Penerapan Model Predict Observe Explain (POE) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII

Authors

  • Lutpia Amaliah IAIN Palangka Raya
  • Ayatusa'adah Ayatusa'adah IAIN Palangka Raya
  • Nanik Lestariningsih IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i2.6473

Keywords:

Keterampilan Berpikir Kritis, Pencemaran Lingkungan, Predict Observe Explain (POE)

Abstract

Pembelajaran IPA di SMPS Waladun Sholeh Pelaihari belum mampu melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik dan belum pernah dilaukan pengukuran terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterterapan model Predict-observe-explain (POE) pada materi pencemaran lingkungan dan mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMPS Waladun Sholeh Pelaihari pada materi pencemaran lingkungan setelah diterapkan model Predict Observe Explain (POE). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif desain penelitiannya menggunakan one group pretes postes. Instrumen yang digunakan adalah soal tes keterampilan berpikir kritis dan lembar observasi keterterapan pembelajaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik sampel jenuh dengan jumlah peserta didik sebanyak 7 orang. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Di peroleh hasil bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan N-gain untuk mata pelajaran biologi dimana rata-rata nilai yang diperoleh setelah menerapkan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) adalah 87,38 dengan nilai baik. Hasil penelitian menunjukan Keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) pada Pencemaran lingkungan kelas VII SMPS Waladun Sholeh Pelaihari telah terlaksana dengan baik dengan persentase sebesar 84,09. Keterampilan berpikir kritis peserta didik termasuk dalam kriteria baik dilihat dari analisis pencapaian sub indikator keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dapat meningkatkan keterampilan peserta didik kelas VII SMPS Waladun Sholeh Pelaihari.

Author Biographies

Ayatusa'adah Ayatusa'adah, IAIN Palangka Raya

Dosen Tadris Biologi IAIN Palangka Raya

Nanik Lestariningsih, IAIN Palangka Raya

Dosen Tadris Biologi IAIN Palangka Raya

References

Arikunto, S. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Buku Guru, 2017.Ilmu Pengetahuan Alam kelas VII SMP/MTS. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dita Ayu Wulandari, 2019, Penagaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep sistem ekskresi dI MAN 13 Jakarta.

Dita Ayu Wulandari, 2019, Penagaruh Model Discovery Learning Terhadapa Kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep sistem ekskresi dI MAN 13 Jakarta.

Eka Fitria Ningsih, dkk. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Di SMAN Rawajitu Selatan. Pendidikan Biologi FKIP, Universitas Muhammadiyah Metro.

Ennis , 2005. Critical Thinking .Nwe Jersy, Prentice-Hall Inc.

Ervina, L,. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII pada Materi Fotosintesis di MAN 2 Palembang. Journal UIN, (http//www.uin.ac.id, diakses Palembang, Desember 2016).

Fernanda, A,. Dkk. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga dengan Model PREDICT OBSERVE EXPLAIN. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia.

Ika Lestari.2019. Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajarn.Jakarta. Erzatama Karya Abadi.

Restami, M.P., Suma, K., Pujami, M. 2013. Pengaruh Model Predict Observe Explain (POE) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Sikap Ilmiah Dittinjau dari Gaya Belajar Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Susilowati,20117. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Mdrasah liyah Negeri di Kabupaten Magetan. Prosiding.

Zubaidah, S. 2010. Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Kritis Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan Melalui Pembelajarab Sains. Makalah disajikan pada seminar Nasional Sains, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2023-10-30

Issue

Section

Article