Persepsi Guru Madrasah terhadap Penilaian Akhir Semester menggunakan Google Form

Istiyati Mahmudah, Mega Dwi Kaputri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru madrasah terhadap penilaian akhir semester menggunakan google form. Penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara. Kemudian data di analisis menggunakan statistik persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan google form menjadi salah satu alternative pilihan yang diminati oleh guru  di Madrasah Hidayatul Muhajirin dalam penilaian akhir semester. Dari 25 orang guru, ada 19 orang guru yang menggunakan google form dalam penilaian akhir semester atau 76% dari total keseluruhan responden. Mereka memiliki persepsi bahwa menggunakan google form dalam penilaian akhir semester adalah efektif, memudahkan dalam mengoreksi jawaban peserta didik, lebih efisien waktu serta lebih menghemat biaya. Sisanya 6 orang guru melakukan penilaian akhir semester tidak menggunakan google form atau 24% dari total keseluruhan guru dikarenakan mereka mengajar di kelas rendah, yakni kelas I dan II.

Keywords


Persepsi, Penilaian Akhir Semester, Google Form

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 90 times | PDF view : 58 times

References


Alaa M. A. Musalam, Nizam M. El-Ashgar, Muhammad Al-Agha, Raed E. S. Abunamous, Abuhabib. (2020). “Sheltering and quarantine measures for risks that threaten the village of umm al-nasr, gaza strip”. Journal of Emergency Management. Vol. 18, No. 7.

Asrilia Kurniasari, Fitroh Setyo Putro Pribowo, And Deni Adi Putra. (2020). “Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19” 6, no. 3 8. DOI: http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p246-253

Deni Darmawan. ( 2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Eva Margaretha Saragih, Rahma Yunita Ansi, Efektivitas Penggunaan Whatsapp Group Selama Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku Pendidik, Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan ke-4 Tahun 2020 Tema : ”Sinergi Hasil Penelitian Dalam Menghasilkan Inovasi Di Era Revolusi 4.0”.

Fajar Heriyadi. (2021). penggunaan google forms sebagai media pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran sejarah di SMK NEGERI 2 Ketapang. Jurnal Swadesi. Volume II Nomor 1.

Fansuri Septiawan. (2020). Efektivitas penggunaan google form dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor di SMK NegerI 1 KOBA. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 7, No. 2.

George W. Contreras, D. (2020). "Getting ready for the next pandemic COVID-19: Why we need to be more prepared and less scared", Journal of Emergency Management, Vol. 18, No. 2.

Hamdan Husein Batubara. (2016). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen Di Prodi Pgmi Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Volume 8, Nomor 1; ISSN : 2085-0034, DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i1.91

Harun Nasution dan Mansur. ( 2009). Penilaian Hasil Belajar, Bandung: CV Wacana Prima.

I Putu Sesana. (2020). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Google Form Dalam Pelaksanaan PAT Berbasis Online Di Smkn 1 Tembuku Widyadewata, 3, 1–11. Retrieved from https://widyadewata.kemenag.go.id/index.php/widyadewata/article/view/4

Irmayanti, Sri Wahyuni, Fitriani. (2021). Persepsi siswa terhadap penilaian akhir semester matematika berbasis office 365 di kabupaten sinjai. Jurnal Mega. Vol.2,. No. 1.

Ita Ainun Jariyah dan Esti Tyastirin, Proses dan Kendala Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19.(2020). Analisis Respon Mahapeserta didik,” Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika 4, no. 2: 183, https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.224.

Jaja Jahari dan Amrulloh Syarbini. (2013). Manajemen Madrasah, Bandung: Penerbit Alfabeta.

Khasanah, Edy Nasan, Jus’aini. (2021). Efektifitas media whatsapp group dalam pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Teknologi. Vol. 10, No. 1.

Mahyudin Ritonga et al.(2020). “Sosialisasi Pembuatan Soal Melalui Google Form Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI,” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 4. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.456

Muhammad Iqbal, Rosramadhana, Bakhrul Khair Amal, Murni Eva Rumapea. (2018). Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pemberina Tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial, Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 10 (1). DOI:10.24114/jupiis.v10i1.9652

Muhammad Rizal Fauzi, Penggunaan Google Form sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. (2014). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. dikutip dari repository.upi.edu.

Novi Karollina, Ujrah Hidayati, Dina Syaflita. (2021). Penggunaan aplikasi google classroom dan google form pada pembelajaran ipa di mts Darul hikmah Pekanbaru. Riau Education Journal (REJ.) Vol. 1, No. 1.

Pitri Wulandari, Maswani, Husnul Khotimah. (2019). Google form sebagai alternatif evaluasi pembelajaran di SMAN 2 Kota Tangerang , Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 2, No.1.

Ridwan Abdullah Sani. (2016). Penilaian Autentik, Jakarta: Bumi Aksara.

Siti Ngafifah. (2020). Penggunaan Google Form Dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Daring Peserta didik Pada Masa Covid19 Di Sd It Baitul Muslim Way Jepara. Jurnal Assalam, Vol. IX no 2 Tahun.

Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia

Suiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar Dan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syofian Siregar. (2012). Statistik Parameter Untuk Penelitian Kuantitatif, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wardani, S., & Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.




DOI: https://doi.org/10.23971/muallimun.v1i2.3642

Article Metrics

Abstract view : 90 times
PDF - 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Istiyati Mahmudah, Mega Dwi Kaputri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi:

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111