Stimulasi Kecerdasan Linguistik Verbal Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini
Abstract
Abstract
Â
This paper describes the stimulation of English verbal linguistic intelligence in TK Negeri Gemolong Sragen. English is an international language that must be introduced to children to face global competition in the future. Therefore, this study aims to determine the teacher's strategy in stimulating early childhood English verbal intelligence in Gemolong State Kindergarten. This research method uses qualitative research methods. The results of this study indicate that the teacher's strategy in stimulating children's English linguistic intelligence is carried out with intracurricular and extracurricular activities. Intracurricular activities are English language stimulation activities carried out based on the applicable curriculum during the learning process. In intracurricular activities the teacher uses a collaborative method from several existing methods consisting of the habituation method, the playing method, the singing method. The standards for achieving English for children in TK Negeri Gemolong Sragen are self-introduction materials, body parts, numbers 1-10, colors, animals, and fruit. Meanwhile, extracurricular activities are activities to stimulate linguistic intelligence in children outside of class hours.
 (Bookman Old Style, 10 pt)
Â
Â
Â
Abstrak:
Tulisan ini menjelaskan tentang stimulasi kecerdasan linguistik verbal bahasa Inggris di TK Negeri Gemolong Sragen. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang harus dikenalkan pada anak untuk menghadapi persaingan global di masa yang akan datang. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam menstimulasi kecerdasan verbal bahasa inggris anak usia dini di TK Negeri Gemolong. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam menstimulasi kecerdasan linguistik bahasa Inggris anak dilakukan dengan kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler ialah kegiatan stimulasi bahasa inggris yang dilakukan berdasarkan kurikulum yang berlaku selama proses pembelajaran berlangsung. Dalam kegiatan intrakurikuler guru menggunakan metode kolaboratif dari beberapa metode yang ada terdiri dari metode pembiasaan, metode bermain, metode bernyanyi. Adapun standar pencapaian bahasa Inggris untuk anak di TK Negeri Gemolong, yaitu materi perkenalan diri sendiri, anggota tubuh, angka 1-10, warna, hewan, dan buah. Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan stimulasi kecerdasan linguistik pada anak yang dilakukan di luar jam pelajaran.
Â
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 149 times | PDF view : 162 timesReferences
Arumsari, A. D., Arifin, B., Rusnalasari, Z. D., & Inggris, B. (2017). Pembelajaran bahasa inggris pada anak usia dini di kec sukolilo surabaya. Jurnal PG- - PAUD Trunojoyo, 4(2), 133–142.
Departemen Agama, R. I. (2005). Panduan Kegiatan Ekstra Kurikuler Pendidikan Agama Islam. Depag RI.
Diniyah, F. (2017). Persepsi Orang Tua dan Guru Mengenai Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di TK ABA Karangmalang Yogyakarta. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2).
Herdyastika, M., & Kuriawan, M. (2021). Analisis Perbandingan Implementasi Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Inovatif di Taman. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1585–1593. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.902
Ichsan, A. S. (2020). Rekonsepsi Pendidikan Tahfiz Al Qur’an melalui Model Learning Styles pada Anak Usia Sekolah Dasa. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).
Nanik, S. (2018). ENGLISH EDUCATION FOR EARLY CHILDHOOD LEARNER. At-Turats: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 12(1), 50–62.
Novitasari, Y. (2017). Development of child activity sheet by using the scientific approach at ethnic subtheme to introduce Indonesian cultural variety. In Proceeding the 1st International Conference on Education Innovation, 1(1), 116–120.
Prastowo, A. (2014). Metode Penelitian Kualitataif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Ar-Ruz Media.
Proficienci Index, E. E. (2021). Daftar Peringkat Terbesar Berdasarkan Kemampuan Bahasa Inggris di Negara dan Wilayah Terbesar Dunia. https://www.ef.co.id/epi/?__cf_chl_captcha_tk__=PRxi64FINt9uihSaLR6X.IiuVaM5SdWD._ItSqZBeG0-1638864838-0-gaNycGzNCFE
Retno Pangestuti. (2013). Psikologi Perkembangan Anak. Basosbud.
Reza, J., & Andriani, Y. (2009). Multiply Your Multiple Intelligences. Andi Offse.
Suardi, Syahrul, & Asri. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265–273.
Sujiono, Y. N. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks.
Suyadi, & Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Remaja Rosdakarya.
Uzer, Y. V. (2019). Strategi Belajar Bahasa Inggris Yang Menyenangkan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 86.
Wiyani, N. A., & Barnawi. (2014). Psikologi Anak Usia Dini. Gava Media.
Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana Prenanda Media Group.
DOI: https://doi.org/10.23971/muallimun.v1i2.3634
Article Metrics
Abstract view : 149 timesPDF - 162 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 wahyu purwasih, ahmad sahnan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Alamat Redaksi:
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111