Pengaruh Model Pembelajaran Pirposal Terhadap Science Attitude Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Pembelajaran IPA Topik Asam Basa
Abstract
Pembelajaran pirsopal merupakan pendekatan yang mengintegrasikan pembelajaran berbasis proyek, simulasi, dan diskusi kelompok untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa serta partisipasi mereka dalam pembelajaran sains. Menerapkan metode pembelajaran Pirposal membantu siswa mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan disiplin mereka, serta mendukung pembelajaran Pirposal di seluruh proyek akademik mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh science attitude siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan model pirposal. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pre-test dan post-test, di mana jenis penelitiannya adalah kuantitatif dengan penggunaan Science Attitude yang harus konsisten. Penelitian ini terdiri dari pelaksanaan tes awal (pre-test) sebelum diberikan perlakuan, perlakuan, dan dilanjutkan dengan tes akhir (post-test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Pirposal dalam RPP menunjukkan hasil yang sangat baik dengan rata-rata keterlaksanaan sebesar 88,75, termasuk dalam kategori sangat tinggi. Uji hipotesis menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Pirposal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap science attitude siswa terhadap asam dan basa. Nilai signifikansi uji berpasangan sampel t-test untuk tes kognitif dan tes science attitude sebesar 0,000 menunjukkan adanya pengaruh yang besar. Peningkatan science attitude juga tampak signifikan, yaitu peningkatan nilai rata-rata masing-masing sebesar 0,63, yang termasuk dalam kategori sedang. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan dan melakukan korelasi antara science attitude dan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 105 times | PDF view : 84 timesReferences
Aina, S. (2021). Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten. Jurnal pendidikan, 2, 1-50.
Ali, M. A. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. Jurnal pendidikan, 2, 221- 233.
Anwar. (2009). Penilaian science attitude dalam pembelajaran sains. Jurnal pelangi ilmu , 2, 100-200.
Afandi, D. A. (2022). Evaluasi pelaksanaan program kewirausahaan di sekolah insan al madani bogor. Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Agama, 1, 50-187.
Ahmad, W. (2022). Model pembelajaran berbasis masalah (pbl) terhadap literasi sains siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal pendidikan dasar, 7, 107-115.
Amelia, T. (2019). Pengaruh model discovery learning dengan media teka teki silang terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem koloid. Journal Education, 2 , 217-223.
Bambang, (2006). Peningkatan pengetahuan kreatifitas dan karakteristik kewirausahaan. International Journal of Instruction, 4, 297-312.
Budiarti, R. S., Kurniawan, D. A., Citra, Y. D., Putri, F. I., & Septi, S. E. (2023). Study of Students’ Interests and Attitudes in Science: SMP and Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Mimbar Ilmu, 28(2), 308–317. https://doi.org/10.23887/mi.v28i2.59596
Chuny Y. (2020) Proyek Siswa Kompetensi dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi, 1 , 50-157.
Dahlan, M. (2019), Minat belajar mahasiswa dengan menggunakan blended learning melalui google clasroom padapembelajaran konsep dasar bahasa indonesia SD. Jurnal pendidikan, 3, 50-57.
Diyah I.P. (2019). Pendidikan STEM pa dapembelajaran Ipa. Jurnal pendidikan,4 , 43- 45.
Ernawati, M. D. W., Asrial, A., Kurniawan, D. A., Pratama, W. A., & Perdana, R. (2021). Attitudes and Self-Efficacy: Perspectives on Science Subjects for Junior High School Students. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(3), 456–466. https://doi.org/10.23887/jpp.v54i3.36416
Evi, R. A. (2018). Teori belajar behavioristik menurut perspektif islam. Jurnal pendidikan dan studi islam, 4, 13-30.
Elisabeth I.N.D. (2021). Peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Education Journal, 1 , 1-80.
Kelley, (2016). Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic). Jurnal Pendidikan, 2 ,11-22.
Flatya Indah Anggraini. (2017). Implementasi STEM dalam pembelajaran IPA di Sekolah. Education Journal, 2 ,90-220.
Furi, L. M. (2018). Project based learning (Pjbl) terintegrasi stem menggunakan Microsoft sway pada materi gerak parabola SMA kelas X. Prosiding Seminar Nasional Fisika Journal, 4, 722-731.
Gani, A., Safitri, R., Habibati, & Saminan Nurul Fajri. (2016). the Study of High School Students Scientific Attitudes on Learning Heat and Temperature With Cooperative Inquiry Labs Model. Prosiding ICTTE FKIP UNS 2015, 1(1), 279–283.
Gunada, I. W. (2023). Pelatihan penerapan alat peraga berbasis stem untuk meningkatkan science attitude siswa SMP Negeri 1 Aikmel Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2 , 231- 237.
Hidayat. (2013). Pengembangan kurikulum baru. Jurnal Muara pendidikan, 1, 5-80.
Sumur,J. (2016). Model Pirposal Kerangka Konseptual Dan Pedagogis.Jurnal Ilmu pendidikan, 1, 1-180.
Khusniati, M. (2012, 05). Pendidikan karakter melaui pembelajaran IPA Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1, 89-120.
Khasanah, N. (2019). Science, Environmental, Technology and Society sebagai Pendekatan Pembelajaran IPA Modern pada Kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Pendidikan,2 , 80-210.
Maretasari, E. (2012). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis laboratorium untuk meningkatkan hasil belajar dan science attitude siswa UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1, 89- 250.
Maison, M., Kurniawan*, D. A., & Anggraini, L. (2021). Perception, Attitude, and Student Awareness in Working on Online Tasks During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 108–118. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18039
Muhammad, S. A. (2020). Penguatan pendidikan karakter di era industri 4.0 optimalisasi pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal pendidikan dan studi islam, 2 , 1-14.
Mentari R.A. (2018) Pendidikan Biologi, Pendidikan Geografi, pendidikan sains. Jurnal Pendidikan, 4 , 270-277.
Nila, U. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 5, 776-781.
Nurfatimah, S. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, kajian ilmiah mata kuliah umum, 2, 121-138.
Reza Apriliana,(2020) Pengembangan Soft Skills Peserta Didik melalui Integrasi Pendekatan Science,Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 2 , 220-265.
Purnama, A. D. (2023). Hubungan antara kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan prestasi belajar pada siswa kelas VII. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika Siswa, 2, 173-190.
Purwanto, S. (2018) Pendampingan manajemen waktu anak pada masa normal Magelang. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5 , 291-298.
Pinky Kusuma Ningtyas, Hayuni Retno Widarti, Mohammad Sodiq Ibnu. (2019). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan STEM PjBL Berbasis Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan, 4 , 373-381.
Rahmah, N. M. (2019). Hubungan antara pemahaman konsep IPA dengan science attitude pada siswa kelas V. Universitas Negeri jakarta, 2, 70-90.
Sadiah, H., Suherman, & Asmawati, L. (2020). Penerapan Pembelajaran Sains Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif dan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 8(November), 177–191.
Yata, C. (2020). Pengembangan bahan ajar elektronik energi dan momentum terintegrasi STEM untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Internasional pendidikan STEM, 1, 2-10.
Nissa, R. (2023). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah Universitas Pendidikan Indonesia,2 , 220-236.
Wells, J.&. (2012/2015) Pendidikan STEM integratif. Jurnal Ilmiah Global Education, 4 , 88-95.
Supriatno, B. (2018). Analisis struktur dan kemunculan tingkat kognitif pada desain kegiatan laboratorium materi fotosintesis Jurnal Indonesian Journal of Biology, 1, 70-76.
Sutrio, S. (2015). Pengembangan perangkat pmbelajaran fisika berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar dan science attitude mahasiswa Jurnal pendidikan Fisika dan teknologi, 1,38-46.
Salib,N. (1982). Desain sebagai disiplin: Cara desain penuh arti studi desain. Jurnal Education FKIP UNMA, 4 , 221-227.
Tasya, S. N. (2023). Pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis projek terhadap proses belajar siswa jenjang SMA. Jurnal Pendidikan, sains dan Teknologi, 2 , 231-238.
Wahyu, A. (2023). Pembelajaran IPA berorientasi higher order thinking skills (HOTS) di sekolah dasar. Jurnal Family Education, 1, 72-78.
DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v4i2.7560
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Lenvi Irnananda, Kiki Septaria, Indri Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.