Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh di SDIT Al Ghazali Palangka Raya

S SUHERNI, Muslimah Muslimah, Sapuadi Sapuadi

Abstract


Penelitian ini bertolak dari adanya pembelajaran pada masa pandemi covid-19 dilaksanakan jarak jauh dan SDIT Al Ghazali kota Palangka Raya merupakan salah satu sekolah yang juga melaksanakan pembelajaran yang dilaksanakan jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi pembelajaran PAI jarak jauh di SDIT Al Ghazali Palangka Raya dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran PAI jarak jauh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mana 1 orang guru Pendidikan Agama Islam sebagai subjek penelitian. Kepala sekolah, 4 orang siswa kelas V, dan 3 orang tua siswa sebagai informan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan jarak jauh dapat dikatakan efektif karena dapat mencapai indikator keefektifan yakni tujuan intruksional yang dapat tercapai, pembelajaran yang dilaksanakan secara aktif, dan seluruh siswa memiliki sarana prasarana yang dapat menunjang proses pembelajaran. Faktor pendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan jarak jauh adalah jaringan yang stabil dan ketersediaan kuota, faktor penghambat pembelajaran yang dilaksanakan jarak jauh adalah jaringan yang kurang stabil yang bisa membuat suara dapat terputus-putus.ibiting factors for learning carried out from home are an unstable network that can cause intermittent voices.

 


Keywords


Pembelajaran, Covid 19, Pendidikan, Agama Islam

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 61 times | PDF view : 28 times

References


Amirudin, M., (2018). Guru Tak Boleh Sejahtera Catatan dan Refleksi Seorang Pendidik. Deepublish. Yogyakarta.

Arum, A. E., & Susilaningsih, E. (2020). Pembelajaran Daring dan Kajian Dampak Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Kecamatan Muncar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 438–444. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/578/496

Dina, I., (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. DIVA Press. Yogyakarta.

Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 75–82.

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit%0AE-ISSN:

Rohmawati, A., (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15-32.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Mengajar. Prenada Media. Jakarta.

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Wicaksono, A. (2009). Efektivitas Pembelajaran, diakses pada 13 Desember 2020, .

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768




DOI: https://doi.org/10.23971/muallimun.v2i1.2922

Article Metrics

Abstract view : 61 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SUHERNI, Muslimah, Sapuadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi:

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111