PROBLEMATIKA PELAKSANAAN SUPERVISI DI LEMBAGA KB

Nihayatun Najiha

Abstract


Supervisi menjadi salah satu metode yang paling penting dalam pengumpulan data dan informasi untuk mendapatkan suatu pemahaman tentang sebuah permasalahan atau fenomena. Tidak semua lembaga KB telah mengadakan supervisi karena masih minimnya pengetahuan kepala sekolah dalam teknik Supervisi ataupun karena terkendala oleh waktu. Jika supervisi belum pernah dilakukan maka kita tidak bisa mengetahui peningkatan kualitas dari sebuah lembaga, sehingga diperlukan analisa faktor yang menjadi hambatan kepala sekolah dalam pelaksaanaan Supervisi di lembaga yang dipimpin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi. Wawancara dan Data dianalisa dengan metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan untuk menggambarkan hasil penelitian dilakukan secara terstruktur menggunakan empat konsep cara yaitu pengumpulan data, reduksi data. Adapun teknik pemeriksaaan keabsahan data yaitu teknik trianggulasi Hasil menunjukkan bahwa pendidik dan kepala lembaga paham akan pentingnya melaksanakan supervisi akan tetapi, waktu dan pengetahuan teknik melakukan supervisi menjadi kendala dalam lembaga tersebut. Oleh karena itu, kepala lembaga akan berusaha untuk melaksanakan supervisi dengan mengikuti pelatihan supervisi terlebih dahulu.


Keywords


Supervisi, Kualitas Lembaga, Kendala

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 136 times | PDF view : 182 times

References


Addini, A. F., Husna, A. F., Damayanti, B. A., Fani, B. I., Nihayati, C.

W. N. W., Daniswara, D. A., ... & Rochmawati, R. (2022). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan. Jurnal Wahana Pendidikan, 9(2), 179-186.

Fauziah, P. Y., & Sugito, S. (2016). Pemetaan Mutu KB Fullday

Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Dan Kelembagaan Program KB. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(1), 70-79.

Hartono, H. (2019). Supervisi Berkala Dalam Upaya Meningkatkan

Pengelolaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (KB) Se Kecamatan Driyorejo Tahun 2018. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 19(1).

Murti, E. (2020). Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Pelaksanaan

Tugas Guru Dalam Pembelajaran Di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 205-209.

Herlina, E. S., & Tambunan, A. M. (2022). Supervisi dan

Problematikanya di Lembaga KB. DIKAIOS| Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 2(2), 45-55.

Irhamni, G. (2015). Peranan Kepala Sekolah Dalam Supervisi Akademik

Untuk Meningkatkan Mutu Kinerja Guru Di Smp Negeri 1 Banjarmasin. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 2(1).

Kurniawan, D., Dwikurnaningsih, Y., & Sulasmono, B. S. (2018).

Evaluasi program supervisi akademik di KB swasta. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 107-123.

Mahani, M. A. (2023). Pentingnya Supervisi Pendidikan Bagi

GURU. ENTINAS: Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 95-105.

Rahman, A. (2021). Supervisi Dan Pengawasan Dalam

PENDIDIKAN. PILAR, 12(2), 50-65.

Rismawan, E. (2015). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi

berprestasi guru terhadap kinerja mengajar guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(1).

Sari . M. Y, Najah. S. (2021). Supervisi Pada Lembaga KB. Jurnal

Pendidikan Anak BUNAYYA. Vol 7. No: 2.

Sari, D. N. A., Bafadal, I., & Wiyono, B. B. (2018). Pelaksanaan

supervisi manajerial dalam rangka implementasi manajemen berbasis sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 213-221.

Susanti, U. V., & Mulya, N. (2019). Supervisi (PKBM) Terhadap Kepala

Sekolah Terkait Manajemen Pembelajaran KB. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 47-60.

Syaifuddin. A. Supervisi Pendidikan. (2020). El – Wahdah. Vol. 1. No:2.

Susilo. Futiarso, Jatmiko. H, Su’ad, Supervisi. H. A. (2023). Akademik

Pengawas Sekolah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Vol 5. No: 1.

Saharudin. S, Syaifuddin M, Tambak S. (2022). Supervisi Pendidikan.

Generation Global Reset National: Jurnal Ilmu Multi Disiplin. Vol. 1. No: 2.

Tusadiyah, H., & Sabli, M. (2019). Dampak Pelaksanaan Supervisi

Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Padang Utara. NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 6(2), 98-115.




DOI: https://doi.org/10.23971/muallimun.v3i1.6938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nihayatun Najiha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi:

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111