Penerapan Model Predict Observe Explain (POE) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i2.6473Keywords:
Keterampilan Berpikir Kritis, Pencemaran Lingkungan, Predict Observe Explain (POE)Abstract
Pembelajaran IPA di SMPS Waladun Sholeh Pelaihari belum mampu melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik dan belum pernah dilaukan pengukuran terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterterapan model Predict-observe-explain (POE) pada materi pencemaran lingkungan dan mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMPS Waladun Sholeh Pelaihari pada materi pencemaran lingkungan setelah diterapkan model Predict Observe Explain (POE). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif desain penelitiannya menggunakan one group pretes postes. Instrumen yang digunakan adalah soal tes keterampilan berpikir kritis dan lembar observasi keterterapan pembelajaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik sampel jenuh dengan jumlah peserta didik sebanyak 7 orang. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Di peroleh hasil bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan N-gain untuk mata pelajaran biologi dimana rata-rata nilai yang diperoleh setelah menerapkan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) adalah 87,38 dengan nilai baik. Hasil penelitian menunjukan Keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) pada Pencemaran lingkungan kelas VII SMPS Waladun Sholeh Pelaihari telah terlaksana dengan baik dengan persentase sebesar 84,09. Keterampilan berpikir kritis peserta didik termasuk dalam kriteria baik dilihat dari analisis pencapaian sub indikator keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dapat meningkatkan keterampilan peserta didik kelas VII SMPS Waladun Sholeh Pelaihari.References
Arikunto, S. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Buku Guru, 2017.Ilmu Pengetahuan Alam kelas VII SMP/MTS. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Dita Ayu Wulandari, 2019, Penagaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep sistem ekskresi dI MAN 13 Jakarta.
Dita Ayu Wulandari, 2019, Penagaruh Model Discovery Learning Terhadapa Kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep sistem ekskresi dI MAN 13 Jakarta.
Eka Fitria Ningsih, dkk. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Di SMAN Rawajitu Selatan. Pendidikan Biologi FKIP, Universitas Muhammadiyah Metro.
Ennis , 2005. Critical Thinking .Nwe Jersy, Prentice-Hall Inc.
Ervina, L,. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII pada Materi Fotosintesis di MAN 2 Palembang. Journal UIN, (http//www.uin.ac.id, diakses Palembang, Desember 2016).
Fernanda, A,. Dkk. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga dengan Model PREDICT OBSERVE EXPLAIN. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia.
Ika Lestari.2019. Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajarn.Jakarta. Erzatama Karya Abadi.
Restami, M.P., Suma, K., Pujami, M. 2013. Pengaruh Model Predict Observe Explain (POE) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Sikap Ilmiah Dittinjau dari Gaya Belajar Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Susilowati,20117. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Mdrasah liyah Negeri di Kabupaten Magetan. Prosiding.
Zubaidah, S. 2010. Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Kritis Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan Melalui Pembelajarab Sains. Makalah disajikan pada seminar Nasional Sains, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons - Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate permission for non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).