Analisis Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Kelas V di SLB-B Negeri Pembina Palembang

Reka Damayanti

Abstract


 

Masalah dalam penelitian ini kesulitan belajar matematika pada pesertadidik berkebutuhan khusus (tunarungu) kelas V di SLB-B Negeri Pembina Palembang. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengeksplorasi penyebab kesulitan belajar matematika pada peserta didik tunarungu kelas V di SLB-B Negeri Pembina Palembang (2) Untuk mengidentifikasi bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika terhadap peserta didik tunarungu kelas V di SLB-B Negeri Pembina Palembang. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftip kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar matematika pada pesertadidik tunarungu yaitu: (1) Bentuk kesulitan belajar matematika yang dialami anak tunarungu terdiri dari beberapa komponen yaitu kesulitan dalam materi pembelajaran abstrak, kesulitan dalam menghitung dan kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. (2)Faktor yang menyebab kesulitan belajar matematika berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. (3)Upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika adalah dengan mengadakan program remidial, yaitu guru mengulang  secara terus  menerus  materi pelajaran  matematika, mengunakan  alat batu (alat peraga) ,memperbanyak latihan soal, memotivasi siswa dan menjalin kerja sama dengan orang tua siswa.

 

Kata Kunci: kesulitan belajar, matematika, anak tunarungu.

 


Keywords


Kata Kunci: kesulitan belajar, matematika, anak tunarungu.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 91 times | PDF view : 367 times

References


Ekal Kurnial L,2017, Mukhalmmald Ridwaln Y, Penelitialn Pendidikaln Maltemaltikal (Balndung : PT Refikal Alditalmal)

Jumalris Malrtini , 2015, Kesulitaln Belaljalr : Persfektif, Alsesmen, daln Penalnggulalngalnnyal. (Bogor : Ghallial Indonesial)

Mulyono Albduralhmaln,2012, Alnalk Berkesulitaln Belaljalr (Depok : politehnik kalryalhusaldal)

Murdialni, 2018, Meningkaltkaln Motivalsi daln Halsil Belaljalr Menjumlalhkaln Pecalhaln Melallui Model Pembelaljalraln Kooperaltif Tipe Malke Al Maltch Siswal Kelals IV SDN Halrialng Kecalmaltaln Balnual Lalwals Kalbupalten Talballong, Vol.4 No.2(jalnualri-juni 2018)

Trialnto, 2011, Mendesalin Model Pembelaljalraln Inovaltif-Progresif (Jalkalrtal Kencalnal.)

Umi Faltimalh, 2018, Alnallisis Kesulitaln Belaljalr Maltemaltikal Alnalk Berkebutuhaln Khusus (AlBK) Slow Lealrner vol.2 no 1




DOI: https://doi.org/10.23971/muallimun.v2i1.4190

Article Metrics

Abstract view : 91 times
PDF - 367 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Reka Damayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi:

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111