Flash Based on Computer Animation Media to Improving Student Learning Outcomes in the Haloalkane Sub-Discussion. EDUCENTER: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4): 403-411.

Fajrina, W., Simorangkir, M., dan Nurfajriani. 2018. Developing Interactive Computer Based Learning Media of Lectora Inspire to Enhance Conceptual Skills of Senior High Schools Students. 3rd Annual International Seminal on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL).200: 57-60

Fitriyanti, D., Rahmawati, Y., dan Yusmaniar. 2019. Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit dengan 8E Learning Cycle. Jurnal Riset Pendidikan Kimia. 9(1): 30-40

Hamalik, O. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hasby. 2018. Pengaruh Software Visualisasi Terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Bentuk-Bentuk Molekul Di SMA Negeri 4 Langka. Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 1(1): 21-25

Hasibuan, S.R., Nugraha, A.W., dan Damanik, M. 2020. Development of Learning Media Based on Computation Method in Molecular Shape. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. 488: 107-112.

Irfani, W., Siagian, E.S.Y., Nurfajriani., and Silaban, R. 2019. Preparing an ICT Innovation with Lectora Inspire as Teaching Media for Electrolyte and Non-Elektrolyte Solutions for High School Class X. 3rd Annual International Seminal on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL).384: 329-333.

Karacop, A., dan Doymus, K. 2013. Effects of Jigsaw Cooperative Learning and Animation Techniques on Student’s Understanding of Chemical Bonding and Their Conceptions of the Particulate Nature of Matter. Journal of Science Educaion and Technology. 22(2): 186-203

Lukman, I., Silalahi, A.and Nurfajriani. 2021. Interactive Learning Media Innovation Using Lecrota Inspire Solubility and Solubility Product Materials. Journal of Phusics: Conference Series, 2193: 1-5

Malau, N.A., dan Nugraha A.W. 2021. Sudy of Energy and Structure on Intermolecular Interactions in Organic Solvents Using Computational Chemistry Method. Indonesian Journal of Chemical Science and Technology,4(2): 79-84

Nugraha, A.W., Onggo, D., dan Martoprawiro,M.A. 2019. Theoritical Study on Structure Prediktion and Molecular Formula Determination of Polymeric Complexes Comprising Fe(II) and 1,2,4-H-Triazole Ligand. Rusian Journal of Inorganic Chemistry, 64(6): 755-761

Nugraha, A.W., Muchtar, Z., Jahro, I.S., Sutiani, A., Nasution, H.A., dan Ivansyah, A.L. 2020. The Study of Stability and Structure of the Interaction Between ?-Carotene Compounds with Methanol, Ethanol, Acetone, Chloroform, Carbon Tetrachlohexane, and N-Hexane using the Hartree-Fock and the Density Functional Theory Method. Journal of Physics: Conference Serie,.1-8

Nurfajriani, N., dan Nasution, Z. 2015. Pengaruh Softwate Macromedia Flash pada Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Pokok Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia,7(3): 18-24.

Nurfajriani., Hajar, S., dan Halimah, N. 2020. Pengaruh Multimedia Ariticulate Storyline Berbasis Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Laju Reaksi. Prosiding Seminar Nasional Kimia Berwawasan Lingkungan 2020, 75-80.

Ozmen, H. 2008. The Influence of Computer-Assisted Instruction on Students Conceptual Understanding of Chemical Bonding and Attitude Toward Chemistry: A Case forTurkey. Computers and Education. 51(1): 423-438

Rahman, G., Nurfajriani., dan Jahro, I.S. 2021. Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Android Terhadap Peningkatan hasil Belajar dan Memotivasi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Kimia Jurusan Kiia FMIPA UNMUL.67-72

Rizkia, N., Nurfajriani., dan Simorangkir, M. 2018. Development of Learning Media Prezi Integrated Problem Based Learning Model (PBL) to Improve Student Results High School. 3rd Annual International Seminal on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL).200: 85-90

Ryan, R. M., dan Deci, E. L.2020. Intrinsic and Extrinsic Motivation from a Self-Determination Theory Perspective: Definition, Theory, Practices, and Future Directions. Contemporary Educational Psychology,61: 101860

Sundayana, R. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sineri, L.A., dan Ramlah. 2020. Dampak Motivasi Peserta Didik pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Terhadap Hasil Belajar Secara Daring di Kelas X IPA SMA Negeri Oransbari.Chemistry Education Journal.3(2): 241-247.

Tambunan, M.M., dan Sianturi, J. 2012. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA. Skripsi, FMIPA Universitas Negeri Medan

Virtayanti, I.A., Abudarin., dan Sadiana, I.M. 2018. Kemampuan Siswa Menemukan dan Memahami Konsep Larutan Elektrolit Menggunakan Lembar Kerja Induktif. Jurnal Tadris Kimiya. 3(2): 104-113

Wahyuni, S., Emda, A., dan Zakiyah, H. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Materi Larutan elektrolit dan Non Elektrolit Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA. 2(1): 21-28.

Wardani, A. D., Gunawan, I., Kusumaningrum, D.E., Benty, D.D.N., Sumarsono, R.B., Nurabadi, A., dan Handayani, L. 2020. Student Learning Motivation: A Conceptual Paper. In 2nd Early Childhood and Primary Childhood Education (ECPE 2020), Atlantis Press. 275-278

Wulandari, D.R., & Ismono. 2019. Development of Student Activity Sheet Based Guided Inquiry to Exercising Science Process Skills in Themochemistry Matter XI Grade of SMAN 2 Kota Mojokerto. Unesa Journal of Chemistry Education. 8(2): 57-62

Yona, R.A., Holiwarni, B., dan Herdini. 2016. Development of learning Media Based Chemical Adobe Flash CS4 on the Subject of Chemical Bonding SMA/MA. University of Riau

Downloads

Published

2023-04-28

Issue

Section

Article
Abstract viewed: 516 times
PDF downloaded: 334 times