Studi Islam Melalui Pembelajaran Kitab Kuning Di Madrasah Diniyah An-Nur

Nurul Hikmah, Halimi Halimi

Abstract


Studi Islam merupakan kajian yang mendalam tentang hal-hal yang berkaitan dengan Islam. Studi Islam di Madrasah Diniyah An-nur dilakukan melalui pembelajaran kitab kuning. Kitab kuning merupakan kitab yang ditulis dengan huruf arab, tanpa harokat, dengan bahasa arab, melayu dan sekitarnya serta dicetak dalam kertas berwarna kuning. Pada umumnya metode yang digunakan dalam pembelajaran kitab kuning di pesantren atau madrasah adalah metode klasikal, sorogan dan ceramah. Menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran kitab kuning penting dilakukan agar pembelajaran tidak hanya terfokus kepada ustadz atau ustadzahnya saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang digunakan dalam proses pembelajaran studi Islam melalui kitab kuning di Madrasah diniyah An-nur. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam studi Islam melalui pembelajaran kitab kuning di madrasah diniyah An-nur adalah ceramah, tanya jawab, hafalan, dan praktik.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 79 times | PDF view : 38 times

References


Adib, Abdul (2021). Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren, Jurnal Mubtadiin, Vol 7, No. 1.

Akbar, Ali dan Hidayatullah Ismail,(2018). Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Darun Nahdah Thawalib Bangkinang, Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, Vol. 17, No. 1.

DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v17i1.5139.

Al-Rasyidin (2017) Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren Musthafawiyah, Mandailing Natal. Journal Of Contemporary Islam And Muslim Societies Vol.1 No.1. DOI: http://dx.doi.org/10.30821/jcims.v1i1.324.

Anwar, Rosihon dkk.( 2009). Pengantar Studi Islam ,Bandung: Pustaka Setia.

Ar-Rasikh, (2018). Pembelajaran Kitab Kuning pada Pondok Pesantren Khusus Al-Halimy Desa Sesela Kabupaten Lombok Barat, Jurnal Penelitian Keislaman,Volume 14, No.1. DOI. https://doi.org/10.20414/jpk.v14i1.492.

Atnawi dan Supandi,(2020). Signifikansi Metode Tanya Jawab dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAI di SMK Al-Faqih Toronan Pamekasan, Jurnal Penelitian dan Pemikiran Keislaman, Vol.7, No.1.

DOI: https://doi.org/10.31102/alulum.7.1.2020.48-57.

Azra, Azyumardi, (2002). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru. Jakarta : Logos Wacana Ilmu.

Basrudin, dkk, (2014). Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sumber Daya Alam di Kelas IV SDN Fatufia Kecamatan Bahodopi, Jurnal Kreatif Tadulaku Online, Vol.1, No.1.

Bermawy M, Hisyam Zaini, and Sekar A.A,(2008). Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Hamid, Wardiah (2020), Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Al risalah Batetanga Kabupaten Polman Provinsi Sulawesi Barat, Pusaka: Jurnal Khazanah Keagaman, Vo.8, No.1.

Ismail, Asef Usmani (2002). Menguak yang gaib Khasanah Kitab Kuning, Jakarta: Penerbit Hikmah.

Kausar, (2020). Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Dayah Ma‘Had Al-‘Ulūm Dīniyyah Al-Islāmiyyah Mesjid Raya Mudi Mesra Samalanga, Aceh, Indonesia, Ar-raniry: International Journal of Islamic Studies, Vol 7. No. 1. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jar.v7i1.10951.

Khoiruddin, Heri dan Rizki Ikhwan Farisal, (2018). Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren, Isema,: Jurnal, Vol.3, No. 1.

Manik, I Ketuk (2020). Efektivitas Metode Tanya Jawab Multi Arah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS, Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, Volume 8, No 1.

Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Islam, 2009.

Rahmat, Abdul (2010). Efektivitas Metode Diskusi dan Ceramah dalam meningkatkan motivasi beragama pada mata pelajaran PAI Siswa kelas IX di SMP 03 dan SMP 07 kota Gorontalo, Jurnal akwa, Vol. XI, No.1.

Rianie, Nurjannah (2015). Pendekatan dan Metode Pendidikan Islam, Jurnal Management of Education, Vol. 1.

Rodiah, (2019). Implementasi Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Al-Munawwaroh Kab. Kepahiang Provinsi Bengkulu. Jurnal Literasiologi, Vo. 1, No.1. DOI: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v1i1.8.

Rozali, (2020). Pengantar Metodologi Studi Islam Dalam Perspectives Multydisiplin Keilmuan, Depok: Rajawali Buana Pustaka.

Rusdi,(2018). Pengembangan metode pembelajaran kitab kuning dalam mencetak ahli fiqh, Jurnal An-Nuha Vol. 5, No.1.

Sholihan,(2018). Strategi Pembelajaran Kitab Kuning Melalui bantuan materi Al-Miftah lil ulum di pondok pesantren sidogiri pasuruan, Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, Vol.4, No. 2.

Sufa, Azema Fula (2014). Efektifitas Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Mahalli Brajan Wonokromo Pleret Bantul Tahun Ajaran 2013/2014, Jurnal Literasi, Vol. 5, No. 2.

Sugiyono,(2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Afabeta.

Surawan,(2020), Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Syafi’I, Ahmad Helwani (2020). Pembelajaran Kitab Kuning di pondok pesantren khusus Al-Halimy Sesela, Ibtidai’iy: Jurnal Prodi PGMI, Vol.5, No.2.

Taher, Zahdi (2020). Pembelajaran Kitab Kuning dalam mennagkal Radikalisme,Jurnal Ri’ayah, Vol.5, No.1.




DOI: https://doi.org/10.23971/muallimun.v1i2.3590

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Halimi Halimi, Nurul Hikmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi:

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111