Permainan Dakon dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun

Devy Puspita, Sri Hidayati, Saudah Saudah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permainan dakon dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun berdasarkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA). Pembelajaran dengan menggunakan permainan dakon dipilih karena dapat meningkatkan kemampuan berhitung dengan belajar dan pemecahan masalah, berpikir logis, dan berpikir simbolik pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang anak yang terdiri dari 2 orang anak perempuan dan 2 orang anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun terutama menggunakan permainan dakon dan mengetahui cara belajar dan pemecahan masalah, berpikir logis, dan berpikir simbolik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui permainan dakon mampu mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun dengan sangat baik. Peningkatan dapat dilihat pada hasil penelitian bahwa anak mampu menunjukkan belajar dengan pemecahan masalah, berpikir logis dan berpikir simbolik.

Keywords


Permainan Dakon; Kognitif; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 489 times | PDF view : 165 times

References


Afifuddin dan Saebani, Beni Ahmad. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: rineka cipta.

Endang Kusrini. 2016. Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Bola Warna Pada Anak Kelompok A Tk Dharma Wanita Kedawung 02 Kec.Nglegok Kabupaten Blita. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Fudyartanta, 2010, Membangun Kepribadian dan Watak Bangsa Indonesia Yang Harmonis dan Integral. Yogyakarta. PT. Pustaka Pelajar.

Halimatonsakdiah, Dra. Fakhriah, M.Pd., Dra. Yuhasriati, M.Pd. 2016. Pengembangan Kemampuan Kognitif Tentang Konsep Berhitung Dengan Ape Flashcard Di Tk Hubbul Wathan Lamteuba Kecamatan seulimeum aceh Besar: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1):115-122 Agustus 2016.

Iswinarti, 2017, Permainan Tradisional Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologis. Malang. UMM Press.

Kuswono, Wowo Sunaryo. 2012. Taksonomi Kognitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Latif, Mukhtar. dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenamamedia Group.

Mugi Rahayu. 2018. Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Bowling Di Taman Kanak-Kanak Gemerlang Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Cet. Kedua. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mursid. 2015. Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moeslichatoen. 2004, Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta

Patmonodewo, Soemiarti. 2003. Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2009). Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Puji lestari. 2018. Upaya Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B Melalui Permainan Labirin Kardus di RA Rafif Kalasan Sleman. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ramaikis Jawati. 2013, Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Ludo Geometri di PAUD Habibul Ummi II: SPEKTRUM PLS Vol. I, No.1, April 2013.

Santrock, J. W. 2011. Perkembangan Anak Edisi 7 Jilid 2. (Terjemahan: Sarah genis B) Jakarta: Erlangga.

Seefeld, Carol dan Wasik, A barbara. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan Anak Usia Tiga, empat dan Lima Tahun Masuk Sekolah (edisi 2). Jakarta: Indeks.

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT Bumi Aksara Cet. Ke. 1.

Susanto, Ahmad, 2011, Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta. Prenada Media Grup.

Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Cet. Kedua.

Tuti Andriani. 2012, Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini: Jurnal Sosial Budaya Vol. 9 No. 1 Januari – Juli 2012.

Umar, Sulaiman. Dkk. 2019, Tingkat Pencapaian Aspek Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Nanaeke-Indonesia Journal Of Earty Childhood Education, Vol. 2 No. 1, Juni 2019.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Vera Heryanti. 2014. Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Permainan Tradisional (Congklak). Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu.




DOI: https://doi.org/10.23971/muallimun.v1i1.3215

Article Metrics

Abstract view : 489 times
PDF - 165 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Puspita, Hidayati, Saudah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi:

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111