Nilai Pendidikan Pada Prosesi Tradisi Mandi Safar Masyarakat Banjar di Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur

Fikri Muzakir, Ali Sibram Malisi, Rahmad Rahmad

Abstract


Abstrak: Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah lapangan (field research), dengan metode kualitatif deskriptif menggunakan pendekatan Ethnografi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui prosesi serta nilai pendidikan pada tradisi mandi Safar. Adapun subjek penelitian adalah masyarakat Banjar di Kota Sampit, Kotawaringin Timur. Data dalam penelitian ini meliputi (1) Nilai pendidikan religius, (2) Nilai pendidikan moral, (3) Nilai pendidikan sosial. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tradisi mandi Safar dalam pelaksanaannya memiliki proses yaitu: (1) Mempersiapkan daun Sawang, (2) Merajah daun Sawang, (3) Membaca niat mandi, (4) Mandi di sungai Mentaya, (5) Do’a Bersama. Adapun nilai yang terkandung adalah  nilai pendidikan religius, moral dan nilai pendidikan sosial. Dalam praktek secara nyata pada pelaksanaannya dari masyarakat Banjar di Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur


Keywords


Nilai Pendidikan, Tradisi, Mandi Safar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 209 times | PDF view : 245 times

References


Abdullah. 2006. Kontribusi dan Reproduksi Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hanafi, H. 2003. Oposisi Pasca Tradisi Ter Khairon Nahdliyin. Serikat Indonesia: Yogyakarta

Huda, D. 2016. “Pendekatan Antropologis Dalam Studi Islamâ€. Jurnal Dialektika Religia Vol. 4 No 2. STAIN Kediri.

Khoiri. 2017. “Antara Adat dan Syariat (Studi Tentang Tradisi Mandi Safar di Tasik Nambus Riau, ditinjau dari Perspektif Islam)â€. Jurnal Ilmiah Islam Futura. Vol 16 No 2 pp 196-210

M. Jandra. 2002. Islam dalam konteks Budaya da Tradisi Plural, dalam buku Agama dan Pluralitas Budaya lokal, Jina Surakarta: UMS Press

Moesliem. A. 2003. Islam Sebagai Keritik Sosial, Jakarta: Penerbit Erlangga

Slamet, Y. 2006. Metode Penelitian Sosial. Surakarta: Sebelas Maret University Press

Spradley, James P. 1997. Metode Etnografi. Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya

Sugiarto dkk. 2003. Teknik Sampling. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Zulkarnain. 2008. Transformasi nilai-nilai Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.23971/muallimun.v1i1.3203

Article Metrics

Abstract view : 209 times
PDF - 245 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muzakir, Malisi, Rahmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi:

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111