Pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi dan hasil belajar PAI

Dewi Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi dan hasil belajar PAI siswa. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei 2021. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode expost facto. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik proportonate strafied random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup dengan bentuk skala likert dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini korelasi product moment, korelasi rank spearman, dan koefisien determinasi. Hasil perhitungan ini adalah dengan program SPSS 25 Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari data perhitungan, disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran daring siswa dengan nilai rata-rata dengan nilai 3,358 termasuk kategori tinggi. (2) Motivasi siswa dengan nilai rata-rata dengan nilai 3,790 termasuk kategori tinggi. (3) Hasil belajar PAI siswa dengan nilai rata-rata dengan nilai 84,9 termasuk kategori tinggi. (4) Ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring terhadap motivasi siswa dengan nilai uji koefisen determinasi yaitu 11,8%. Jadi, Ho ditolak dan Ha diterima (5) Tidak ada pengaruh antara pembelajaran daring terhadap hasil belajar PAI siswa. Hal ini terbukti dari koefisen determinasi  yaitu 0,044%. Jadi, Ho diterima dan Ha ditolak.

 

Kata Kunci: Pengaruh, Pembelajaran Daring, Motivasi, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 75 times | PDF view : 47 times

References


Bilfaqih, Q. (2015). Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. DeePublish.

Chi Chung Foo, dkk. (2021). A comparative study regarding distance learning and the conventional face-to-face approach conducted problem-based learning tutorial during the covid-19 pandemic. BMC Medical Education, 1–6.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT Rosda Karya.

Mujahidin, S. (2020). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam terhadap Peserta Didik SMP Negeri 6 Kota Parepare. 4, 49–57.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.23971/muallimun.v2i2.2929

Article Metrics

Abstract view : 75 times
PDF - 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dewi Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi:

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111