Pengembangan Media Audio Visual pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 1 Sembuluh I
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran di kelas V terutama siswa kelas V dalam pembelajaran tematik guru hanya menggunakan gambar monoton dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan karena berbagai kendala seperti, kemampuan guru dalam membuat, biaya, dan waktu, sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar. Melihat dari permasalahan tersebut, maka perlu adanya tambahan media yang sesuai dengan materi. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan media audio vsiaul pada pembelajaran tematik kelas V SDN 1 Sembuluh I dan kelayakan media audio vsiaul pada pembelajaran tematik kelas V SDN 1 Sembuluh I. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yaitu: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket (ahli materi, ahli media, uji coba perorangan dan kelompok kecil). Data dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media audio visual sub tema komponen ekosistem kelas V di SDN 1 Sembuluh I menggunakan empat tahap pengembangan yaitu analysis ,design, development dan implementation yang mengadopsi model pengembangan ADDIE. Kualitas kelayakan pengembangan media audio visual sub tema komponen ekosistem kelas V di SDN 1 Sembuluh I masuk pada kategori “Sangat Layak” dengan hasil penilaian ahli materi sebesar 87,5%.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 352 times | PDF view : 531 timesReferences
Ahmad Fujiyanto, dkk, Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup, Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No, 1 (2016).
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhar Arsyad. (2015). Azhar, Media Pembelajaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Haris Budiman, Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 7, November 2016.
Hikmawati, Fenti. 2017. Metodologi Penelitian . Depok: Gaja Grafindo.
Joni Purwono,dkk, Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan,Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran Vol.2, No.2, hal 127 – 144, Edisi April 2014.
Kustandi, Cecep, dan Sutjipto Bambang.2013. Media Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia.
Piaget, Jean dan Inholder. 2010. Psikologi Anak The Psychology of Child (Alih Bahasa:Miftahul Jannah). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar, Yogyakarta: PT Deepublish ( Grup PenerbitCV Budi Utama).
Sitanggang, Nathanael dan Abdul Hasan Saragih, 2013. Studi Karakteristik Siswa SLTA di Kota Medan, Vol.06, N0.02, ISSN: 1979-6692. Jurnal Teknologi Pendidik.
Sudaryono. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali press.
Sugiyono. 2010 Metode Peneletian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alf.
Sukiman, Dr, M.Pd. (2012) Pengembangan Media Pembelajaran, PT. Pustaka Insan Madani.
Sumarsono, Tatang. 2012. Ilmu Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.
Susilana, Rudi. 2009. Media Pembelajaran, Bandung: CV Wacana Prima. Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.23971/muallimun.v1i1.3230
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Santika, Wahdah, Syabrina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111