Penggunaan Media Papan Pola Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun

Noer Asmayati, Rizki Noor Haida, Ikta Yarliani

Abstract


Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pemanfaatan media papan pola terhadap aktifitas guru, aktifitas anak dan kemampuan kognitif anak terkait pembelajaran pola ABCD-ABCD. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus,. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di Tk Aisyiah 13 Banjarmasin  yang berjumlah 15  anak (5 laki-laki dan 10 perempuan). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan merupakan kombinasi pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif terkait pemaknaan dalam proses sebelum dan sesudah dilakukannya tindakan. Sedangkan pendekatan kuantitatif digunakan untuk menghitung rerata hasil belajar anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada aktifitas guru, aktifitas anak, dan kemampuan kognitif anak. Di akhir siklus II aktifitas guru berada pada angka 87,5%, aktifitas anak sebesar 100%, sedangkan  kemampuan mengurutkan pola ABCD-ABCD untuk kategori berkembang sesuai harapan sebesar 86,67%. Peningkatan ini membuktikan  bahwa media papan pola memberikan dampak yang signifikan dalam menunjang keberhasilan belajar anak. Media papan pola ini mampu menjadi jembatan antara guru dan anak, dimana guru mendapatkan kemudahan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Selain itu, media papan pola ini juga mendorong anak bertindak aktif dalam kegiatan di kelasnya yang pada akhirnya meningkatkan kemampuan berpikir logis anak.


Keywords


Kemampuan kognitif; pola ABCD-ABCD; media papan pola.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 444 times | PDF view : 536 times

References


Anggraini, Elya Siska. 2021. “Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Bermain.” Jurnal Bunga Rampai Usia Emas 7 (1). https://doi.org/10.24114/jbrue.v7i1.25783.

Arikunto, Suharsimi, Dkk. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariyana, I Komang Sesara. 2020. “Pembelajaran Konsep Pola Untuk Anak Usia Dini Dalan Kaitannya Dengan Problem Solving.” Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 (1).

Aziza, Aspiya, Hardiyanti Pratiwi, and Dyah Ageng Pramesty Koernarso. 2020. “Pengaruh Metode Montessori Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Anak Usia Dini Di Banjarmasin.” Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak 6 (1): 15–26. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.

Depdikbud. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Balai Pustaka.

———. 2015. Peraturan Menteri Pendidikan No. 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Balai Pustaka.

Fitria, Analisa. 2013. “Mengenalkan Dan Membelajarkan Matematika Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Studi Gender Dan Anak 1 (2). jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/psj/article/viewFile/675/535.

Hasanah, Nurlayli, and Hariani Fitrianti. 2019. “Mengenal Matematika Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mengurutkan Pola (Pattern).” Early Childhood Education Journal 2 (1). http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eue&AN=130896756&site=eds-live.

Hayati et. al. 2017. “Identifikasi Keterampilan Kognitif Anak Usia 2-6 Tahun Di Lembaga PAUD Kecamatan Sleman, Yogyakarta.” Pendidikan Anak Is Licensed under a Creative 6 (2).

Hijriati. 2016. “Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood.” Jurnal Pendidikan Anak 1 (2).

———. 2017. “Peranan Dan Manfaat Ape Untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Dini.” Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak III (2). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/1699.

Hildayani, Rini, Dkk. 2016. Psikologi Perkembangan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Kemendikbud. 2020. Bermain Matematika Yang Menyenangkan Dengan Anak Di Rumah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan RI.

Kemendiknas. 2011. Konsep Matematika Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Kostelnik, Marjorie J, Dkk. 2017. Developmentally Appropriate Practice Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Marienda, Winda, Moch. Zainuddin, and Eva Nuriyah Hidayat. 2015. “Kompetensi Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (2). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13271.

Masyithoh, Syari’ati. 2015. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Pola Abc-Abc Melalui Media Gelang Warna Di Kelompok A PAUD Gemsana, Otvai, Alor.” Jurnal Pendidikan Anak 4 (1). https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12347.

Musfiroh, Tadkiroatun dan Sri Tatminingsih. 2016. Bermain Dan Permainan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Nugrohoningsih, Dwi. 2015. “Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Ananda Pontianak Barat.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4 (11).

Nuraeni, Nuraeni. 2014. “Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.” Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram 2 (2). https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i2.1069.

Nurani, Yuliani dan Sujiono. 2004. Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Nurrahman, Alif. 2019. “Peran Serta Media Pembelajaran Dalam Memfasilitasi Belajar Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 7 (2). https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24453.

Purnama, Sigit, Dkk. 2020. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryana, Dadan dan Nenny Mahyudin. 2016. Dasar-Dasar Pendidikan TK. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Bintang Pustaka Abadi.

Syukri. 2021. “Peran Media Pembeljaran Untuk Anak Usia Dini.” Al Abyadh 4 (1).




DOI: https://doi.org/10.23971/muallimun.v2i1.3789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Asmayati, Haida, Yarliani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi:

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111