Pengaruh Model Guided Inquiry Disertai Socioscientific Issues Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Friska Dora, Afandi Afandi, Andi Besse Tenriawaru, Wiwit Artika, Titin Titin

Abstract


Abstrak

Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Salah satunya adalah model guided inquiry disertai socioscientific issues. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model guided inquiry disertai socioscientific issues terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian yaitu siswa SMAN 1 Samalantan. Sampel penelitan yaitu siswa kelas X IPA 1 dan IPA 2 sejumlah 60 siswa. Instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan diuji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda sebelum digunakan. Data diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Uji paired sample t-test digunakan sebagai uji hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05 melalui aplikasi SPSS. Hasil uji hipotesis terhadap data pretest dan posttest menggunakan uji paired-sample t-test diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,001 dimana nilai ini kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H₁ diterima. Artinya penerapan model guided inquiry disertai socioscientific issues terbukti berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan/iklim dan daur ulang limbah.


Keywords


Keterampilan Berpikir Kritis; Model Guided Inquiry; Socioscientific Issues

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 108 times | PDF view : 74 times

References


Amin, A. M., & Adiansyah, R. 2018. Lecturer’s perception on student’s critical thinking skills development and problems faced by students in developing their critical thinking skills. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(1): 1-10. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i1.5181.

Arslan, A. 2014. Transition between open and guided inquiry instruction. Procedia Social and Behavioral Sciences, 141: 407-412. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.071.

Danisa, V.S., Dwiastuti, S., & Suciati. 2016. Pengaruh model guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran biologi. Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek dengan Tema “Isu-isu Kontemporer Sains, Lingkungan, dan Inovasi Pembelajarannya”. (pp.610-616). Surakarta. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/7977/88.pdf?sequence=1.

Dewi, N. L. G. K. K., & Sudana, D. N. 2016. Pengaruh model pmbelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep IPA dengan mengontrol minat belajar pada siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49(1): 40-47. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i1.9008.

Diyantini, N. M., Suadnyana, I. N., & Ardana, I. K. 2017. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audio-visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V. Mimbar PGSD, 2(5):1-10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10814.

Ennis, R. H. 2013. Critical thinking assessment. Theory Into Practice, 32(3). https://doi.org/10.1080/00405849309543594.

Ennis, R. H. 1985. A logical basic for measuring critical thinking skills. Educational Leadership, 43(2): 44-48. https://jgregorymcverry.com/readings/ennis1985assessingcriticalthinking.pdf.

Fihani, N., Hikmawati, V. Y., & Mu’minah, I. H. 2021. Pendekatan socioscientific issue (ssi) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada konsep virus. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3: 186-192. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/583.

Hermayani, A. Z., Dwiastuti, S., & Marjono. 2015. Peningkatan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem melalui penerapan model inkuiri terbimbing. Bioedukasi, 6(2): 79-85. http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v6i2.335.

Idris, R., Tjandrakirana., & Soetjipto. 2017. Penerapan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing (guided inquiry) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritiis siswa SMA. Journal of Biology Education, 6(3): 268. https://doi.org/10.15294/jbe.v6i3.11727.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud no 020 tahun 2016 tentang standar kompetensi lulusan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Lathifah, A. S., & Susilo, H. 2015. Penerapan pembelajaran socioscientific issue melalui metode simposium berbasis lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah biologi umum. (pp.9-19). Malang.

Mahanani, I., Rahayu, S., & Fajaroh, F. 2019. Pengaruh pembelajaran inkuiri berkonteks socioscientific issues terhadap keterampilan berpikir kritis dan scientific explanation. Jurnal Kependidikan, 3(1): 53-68. https://doi.org/10.21831/jk.v3i1.20972.

Muharni, A., Mustami, M.K., & Hiola, S.F. 2018. Analisis tingkat kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran biologi di SMA. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Biologi VI, 136-140. https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/view/10524.

Parwati, G. A. P., Rapi, N. K., & Rachmawati, D. O. 2020. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(1): 49-60. https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i1.26724.

Purwaningrum, N. A., & Fauziah, H. N. 2022. Pengaruh pembelajaran inquiri terbimbing berbasis socioscientific issues terhadap kemampuan scientific reasoning peserta didik di MTs Negeri 7 Madiun. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1): 45-62. https://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/65.

Rafiqa, I., Tjandrakirana., & Soetjipto. 2017. Penerapan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing (guided inquiry) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Journal of Biology Education. 6(3): 268. https://doi.org/10.15294/jbe.v6i3.11727.

Rohmawati., Widodo, W., & Agustin, R. 2018. Membangun kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran berkonteks socio-scientific issues berbantuan media weblog. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(3): 8-14. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p8-14.

Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. 2016. Rekontruksi bahan ajar konteks socioscientific issues pada materi zat aditif makanan untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2): 156-164. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8814.

Sadler, T. D. 2014. Moral sensitivity and contribution to the resolution of socio scientific issues. Journal of Moral Education, 33(3): 338-358. https://doi.org/10.1080/0305724042000733091.

Saavedra, A., & Opfer, V. 2012. Learning 21st century skills requires 21st century teaching. The Phi Delta Kappan, 94(2): 8-13.

Setiawati, I., & Nurlaelah, I. 2017. Analisis profil kemampuan berargumentasi guru dan mahasiswa calon guru dalam pembelajaran biologi menggunakan model toulmin’s argument pattern (tap) dan upaya perbaikannya. Quagga, 9(1): 7-17. https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/512.

Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Argareta, M. 2018. Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMPN 5 Sumbul. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1): 29-42. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2082.

Solihin, M. W., Prastowo, S. H. B., & Supeno. 2018. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3): 299-306. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i3.8604.

Sugiyono. 2021. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukma., Komariyah, L., & Syam, M. 2016. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dan motivasi terhadap hasil belajar fisika siswa. Jurnal Saintifika, 18(1): 59-63. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/download/3185/2537.

Suwono, H., Rizkita, L., & Susilo, H. 2015. Peningkatan literasi saintifik siswa sma melalui pembelajaran biologi berbasis masalah sosiosains. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(2): 136-144. http://dx.doi.org/10.17977/jip.v21i2.8367.

Trianto, I.B. 2014. Mendesaian model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wangsa, G. N. A. S., Dantes, N., & Suastra, I. W. 2021. Pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA kelas V SD gugus IV kecamatan Gerokgak. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1): 139-150. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.267.

Widhy, P., Nurohman, S., & Wibowo, W. S. 2013. Model integrated science berbasis socioscientific issues untuk mengembangkan thinking skills dalam mewujudkan 21st century skills. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2. http://dx.doi.org/10.21831/jpms.v1i2.2484.

Yeritia, S., Wahyudi., & Rahayu, S. 2017. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik kelas X SMAN 1 Kuripan tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(2): 181-187. https: doi.org/10.29303/jpft. v3i2.398.

Yuliastini, I. B., Rahayu, S., Fajaroh, F., & Mansour, N. 2018. Effectiveness of pogil with ssi context on vocational high school student’s chemistry learning motivation. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1): 85-95. https://dx.doi.org/10.15294/jpii.v7i1.9928.

Zakiah, L., & Lestari, I. 2019. Berpikir kritis dalam konteks pembelajaran. Jakarta: Erzatama Karya Abadi.

Zeidler, D. L., & Kahn, S. 2014. It’s debatable using socioscientific issues to develop scientific literacy K-12. Arlington: National Science Teachers Association Press.

Zubaidah, S. 2016. Keterampilan abad ke-21: keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema “Isu-isu Strategi Pembelajaran MIPA Abad 21”. (pp.1-17). Malang.




DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v4i1.8033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Friska Dora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





Journal Management Address Map:


Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan,
ISSN 2775-6580 (online-electronics), 2776-7531 (print)
2021-2022 IAIN Palangka Raya