PROBLEMATIKA PELAKSANAAN SUPERVISI DI LEMBAGA KB
Abstract
Supervisi menjadi salah satu metode yang paling penting dalam pengumpulan data dan informasi untuk mendapatkan suatu pemahaman tentang sebuah permasalahan atau fenomena. Tidak semua lembaga KB telah mengadakan supervisi karena masih minimnya pengetahuan kepala sekolah dalam teknik Supervisi ataupun karena terkendala oleh waktu. Jika supervisi belum pernah dilakukan maka kita tidak bisa mengetahui peningkatan kualitas dari sebuah lembaga, sehingga diperlukan analisa faktor yang menjadi hambatan kepala sekolah dalam pelaksaanaan Supervisi di lembaga yang dipimpin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi. Wawancara dan Data dianalisa dengan metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan untuk menggambarkan hasil penelitian dilakukan secara terstruktur menggunakan empat konsep cara yaitu pengumpulan data, reduksi data. Adapun teknik pemeriksaaan keabsahan data yaitu teknik trianggulasi Hasil menunjukkan bahwa pendidik dan kepala lembaga paham akan pentingnya melaksanakan supervisi akan tetapi, waktu dan pengetahuan teknik melakukan supervisi menjadi kendala dalam lembaga tersebut. Oleh karena itu, kepala lembaga akan berusaha untuk melaksanakan supervisi dengan mengikuti pelatihan supervisi terlebih dahulu.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 136 times | PDF view : 182 timesReferences
Addini, A. F., Husna, A. F., Damayanti, B. A., Fani, B. I., Nihayati, C.
W. N. W., Daniswara, D. A., ... & Rochmawati, R. (2022). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan. Jurnal Wahana Pendidikan, 9(2), 179-186.
Fauziah, P. Y., & Sugito, S. (2016). Pemetaan Mutu KB Fullday
Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Dan Kelembagaan Program KB. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(1), 70-79.
Hartono, H. (2019). Supervisi Berkala Dalam Upaya Meningkatkan
Pengelolaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (KB) Se Kecamatan Driyorejo Tahun 2018. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 19(1).
Murti, E. (2020). Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Pelaksanaan
Tugas Guru Dalam Pembelajaran Di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 205-209.
Herlina, E. S., & Tambunan, A. M. (2022). Supervisi dan
Problematikanya di Lembaga KB. DIKAIOS| Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 2(2), 45-55.
Irhamni, G. (2015). Peranan Kepala Sekolah Dalam Supervisi Akademik
Untuk Meningkatkan Mutu Kinerja Guru Di Smp Negeri 1 Banjarmasin. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 2(1).
Kurniawan, D., Dwikurnaningsih, Y., & Sulasmono, B. S. (2018).
Evaluasi program supervisi akademik di KB swasta. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 107-123.
Mahani, M. A. (2023). Pentingnya Supervisi Pendidikan Bagi
GURU. ENTINAS: Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 95-105.
Rahman, A. (2021). Supervisi Dan Pengawasan Dalam
PENDIDIKAN. PILAR, 12(2), 50-65.
Rismawan, E. (2015). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi
berprestasi guru terhadap kinerja mengajar guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(1).
Sari . M. Y, Najah. S. (2021). Supervisi Pada Lembaga KB. Jurnal
Pendidikan Anak BUNAYYA. Vol 7. No: 2.
Sari, D. N. A., Bafadal, I., & Wiyono, B. B. (2018). Pelaksanaan
supervisi manajerial dalam rangka implementasi manajemen berbasis sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 213-221.
Susanti, U. V., & Mulya, N. (2019). Supervisi (PKBM) Terhadap Kepala
Sekolah Terkait Manajemen Pembelajaran KB. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 47-60.
Syaifuddin. A. Supervisi Pendidikan. (2020). El – Wahdah. Vol. 1. No:2.
Susilo. Futiarso, Jatmiko. H, Su’ad, Supervisi. H. A. (2023). Akademik
Pengawas Sekolah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Vol 5. No: 1.
Saharudin. S, Syaifuddin M, Tambak S. (2022). Supervisi Pendidikan.
Generation Global Reset National: Jurnal Ilmu Multi Disiplin. Vol. 1. No: 2.
Tusadiyah, H., & Sabli, M. (2019). Dampak Pelaksanaan Supervisi
Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Padang Utara. NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 6(2), 98-115.
DOI: https://doi.org/10.23971/muallimun.v3i1.6938
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nihayatun Najiha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111