Pengembangan Panduan Praktikum Elektronika Dasar Alat Electricity Demonstration Kit-B Berbasis Model Inkuiri Terbimbing

Authors

  • Theresje Mandang Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Manado
  • Marianus Marianus Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.23971/jpsp.v4i1.7903

Keywords:

Fisika, Inkuiri Terbimbing, Laboratorium, Panduan Praktikum.

Abstract

PProses pembelajaran melalui kegiatan praktikum mendukung tercapainya tujuan pembelajaran dengan menempatkan mahasiswa melakukan prosedur yang kompleks sambil belajar konsep-konsep sains. Hasil observasi di Laboratorium Fisika Universitas Negeri Manado menunjukkan bahwa panduan praktikum pada mata kuliah elektronika dasar yang menggunakan alat baru electricity demonstration kit-b belum tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan praktikum elektronika dasar alat electricity demonstration kit-b berbasis model inkuiri terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Sampel diperoleh dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket, sedangkan instrumen penelitian berupa angket lembar validasi penilaian ahli, angket uji kelompok kecil, dan angket uji coba lapangan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif berbentuk persentase. Hasil validasi menunjukkan ahli materi sebesar 85% termasuk kategori sangat valid, dan ahli media pembelajaran sebesar 90% juga termasuk kategori sangat valid. Selain itu, hasil uji respon mahasiswa pada uji kelompok kecil menunjukkan skor rata-rata 3,49 termasuk pada kategori praktis, dan penilaian pada uji coba lapangan memperoleh skor rata-rata 3,73 termasuk kategori sangat praktis. Dengan demikian, penelitian ini telah sukses menghasilkan panduan praktikum elektronika dasar alat electricity demonstration kit-b berbasis model inkuiri terbimbing yang valid dan praktis untuk digunakan. Produk penelitian ini berkontribusi terhadap kelancaran praktikum di Laboratorium Fisika, sehingga dosen mempunyai panduan praktikum yang valid dan mahasiswa dapat melakukan eksperimen serta belajar mempraktikkan keterampilan yang diperlukan.

References

Ananda, R. M., Sitorus, M., & Silaban, R. (2021). Development of Integrated Natural Science Practicum Guide Integrated Inquiry Approach to Improve Student Learning Outcomes. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1), 330

Arifah, I., Maftukhin, A., & Fatmaryanti, S. D. (2014). Pengembangan buku petunjuk praktikum berbasis guided inquiry untuk mengoptimalkan hands on mahasiswa semester II program studi pendidikan fisika universitas muhammadiyah purworejo tahun akademik 2013/2014. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 5(1), 24

Astro, R. B., Doa, H., & Meke, K. D. P. (2021). Pengembangan Petunjuk Praktikum Gaya Gesek Di Bidang Miring Berbasis Video Tracking Untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 335

Bevins, S., & Price, G. (2016). Reconceptualising inquiry in science education. International Journal of Science Education, 38(1), 17

Gunawan, G., Harjono, A., Hermansyah, H., & Herayanti, L. (2019). Guided inquiry model through virtual laboratory to enhance students

Hasibuan, F. A. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Berbasis PhET Simulation Mata Kuliah Fisika Modern. Eksakta : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(1), 81

Idamansyah, D., Rohmadi, M., & Ayatusa

Isnaini, R., & Ayatussa

Isozaki, T. (2017). Laboratory work as a teaching method: A historical case study of the institutionalization of laboratory science in Japan. Espacio, Tiempo y Educaci

Jusman, J., Azmar, A., Permana, I., Ikbal, M. S., & Ali, M. (2020). Perbandingan Pemahaman Konsep Interpretasi Fisika antara Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi. Konstan-Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 5(2), 86

Kang, J., & Keinonen, T. (2018). The effect of student-centered approaches on students

Lia, L. (2018). Kemampuan mahasiswa dalam membuat alat peraga fisika melalui pembelajaran berbasis proyek. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(2), 222

Mandang, T., & Medellu, C. S. (2019). Design and implementation of thematic assignment in integrating the local context - concepts - global context. IRA International Journal of Education and Multidisciplinary Studies, 14(2), 26

Masloman, F., Suriani, N. W., Rungkat, J. A., Komansilan, A., & Wola, B. R. (2023). Keterampilan Proses Sains Mahasiswa dalam Pembelajaran Eksploratif Fenomena Lokal-Global Mengenai Perubahan Gelombang Air dan Kecepatan Angin di Danau Tondano. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(3), 717

Mogi, H., Mandang, T., & Lolowang, J. (2021). Pengembangan Modul Praktikum Efek Fotolistrik Berbasis Virtual Laboratory Dengan Model Discovery Learning. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 69

Muktapa, M. I. (2021). Implikasi Filsafat Ilmu dan Etika Keilmuan dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Modern. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 3(2), 20

Ozdemir, G., & Dikici, A. (2017). Relationships between scientific process skills and scientific creativity: Mediating role of nature of science knowledge. Journal of Education in Science Environment and Health, 3(1). https://doi.org/10.21891/jeseh.275696

Pedaste, M., M

Rende, J., & Tulandi, D. (2020). Bahan Ajar Fisika Bunyi Terintegrasi dengan Budaya Minahasa Musik Kolintang. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 23

Ruitan, A. J. A., Suriani, N. W., Rondonuwu, A. T., Komansilan, A., Wola, B. R., Rogahang, M. K., & Mirontoneng, G. I. Z. (2023). Keterampilan kolaborasi mahasiswa dalam pembelajaran eksploratif fenomena lokal dan global mengenai radiasi cahaya matahari dan suhu di Danau Tondano. Journal on Teacher Education, 4(4), 419

Rungkat, J. A., Jeujanan, A., Wola, B. R., & Warouw, Z. W. M. (2023). Development of STEM-based Science E-Module on the Human Excretory System Topic. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6548

Saraswati, D. L. (2020). Pengembangan modul praktikum fisika dasar berbasis inquiry leraning tipe terbimbing untuk mahasiswa pendidikan matematika. In S. Seruni (Ed.), Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI (pp. 431

Sari, L. P., & Siregar, D. A. (2022). Analisis Pelaksanaan Praktikum Fisika di Laboratorium pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 10(2), 616

Sheffield, R. S., & McIlvenny, L. (2014). Design and Implementation of Scientific Inquiry using Technology in a Teacher Education Program. International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 22(6), 46

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sundari, T., Pursitasari, I. D., & Heliawati, L. (2017). Pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum pada topik laju reaksi. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(2), 1340

Suriani, N. W., Wola, B. R., Komansilan, R., Komansilan, A., & Susilawati, A. (2023). Do prospective science teachers experience misconceptions? identification using a digital biological macromolecules three-tier test (BM-3T). Journal of Engineering Science and Technology (JESTEC), 18(6), 51

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Indiana University. https://eric.ed.gov/?id=ED090725

Usman, E., Cahyati, M., Putri, Y., & Asrizal, A. (2019). Meta-analisis pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri dalam pembelajaran fisika untuk menjawab tantangan kurikulum 2013 pada abad 21. Pillar of Physics Education, 12(4), 873

Wangdi, D., Kanthang, P., & Precharattana, M. (2017). Development of a hands-on model embedded with guided inquiry laboratory to enhance students

Wola, B. R. (2023). Literasi Digital Calon Guru Sekolah Dasar di STKIP Persada Evav Tual Pasca Pandemi COVID-19. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 11(2), 244

Wola, B. R., Rungkat, J. A., & Harindah, G. M. D. (2023). Science process skills of prospective science teachers

Woolnough, B., & Allsop, T. (1985). Practical Work in Science. Cambridge University Press.

Downloads

Additional Files

Published

2024-04-30

Issue

Section

Article