Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Bermuatan Nature Of Science (NOS) Terhadap Argumentasi Ilmiah Pada Topik Zat Aditif

Siti Nur Fatimah Azzahroh, Kiki Septaria, Siska Ayu Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode inkuiri bermuatan Nature Of Science (NOS), untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri bermuatan NOS terhadap argumentasi ilmiah siswapada materi zat aditif dan untuk mengetahui hubungan antara model inkuiri terhadap argumentasi ilmiah siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pre-test and post-test dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini yakni berada di SMPN 1 Sarirejo Lamongan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan tes kognitif dan argumentasi dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran kemudian teknik analisis data yang digunakan yakni uji hipotesis menggunakan paired simple t-test, uji n-gain dan uji korelasi, untuk mengukur lembar keterlaksanaan pembelajaran menggunakan analisis keterlaksanaan pembelajaran. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) keterlaksanaan     pembelajaran dalam RPP menggunakan model pembelajaran inkuiri bermuatan NOS diperoleh nilai rata-rata keseluruhan 94,93% yang berarti dalam kategori sangat baik. 2) terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara pembelajaran dengan model inkuiri bermuatan NOS terhadap Argumentasi ilmiah siswa pada mata pelajaran IPA materi zat aditif. 3) Pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri bermuatan NOS dapat meningkatkan argumentasi ilmiah siswa hal ini dapat dilihat dari perolehan skor pretest dan post-test yang mengalami peningkatan dengan kategori sedang. 4) Berdasarkan uji korelasi diperoleh nilai sig (2-tailed) nilai signifikansinya sebesar 0.000<0.05 maka terdapat hubungan dengan kategori korelasi sempurna.


Keywords


Argumentasi Ilmiah; Inkuiri; Nature Of Science (NOS)

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 87 times | PDF view : 40 times

References


Dhamayanti, L., Made Darma Putra, N., Handayani L., & Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F. (2019). Unnes Physics Education Journal Analisis Struktur-Penyajian dan Konten Nature of Science (NoS) pada Buku Teks Fisika SMA Pokok Bahasan Getaran Harmonis. In UPEJ, 8(1), http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

Hadiwidodo, S., Taufikurahmah, T., & Tukiran. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Model Argument Driven Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya,

Karlina, G., & Alberida, H. (2021). Kemampuan Argumentasi Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31621

Lestari, H. (2020). Peningkatan Pemahaman Nature of Science (Nos) Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari Tingkat Efikasi Diri. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 2(2), 228–250. https://doi.org/10.47467/reslaj.v2i2.146

Putri, P. A. W., Rahayu, S., & Fajaroh, F. (2020). Efektivitas Argument-Driven Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi Ilmiah pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 57. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13132

Rahayu, S. (2020). Socioscientific Issues : Manfaatnya dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains, Nature of Science (NOS) dan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Journal on Math, Science and Technology Education, 1(3). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.16332.16004

Rahmadhani, K., Priyayi, D. F., & Sastrodihardjo, S. (2020). Profile Study of Scientific Argumentation Ability Indicators on Additives and Addictive Substances. Natural: Scientific Journal of Science Education, 7(1), 1.

Roja, F. F. M., Yuliati, L., & Suyudi, A. (2020). Kemampuan Argumentasi dan Penguasaan Konsep Dinamika Rotasi dengan Pembelajaran Inkuiri untuk Pendidikan STEM pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Malang. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 5(2), 129–133. http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/

Sa'adah, L. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berorientasi Natute Of Science (NOS) Pada Materi Zat Aditif Dan Zat Adiktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. Skripsi. IAIN Kudus.

Safitri. (2014). Analisis Korelasi Pearson Dalam Menemukan Hubungan Antara Kejadian Demam Berdarah Dengan Kepadatan Penduduk Di Kota Surabaya Pada Tahun 2012. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 2(2), 21-29.

Siregar, N., & Pakpahan, R. A. (2020). Kemampuan Argumentasi Ipa Siswa Melalui Pembelajaran Argumentasi Driven Inquiry (Adi). LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 94–103. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.113

Vesterinen, V. (2012). Nature of science for chemistry education. LUMAT-B: International

Zahara, I. K., Rosidin, U., Helina, K., & Hasnunidah, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Argument Driven Inquiry (ADI) Pada Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa SMP Berdasarkan Perbedaan Kemampuan Akademik. Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajarannya (JIFP)




DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v4i1.7423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Siti Nur Fatimah Azzahroh, Kiki Septaria, Siska Ayu Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





Journal Management Address Map:


Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan,
ISSN 2775-6580 (online-electronics), 2776-7531 (print)
2021-2022 IAIN Palangka Raya