Hubungan Pengetahuan Pencemaran Lingkungan Dengan Perilaku Pro-environmental Berdasarkan Jenjang Kelas

Sekar Rana Afifah, Anif Rizqianti Hariz, Ndzani Latifatur Rofi'ah

Abstract


Abstrak

Sumber daya alam dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga menjadi faktor terjadinya pencemaran lingkungan. Penerapan perilaku pro-environmental merupakan salah satu usaha untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Sekolah berkewajiban untuk menumbuhkan kepedulian lingkungan siswa. Jenjang pendidikan yang tinggi akan menambah pengetahuan siswa dan berdampak pada perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pengetahuan pencemaran lingkungan dengan perilaku pro-environmental berdasarkan jenjang kelas, menganalisis pengetahuan pencemaran lingkungan berdasarkan jenjang kelas, serta menganalisis perilaku pro-environmental berdasarkan jenjang kelas. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian menggunakan siswa kelas X dan kelas XI MIPA. Penentuan jumlah sampel dihitung menggunakan rumus slovin dan banyak sampel tiap kelas ditentukan menggunakan proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan pencemaran lingkungan dengan perilaku pro-environmental berdasarkan jenjang kelas, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,991 pada kelas X dan 0,777 pada kelas XI MIPA, tidak ada beda pengetahuan pencemaran lingkungan berdasarkan jenjang kelas, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,051, dan terdapat beda perilaku pro-environmental berdasarkan jenjang kelas, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,01.


Keywords


Grade Level; Knowledge Environmental Pollution; Pro-environmental Behavior.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 50 times | PDF view : 40 times

References


Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan Karakter Anak Untuk Peduli Lingkungan Yang Ada Di Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru Yeni Afriyeni Sekolah Tinggi Persada Bunda Pekanbaru. Jurnal PAUD Lectura, 1(2), 123–133.

Agustin, E. E., & Maisyaroh, W. (2020). Sikap Dan Perilaku Peduli Lingkungan Pada Siswa Sman 5 Jember Tahun Pelajaran 2018 / 2019. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 81–90.

Ambarfebrianti, M., & Novianty, A. (2021). Hubungan orientasi nilai terhadap perilaku pro-lingkungan remaja. Jurnal Ecopsy, 8(2), 149–164.

Aryanta, I. W. R. (2016). Pengaruh pencemaran lingkungan terhadap kesehatan masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Prodi Biologi F. MIPA UNHI, 224–231.

BPS. (2022). Statistik Indonesia 2022. Badan Pusat Statistik.

Díaz Grijalva, G. R., Camarena Gómez, B., González Lomelí, D., & Mirón Juárez, C. A. (2021). A structural model of the teaching practice and pro-environmental behavior in elementary Mexican students. International Electronic Journal of Environmental Education, 11(1), 42–57.

Hakim, E. R. (2020). Penegakan Hukum Lingkungan Indonesia Dalam Aspek Kepidanaan. Media Keadilan: Jurnal Ilmu Hukum, 11(1), 43–54.

Hasnidar, S. (2019). Pendidikan Estetika dan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah. Journal of Scientific Information and Educational Creativity, 20(1), 97–119.

Islam, N., & Istiadi, Y. (2017). Hubungan antara Pengetahuan Pencemaran Lingkungan dan Kecerdasan Emosional dengan Partisipasi Ibu Rumah Tangga dalam Menjaga Kesehatan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Lingkungan Hidup, 5(1), 12–22.

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68.

Jeramat, E., Mulu, H., Jehadus, E., & Utami, Y. E. (2019). Penanaman Sikap Peduli Lingkungan Dan Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran Ipa Pada Siswa Smp. Journal of Komodo Science Education, 01(02), 24–33.

Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423.

Lestari, N. M., Subhi, M., & Anderson. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Bank Sampah Kota Batu. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 3(1), 311–316.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100.

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Sains Dan Teknologi, 9(3), 2022–2687.

Martini. (2019). HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU PROLINGKUNGAN SEKOLAH ADIWIYATA (Studi Kasus SDN 21 Taluak Kab. Agam). Rang Teknik Journal, 2(1), 71–78.

Meyer, A. (2015). Does education increase pro-environmental behavior? Evidence from Europe. Ecological Economics, 116, 108–121.

Misdaligo, N. E. S., Suhardi, E., & Istiana, R. (2021). Sequential explanatory analysis of environmental awareness towards responsible environmental behavior ( REB ) of high school students in Depok City , West Java , Indonesia. Indonesian Journal of Applied Environmental Studies, 33–40.

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dalam Pendidikan. 3.

Notoatmodjo, S. (2011). Kesehatan Masyarakat. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2020). Implementasi Program Adiwiyata Mandiri Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(2), 155–164.

Paramita, R. W. D., Rizal, N., & Sulistyan, R. B. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Buku Ajar Perkuliahan Metodologi Penelitian Bagi Mahasiswa Edisi 2. Lumajang: Widya Gama Press.

Pertiwi, A. P. F., Sigit, D. V., & Komala, R. (2018). Hubungan Pengetahuan Tentang Pencemaran Lingkungan Dengan Perilaku Ramah Lingkungan Pada Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 6(2), 54–58.

Prajati, G., & Darwin, D. (2018). Analisis Perilaku Komponen Sekolah terhadap Penerapan Program Zero Waste di Sekolah. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 6(2), 192–196.

Pusparani, D., & Miranto, S. (2021). Hubungan Konsep Diri dan Pengetahuan Lingkungan dengan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMA. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(2), 134–141.

Putra, R. P. (2019). Perilaku pro lingkungan pada pengurus organisasi mahasiswa pecinta alam. Cognicia, 7(3), 378–389.

Robi, M., & Khabibah, T. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri dalam P5 Gaya Hidup Berkelanjutan di Kelas X SMA Negeri 1 Parung. 2(2), 30–34.

Rofi’ah, N. L., & Chusna, N. A. (2022). Environmental literacy of biology teacher candidates in supporting the Walisongo Eco Green Campus program. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 8(3), 236–245.

Safitri, D., Putra, F. F., & Marini, A. (2020). Ekolabel dan Pendidikan Lingkungan Hidup. PT Pustaka Mandiri.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Tompodung, T. C. G., Rushayati, S. B., & Aidi, M. N. (2018). Efektivitas Program Adiwiyata Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan Warga Sekolah Di Kota Depok. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 8(2), 170–177.

Wahyuningsih, D. D., Kusumawati, E., & Nugroho, I. S. (2021). Academic Dishonesty Siswa di Masa Pandemi Covid-19: Implikasinya pada Bimbingan dan Konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(2), 127–142.




DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v4i1.7614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sekar Rana Afifah, Anif Rizqianti Hariz, Ndzani Latifatur Rofi'ah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





Journal Management Address Map:


Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan,
ISSN 2775-6580 (online-electronics), 2776-7531 (print)
2021-2022 IAIN Palangka Raya