Analisis Validitas Dan Daya Tarik E-Modul Biologi Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu aspek dari keterampilan abad ke-21 yang perlu dilatih dengan pembiasaan dalam kegiatan pembelajaran menggunakan bahan ajar. E-Modul merupakan salah satu bahan ajar yang dapat melatihkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sehingga perlu dilakukan pengembangan e-modul. Penelitian pengembangan bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas e-modul sehingga layak digunakan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini untuk mendeskripsikan validitas dan daya tarik e-modul biologi. Jenis penelitian merupakan penelitian pengembangan Educational Design Research dengan desain evaluasi formatif model Tessmer sampai tahap uji one to one. Validitas e-modul dilakukan oleh tiga pakar yang ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan. Sedangkan daya tarik e-modul dilakukan oleh tiga peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan rendah, sedang, dan tinggi dengan menggunakan angket daya tarik yang terdiri atas sepuluh aspek penilaian. Hasil validitas menunjukkan kategori sangat valid pada keempat aspek dengan nilai keseluruhan rata-rata 95,4 dan hasil daya tarik menunjukkan sangat baik dengan nilai 90,00. Berdasarkan hasil tersebut, e-modul biologi dapat dinyatakan sangat valid dan memiliki nilai daya tarik.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 272 times | PDF view : 174 timesReferences
Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53.
Amilia, S., Satini, R., & Fitri, R. (2023). Validasi modul pembelajaran bahasa indonesia berbasis problem based learning pada materi menulis teks biografi siswa kelas x SMA Negeri 3 Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26063-26069.
Astuti, N., Kaspul, K., & Riefani, M. K. (2022). Validitas modul elektronik “pembelahan sel” berbasis keterampilan berpikir kritis. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 6(1), 94-102.
Facione, P. (1990). Critical thinking: A statement of expert consensus for purposes of educational assessment and instruction (The Delphi Report).
Fauzan, M. (2021). Pengembangan modul inovatif dalam pembelajaran bahasa arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, (7), 643-654.
Febriana, R. N., Suryani, D. I., & Taufik, A. N. (2023). pengembangan e-modul berbasis socio-scientific issues pada tema food loss and food waste untuk melatih kemampuan berpikir kritis. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 445-453.
Ginanjar, S., Tiara, T., & Kantun, S. (2022). Pengembangan modul digital akuntansi untuk siswa kelas xi akuntansi SMKN 1 Jember. EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(1), 31-39.
Hamdani. (2023). Analisis buku ajar bahasa arab MI kelas ii karya abd. rokhim, dkk. penerbit erlangga. Al-lisān Al-‘arabi, 2(2), 16-27.
Hasanah, M., Supeno, S., & Wahyuni, D. (2023). Pengembangan e-modul berbasis flip PDF professional untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 44-58.
Hidayat, S., Supriadin, S., & Iskandar, J. (2018). Pengembangan prototipe buku ajar terintegrasi proses saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Konstan-jurnal fisika dan pendidikan fisika, 3(1), 36-47.
Humaidi, H., Irhasyuarna, Y., & Hafizah, E. (2022). Analisis validitas terhadap pengembangan bahan ajar ipa berbasis literasi sains pada materi objek IPA dan pengamatannya. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(1), 11-15.
Isnaini, N., Listiadi, A., & Subroto, W. T. (2022). Validitas dan kepraktisan e-modul berbasis kontekstual mata pelajaran otk sarana dan prasarana untuk peserta didik program keahlian otomatisasi tata kelola perkantoran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(2), 157-166.
Istiqomah, N., Hujjatusnaini, N., Septiana, N., & Amin, A. M. (2022). Implementasi model pembelajaran project based learning terintegrasi praktikum studi antagonisme escherichia coli dan candida albicans terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 10(4), 892-904.
Karima, E. M., Firza, F., & Fitriah, R. (2022). Pengembangan e-module interaktif berbasis historical perspective pada mata kuliah sejarah pendidikan. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 3(2), 151-160.
Kurniawan, R., & Winarsih, W. (2022). Pengembangan e-book berbasis inkuiri pada materi ekosistem untuk melatih keterampilan literasi sains peserta didik kelas x SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 250-262.
Laili, I. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306-315.
Lestariningsih, N., Nirmalasari, R., & Qamariah, Z. (2021). The development of an integrative botanical textbook based on islamic values and medicinal herbs studies of central kalimantan. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(2), 78-85.
Masruroh, L. D., Maharani, N. I., Azizah, O. N., Karenina, A., & Widyaningrum, R. (2022). Validitas modul nutrisi makanan berbasis pengambilan keputusan di tingkat SMP/MTs. In PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar (Vol. 2, No. 1, pp. 37-43).
Nadhiroh, S., & Anshori, I. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran pendidikan agama islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 56-68.
Nadira, N., Lodang, H., & Wiharto, M. (2022). Uji validitas pengembangan e-modul materi ekosistem sebagai sumber belajar biologi pada kelas x SMA. Oryza: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 59-64.
Naufal, A. L. A., & Kurniasari, I. (2022). Pengembangan e-book matematika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi persamaan garis lurus. MATHEdunesa JurnalIlmiahPendidikanMatematika V, 11(2), 378-389.
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan modul ajar berbantuan teknologi untuk mengembangkan kecakapan abad 21 siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480-492.
Ningtyas, H. A., & Rahmawati, L. E. (2023). Kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan bahan ajar teks deskripsi di SMP kelas vii. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 52–71.
Nurofik, A., Yuliana, S., Yeni, M., Yanuardi, A., & Nini, N. (2022). Validitas buku pengantar teknologi informasi di area SMK PP N Padang. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2), 835-842.
Pratiwi, U. R., & Widyaningrum, T. (2021). Analisis kualitas dan efektivitas pemanfaatan buku ajar biologi SMA kelas x semester 1. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 9(2), 164-177.
Purba, A., Khairuna, K., & Adlini, M. N. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) pada materi sistem indera untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora (JISPENDIORA), 2(3), 01-26.
Purwanto, N. (2009). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Putra, M., Rahman, A., Ilwandri, I., Suhayat, Y., Santosa, T. A., Putra, R., & Aprilisia, S. (2023). The effect of STEM-based REACT model on students' critical thinking skills: a meta-analysisstudy. LITERACY: International Scientific Journals of Social, Education, Humanities, 2(1), 207-217.
Putri, A. S., Hafifah, A. W., Sitepu, C. B., Febriani, A. E., Putra, B. A., & Mukhlis, M. (2022). Analisis kelayakan kegrafikan buku teks bahasa cerdas berbahasa indonesia untuk SMA kelas x kurikulum 2013 revisi terbitan erlangga. Sajak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 1(1), 148-155.
Rahmi, B., Riefani, M. K., & Utami, N. H. (2022). Validitas buku ilmiah digital keanekaragaman tumbuhan semak di areal reklamasi pertambangan batubara. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5818-5826.
Riyanto, M., Asbari, M., & Latif, D. (2024). Efektivitas problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 1-5.
Rizky, M., Jadidah, I. T., Eprilia, W., Shawmi, A. N., & Saputra, A. D. (2024). Seberapa besar pengaruh metode pembelajaran talking stick pada hasil belajar siswa SD/MI?. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1-10.
Sarip, M., Amintarti, S., & Utami, N. H. (2022). Validitas dan keterbacaan media ajar e-booklet untuk siswa SMA/MA materi keanekaragaman hayati. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 43-59.
Suharyat, Y., Zulyusri, Z., & Gunawan, R. G. (2023). Meta-analisis: pengaruh e-modul berbasis problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5069-5076.
Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis tingkat keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11-16.
Triansyah, F. A., Suwatno, S., & Supardi, E. (2023). Fokus penelitian berpikir kritis siswa dalam pembelajaran ekonomi: bibliometrik analisis 2019-2023. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 130-139.
Ulandari, F. S., Wahyuni, S., & Bachtiar, R. W. (2018). Pengembangan modul berbasis saintifik untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada materi gerak harmonis di SMAN Balung. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 15-21.
Wardhani, F. P ., Zulfadilla, I., Islamiyah, H. Y., & Mukhlis, M. (2022). Analisis kelayakan penyajian buku teks bahasa indonesia kelas xi kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Sajak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 1(1), 156-167.
Wulandari, S. I., Pamelasari, S. D., & Hardianti, R. D. (2023). Penggunaan e-modul berbasis etnosains materi zat dan perubahannya dalam usaha meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp. In Proceeding Seminar Nasional IPA.
Yuliana, I., Abidin, Z., & Arip, A. G. (2023). Pengembangan e-modul praktikum pembuatan tape ketan berbasis canva untuk meningkatkan enterpreneurial skills dan kemampuan kognitif siswa madrasah aliyah. BIO EDUCATIO:(The Journal of Science and Biology Education), 8(1).
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis rendahnya literasi sains peserta didik indonesia: hasil PISA dan faktor penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11-19.
Zaini, M. (2018). Penelitian desain pendidikan aplikasi teori ke dalam praktik. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka
DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v4i1.7999
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Moh. Imam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.