Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Listrik Dinamis
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam materi listrik dinamis melalui penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas IX semester ganjil di salah satu SMP di Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui pre-test dan post-test. Penilaian pre-test dan post-test dievaluasi dengan menggunakan nilai N-Gain, uji normalitas, dan uji Wilcoxon untuk menilai peningkatan prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain > 0,7, menandakan pencapaian kriteria tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning telah berhasil mencapai tingkat efektivitas yang diinginkan. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya Positive ranks dengan jumlah peserta sebanyak 23, menunjukkan peningkatan prestasi belajar dari pre-test ke post-test untuk seluruh peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 179 times | PDF view : 106 timesReferences
Akhdirnirwanto, R. W. (2020). Problem Based Learning with Argumentation as a Hypothetical Model to Increase the Critical Thinking Skills for Junior High School Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 340-350.
Aznaim, M. N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Prestasi belajar Matematis Siswa Pada Materi Barisan Aritmetika di Kelas X. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 10833.
Dakhi, A.S. (2020). Peningkatan Prestasi belajar Siswa. Jurnal Education and Develoment, 8(2), 468.
Diky Kurniawan, d. (2023). Analisis Perbandingan Penerapan Model PjBL (Project Based Learning) dengan PBL (Problem Based Learning) dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran fisika. Journal of Education Sciences and Teacher Training, 1-13.
Dyah Shinta Damayanti, dkk. (n.d.). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Mengoptimalkan Kemamuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Listrik DInamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi, 3(1), 58-62.
Ghazali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasmiati, O. J. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif fan Prestasi belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, (pp. 257-262).
Mustari, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Lewat Komputer Terhadap Prestasi belajar Fisika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Makassar. Al-Biruni, 4.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework PISA. Paris: OECD Publishing.
Rahayu, A. M. (2018). Alam Semesta Menurut Stephen Hawking Berdasarkan Buku A Brief History of Time. Retrieved from Digilib UIN Suka: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33695/1/13690036_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Razali, N. M. (2011). Power Comparisons of Shapiro-Wilk, Kolmogrov Smirnov, Lilliefors, and Anderson Darling Test. Journal of Statistical Modeling and Analytics, 21-33.
Sawab, B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Prestasi belajar Peserta Didik Kelas IV pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Mathl'ul Anwarsindang Sari Lampung Selatan. Raden Intan.
Simatupang, M. M. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Prestasi belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis di Kelas X SMA N 1 Tanjung Morawa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 33-38.
Sitorus,dkk. (2014). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS PETA KONSEPTERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 17 MEDAN T.A 2013/2014. Jurnal Inpafi, 130-138.
Sudjana, s. S. (2009). Metode statistika.Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif . Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v4i1.7774
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 romita narestifuri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.