Manajemen Non-Digital Marketing di MI Darussalam 01 Kartasura
Abstract
Pada penelitian ini, akan dijelaskan apa saja serta bagaimana strategi non-digital marketing dan implementasinya di MI Darussalam 01 Kartasura. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yang pertama adalah metode kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dalam upaya mendeskripsikan perencanaan non-digital marketing, dengan nara sumber dari unsur guru dan staf. Kemudian metode yang kedua, menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research), bahwa studi pustaka atau kepustakaan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa manajemen non-digital marketing di MI Darussalam 01 Kartasura sudah cukup baik, dilihat dari frekuensi pertemuan tatap muka yang banyak dan penggunaan brosur yang dinilai efektif untuk menambah jumlah peserta didik baru. Namun terdapat kelemahan dari stategi tersebut, yaitu wilayah pemasaran yang masih terlalu sempit.
Kata kunci : Manajemen, Non-digital, Marketing, strategi
In this study, it will be explained what and how non-digital marketing strategies and their implementation in MI Darussalam 01 Kartasura. There are two methods used in this study, the first is a descriptive qualitative method through observation, interviews, and documentation, in an effort to describe non-digital marketing planning, with resource persons from teachers and staff. Then the second method, using the library research method or approach, that literature or literature study can be interpreted as a series of activities related to the method of collecting library data, reading and recording and processing research materials. With the results of research that shows that non-digital marketing management at MI Darussalam 01 Kartasura is quite good, judging from the frequency of many face-to-face meetings and the use of brochures that are considered effective to increase the number of new students. But there is a weakness of this strategy, namely the marketing area is still too narrow.
Keywords : Management, Non-digital, Marketing, Strategy
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 77 times | PDF view : 51 timesReferences
Abdul Kadir dkk. 2015. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Media Group.
Andrew Bennett dan Colin Elman. 2006. 9 Q UALITATIVE R ESEARCH : Recent Developments in Case Study Methods. https://doi.org/10.1146/annurev.polisci.8.082103.104918.
Anugrah, Audi, Abdul Malik Karim Amrullah, dan Muhammad Inâ€TMam Esha. 2022. “TIPOLOGI MANAJEMEN TRADISIONAL DAN MODERN DAN KLASIFIKASINYA DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.” Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization 3(1). https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/jpai/article/view/1792 (Oktober 12, 2023).
Budiman, Sri, dan Suparjo Suparjo. 2021. “Manajemen Strategik Pendidikan Islam.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 5(3). http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/2197 (Oktober 12, 2023).
Deprizon, Deprizon dkk. 2023. “Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru.” Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI 9(1): 1–15.
Fathorrozi, Fathorrozi, dan Abd. Muhith. 2021. “Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Manajemen Pemasaran Sekolah Dasar di Jember Jawa Timur.” JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management 3(2): 203–20.
George R. Terry. 1968. Principles of management. 5 ed. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=15154&pRegionCode=JIUNMAL&pClientId=111.
Halim, Abdul, Ahmad Rizki Sridadi, dan Ummi Mar’atus Sholicha. “MANAJEMEN MARKETING PENDIDIKAN ISLAM;”
Khasanah, Afidatun. 2015. “PEMASARAN JASA PENDIDIKAN SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU DI SD ALAM BATURRADEN.” el-Tarbawi 8(2): 161–76.
Labaso, Syahrial. 2019. “Penerapan Marketing Mix sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MAN 1 Yogyakarta.” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3(2): 289–311.
Lexy J. Moleong. 2018. Metodologi penelitian kualitatif. 30 ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Machali, Dr Imam, M Pd, dan Drs H Noor Hamid. 2017. PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Yogyakarta: Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Mestika Zed. 2018. Metode penelitian kepustakaan. 5 ed. Jakarta: yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Moh. Nazir. 2009. Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Muhammad Arsyam, S.Pd.I., M.Pd. 2020. “MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.”
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen pemasaran. Jakarta: Indeks.
DOI: https://doi.org/10.23971/muallimun.v3i2.7608
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Tri Kusuma Wardani, Isna Harisatun Nadlifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111