Pengembangan Panduan Praktikum Elektronika Dasar Alat Electricity Demonstration Kit-B Berbasis Model Inkuiri Terbimbing
DOI:
https://doi.org/10.23971/jpsp.v4i1.7903Keywords:
Fisika, Inkuiri Terbimbing, Laboratorium, Panduan Praktikum.Abstract
PProses pembelajaran melalui kegiatan praktikum mendukung tercapainya tujuan pembelajaran dengan menempatkan mahasiswa melakukan prosedur yang kompleks sambil belajar konsep-konsep sains. Hasil observasi di Laboratorium Fisika Universitas Negeri Manado menunjukkan bahwa panduan praktikum pada mata kuliah elektronika dasar yang menggunakan alat baru electricity demonstration kit-b belum tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan praktikum elektronika dasar alat electricity demonstration kit-b berbasis model inkuiri terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Sampel diperoleh dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket, sedangkan instrumen penelitian berupa angket lembar validasi penilaian ahli, angket uji kelompok kecil, dan angket uji coba lapangan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif berbentuk persentase. Hasil validasi menunjukkan ahli materi sebesar 85% termasuk kategori sangat valid, dan ahli media pembelajaran sebesar 90% juga termasuk kategori sangat valid. Selain itu, hasil uji respon mahasiswa pada uji kelompok kecil menunjukkan skor rata-rata 3,49 termasuk pada kategori praktis, dan penilaian pada uji coba lapangan memperoleh skor rata-rata 3,73 termasuk kategori sangat praktis. Dengan demikian, penelitian ini telah sukses menghasilkan panduan praktikum elektronika dasar alat electricity demonstration kit-b berbasis model inkuiri terbimbing yang valid dan praktis untuk digunakan. Produk penelitian ini berkontribusi terhadap kelancaran praktikum di Laboratorium Fisika, sehingga dosen mempunyai panduan praktikum yang valid dan mahasiswa dapat melakukan eksperimen serta belajar mempraktikkan keterampilan yang diperlukan.References
Ananda, R. M., Sitorus, M., & Silaban, R. (2021). Development of Integrated Natural Science Practicum Guide Integrated Inquiry Approach to Improve Student Learning Outcomes. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1), 330
Arifah, I., Maftukhin, A., & Fatmaryanti, S. D. (2014). Pengembangan buku petunjuk praktikum berbasis guided inquiry untuk mengoptimalkan hands on mahasiswa semester II program studi pendidikan fisika universitas muhammadiyah purworejo tahun akademik 2013/2014. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 5(1), 24
Astro, R. B., Doa, H., & Meke, K. D. P. (2021). Pengembangan Petunjuk Praktikum Gaya Gesek Di Bidang Miring Berbasis Video Tracking Untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 335
Bevins, S., & Price, G. (2016). Reconceptualising inquiry in science education. International Journal of Science Education, 38(1), 17
Gunawan, G., Harjono, A., Hermansyah, H., & Herayanti, L. (2019). Guided inquiry model through virtual laboratory to enhance students
Hasibuan, F. A. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Berbasis PhET Simulation Mata Kuliah Fisika Modern. Eksakta : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(1), 81
Idamansyah, D., Rohmadi, M., & Ayatusa
Isnaini, R., & Ayatussa
Isozaki, T. (2017). Laboratory work as a teaching method: A historical case study of the institutionalization of laboratory science in Japan. Espacio, Tiempo y Educaci
Jusman, J., Azmar, A., Permana, I., Ikbal, M. S., & Ali, M. (2020). Perbandingan Pemahaman Konsep Interpretasi Fisika antara Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi. Konstan-Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 5(2), 86
Kang, J., & Keinonen, T. (2018). The effect of student-centered approaches on students
Lia, L. (2018). Kemampuan mahasiswa dalam membuat alat peraga fisika melalui pembelajaran berbasis proyek. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(2), 222
Mandang, T., & Medellu, C. S. (2019). Design and implementation of thematic assignment in integrating the local context - concepts - global context. IRA International Journal of Education and Multidisciplinary Studies, 14(2), 26
Masloman, F., Suriani, N. W., Rungkat, J. A., Komansilan, A., & Wola, B. R. (2023). Keterampilan Proses Sains Mahasiswa dalam Pembelajaran Eksploratif Fenomena Lokal-Global Mengenai Perubahan Gelombang Air dan Kecepatan Angin di Danau Tondano. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(3), 717
Mogi, H., Mandang, T., & Lolowang, J. (2021). Pengembangan Modul Praktikum Efek Fotolistrik Berbasis Virtual Laboratory Dengan Model Discovery Learning. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 69
Muktapa, M. I. (2021). Implikasi Filsafat Ilmu dan Etika Keilmuan dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Modern. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 3(2), 20
Ozdemir, G., & Dikici, A. (2017). Relationships between scientific process skills and scientific creativity: Mediating role of nature of science knowledge. Journal of Education in Science Environment and Health, 3(1). https://doi.org/10.21891/jeseh.275696
Pedaste, M., M
Rende, J., & Tulandi, D. (2020). Bahan Ajar Fisika Bunyi Terintegrasi dengan Budaya Minahasa Musik Kolintang. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 23
Ruitan, A. J. A., Suriani, N. W., Rondonuwu, A. T., Komansilan, A., Wola, B. R., Rogahang, M. K., & Mirontoneng, G. I. Z. (2023). Keterampilan kolaborasi mahasiswa dalam pembelajaran eksploratif fenomena lokal dan global mengenai radiasi cahaya matahari dan suhu di Danau Tondano. Journal on Teacher Education, 4(4), 419
Rungkat, J. A., Jeujanan, A., Wola, B. R., & Warouw, Z. W. M. (2023). Development of STEM-based Science E-Module on the Human Excretory System Topic. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6548
Saraswati, D. L. (2020). Pengembangan modul praktikum fisika dasar berbasis inquiry leraning tipe terbimbing untuk mahasiswa pendidikan matematika. In S. Seruni (Ed.), Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI (pp. 431
Sari, L. P., & Siregar, D. A. (2022). Analisis Pelaksanaan Praktikum Fisika di Laboratorium pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 10(2), 616
Sheffield, R. S., & McIlvenny, L. (2014). Design and Implementation of Scientific Inquiry using Technology in a Teacher Education Program. International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 22(6), 46
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Sundari, T., Pursitasari, I. D., & Heliawati, L. (2017). Pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum pada topik laju reaksi. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(2), 1340
Suriani, N. W., Wola, B. R., Komansilan, R., Komansilan, A., & Susilawati, A. (2023). Do prospective science teachers experience misconceptions? identification using a digital biological macromolecules three-tier test (BM-3T). Journal of Engineering Science and Technology (JESTEC), 18(6), 51
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Indiana University. https://eric.ed.gov/?id=ED090725
Usman, E., Cahyati, M., Putri, Y., & Asrizal, A. (2019). Meta-analisis pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri dalam pembelajaran fisika untuk menjawab tantangan kurikulum 2013 pada abad 21. Pillar of Physics Education, 12(4), 873
Wangdi, D., Kanthang, P., & Precharattana, M. (2017). Development of a hands-on model embedded with guided inquiry laboratory to enhance students
Wola, B. R. (2023). Literasi Digital Calon Guru Sekolah Dasar di STKIP Persada Evav Tual Pasca Pandemi COVID-19. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 11(2), 244
Wola, B. R., Rungkat, J. A., & Harindah, G. M. D. (2023). Science process skills of prospective science teachers
Woolnough, B., & Allsop, T. (1985). Practical Work in Science. Cambridge University Press.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons - Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate permission for non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).