PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS KARTU KODE QR MATERI USAHA EKONOMI YANG DIKELOLA OLEH KELOMPOK UNTUK KELAS V MI/SD

Asnafiyah Asnafiyah, Khurotul Aen

Abstract


Pokok permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah karakteristik pengembangan media pembelajaran IPS Kartu Kode QR materi Usaha Ekonomi Yang Dikelola Oleh Kelompok untuk Kelas V MI/SD, (2) bagaimanakah kelayakan pengembangan media pembelajaran IPS Kartu Kode QR materi Usaha Ekonomi Yang Dikelola Oleh Kelompok untuk Kelas V MI/SD. Penelitian ini adalah penelitian RnD yang menggunakan model 4D dengan mendapat penilaian skor presentase dari ahli media 93,65%, ahli materi 92,7%, ahli bahasa 92,7% dan guru kelas V MI/SD 100%. Semua hasil dari para ahli dan guru kelas masuk ke dalam kategori sangat layak digunakan. Sedangakan respon peserta didik mengenai media pembelajaran menunjukkan presentase skor 100% dengan kategori Positif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Media Pembelajaran IPS Kartu Kode QR materi Usaha Ekonomi Yang Dikelola Oleh Kelompok untuk Kelas V MI/SD yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran IPS di sekolah.

Keywords


Pengembangan; Kartu Kode QR; Pembelajaran IPS;

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 228 times | PDF view : 146 times

References


Abd, Ghofur. “Pengembangan Media Pembelajaran Scan Barcode Berbasis Android Dalam Pembelajaran Ips.” EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran 1, no. 2 (2 Juni 2020): 144–52. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1985.

Aen, Khurotul, Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Asnafiyah, Dosen Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Fahmi, Muhammad Hanif. “Komunikasi Synchronous Dan Asynchronous Dalam E-Learning Pada Masa Pandemic Covid-19.” Jurnal Nomosleca 6, no. 2 (30 Oktober 2020). https://doi.org/10.26905/nomosleca.v6i2.4947.

Meliawati, Evi. “Pengembangan Media Kanorado (Kartu Kronologi Sejarah Indonesia) Berbasis QR-Code Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Mangkang Kulon 02.” Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 2020.

http://lib.unnes.ac.id/40376/.

Menteri Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2006, Juli 2006.

Mukti, Fajar Dwi. “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Mata Pelajaran Ipa Materi Daur Air Untuk Siswa Kelas V MI Wahid Hasyim.” Tesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. http://digilib.uin-suka.ac.id/31928/.

Said Alfaqih, Muhammad. “Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Quick Response Code Bermuatan Contextual Learning Pada Materi Ikatan Kimia.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. http://digilib.uin-suka.ac.id/38369/.

Sains, Tim Penulis Magister Pendidikan dan Magister. Teknologi Informatika Dengan Pendekatan Kontekstual. Zifatama Jawara, 2020.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.




DOI: https://doi.org/10.23971/muallimun.v3i1.6603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Khurotul Aen, Asnafiyah Asnafiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi:

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111