Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai-nilai Islam dalam konsep Profil Pelajar Pancasila, sebagai konsekuensi Pendidikan untuk memperkuat identitas keislaman dan kebangsaan siswa melalui integrasi nilai-nilai Islam pada profil pelajar Pancasila. Dengan demikian, diharapkan dapat membentuk karakter pelajar yang seimbang antara ajaran agama dan nilai-nilai Pancasila. Bentuk penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif integrative yang mengacu pada pendekatan holistic dengan jenis kajian kepustakaan Literature Review yang berfokus pada nilai-nilai Islam dalam projek penguatan profil pelajar pancasila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Islam telah terintegrasi dengan baik dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Hal ini terlihat dari tema-tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dipilih, metode pembelajaran yang digunakan, dan penilaian yang dilakukan. Integrasi nilai-nilai Islam dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memiliki dampak positif bagi siswa, yaitu meningkatkan pemahaman mereka tentang nilai-nilai Islam, menguatkan karakter Profil Pelajar Pancasila, dan meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air. Keberhasilan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam meningkatkan pemahaman dan praktik baik nilai-nilai Islam sangat bergantung bagaimana program ini diterapkan di setiap satuan pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 241 times | PDF view : 148 timesReferences
A M F Sari, Siti Istiyati, and Anesa Surya PGSD. 2022. “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar.” Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan 19(2):61–72. doi: 10.54124/jlmp.v19i2.78.
Abidin, Zain. 2013. “Islam Inklusif: Telaah Atas Doktrin Dan Sejarah.” Humaniora 4(2):1273. doi: 10.21512/humaniora.v4i2.3571.
Admin SMP. 2022. “Mengulik Manfaat Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Ditsmp.Kemdikbud.Go.Id.
Alfian, Alfian, Muhammad Yusuf, and Uyun Nafiah. 2021. “Integrating Islamic Values in Teaching English: Lessons Learned from an Integrated Islamic School.” Elsya : Journal of English Language Studies 4(1). doi: 10.31849/elsya.v4i1.7322.
Arcanita, R., Putrajaya, G., Warsah, I., & Istan, M. 2023. “Kiat Penelitian Dengan Model Pendekatan Telaah Kepustakaan.” Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 7(1):117. doi: 10.29240/tik.v7i1.6494.
Arofah, Dkk. 2015. “Gagasan Dasar Dan Pemikiran Pendidikan Islam K.H Ahmad Dahlan.” Tajdida: Jurnal Pemikiran Dan Gerakan Muhammadiyah 13(2):114–24.
Caraprofesor.com. n.d. “Pengertian Karakter Menurut Para Ahli Serta Proses Pembentukannya.” Www.Caraprofesor.Com.
Character.org. n.d. “Providing Global Leadership, Voice and Resources for Developing Character.” Https://Character.Org/.
Dalman, Dalman, Raehang Raehang, Laode Adhi Virama, and Kharis Sulaiman. 2022. “Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Diniyah : Jurnal Pendidikan Dasar 3(2):75. doi: 10.31332/dy.v3i2.5416.
ditsmp. 2022. “Pentingnya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Satuan Pendidikan.” Ditsmp.Kemdikbud.Go.Id.
El-Qurtuby, Usman. 2020. Al-Qur’an. Iwan Setia. Bandung: Qordoba.
Hidayat, Syarip. 2021. “Integrasi Nilai Islam Dalam Pendidikan: Pembelajaran Integratif Di SMA Islam Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 16(1):141–56. doi: 10.19105/tjpi.v16i1.4665.
Hidayatulloh, Taufik, Theguh Saumantri, and Zulmi Ramdani. 2024. “Integrating Living Values Education into Indonesian Islamic Schools : An Innovation in Character Building.” 22(1):137–52. doi: 10.32729/edukasi.v22.i1.1743.
Ibad, Wasilatul. 2021. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Profil Pelajar Pancasila Wasilatul Ibad IAI Al Khoziny Sidoarjo Wasilatul Ibad Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam ... Pendahuluan Tujuan Pendidikan Yaitu Mampu Mencetak Generasi Yang Unggul Dan Ce.” Jurnal Qudwatuna 4(2):133–38.
Ilyas, Hamim. 2022. “Inklusi Sosial Dalam Perspektif Islam.” Suaraaisyiyah.Id.
Intania, Belita Yoan, Tri Joko Raharjo, and Arief Yulianto. 2023. “Faktor Pendukung Dan Penghambat Implementasi Profil Pelajar Pancasila Di Kelas IV SD Negeri Pesantren.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 6(3):629–46. doi: 10.37329/cetta.v6i3.2523.
Istiqomah. 2023. “Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.” Journal.Iainkudus.Ac.Id.
Joko Wahyono, M. P. 2024. “Pembelajaran Inovatif: Pandangan Ahli Untuk Meningkatkan Proses Belajar.” Nyontex.Com.
Kartiwan, Chindria Wati, Fauziah Alkarimah, and Ulfah. 2023. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 7(2):240. doi: 10.23887/jipp.v7i2.59576.
Kemdikbud.go.id. 2020. “Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.” Www.Kemdikbud.Go.Id.
Kemdikbud.go.id. 2022. “Empat Prinsip Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Ditsmp.Kemdikbud.Go.Id.
Kemdikbud.go.id. 2024. “Mengenal Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Pusatinformasi.Kolaborasi.Kemdikbud.Go.Id.
Kemendikbudristek. 2021a. Panduan Pengembangan Projek Peguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Jakarta.
Kemendikbudristek. 2021b. Panduan Pengembangan Proyek Pengauatan Profil Pelajar Pancasila "Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah (SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbudristek. 2022a. Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka.
Kemendikbudristek. 2022b. Permendikbudristek Nomor 22 Tahun 2022 Tentang: Standar Mutu Buku, Standar Proses Dan Kaidah Pemerolehan Naskah, Serta Standar Proses Dan Kaidah Penerbitan Buku.
Kemendikbudristekdikti. 2022. Permen Tentang Dimensi, Elemen, Dan Sub-Elemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka.
Kepmendikbudristek. 2022. Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta.
Liya Lisnawati, Wahyudin Wahyudin, and Jennyta Caturiasari. 2023. “Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial 1(3):48–78. doi: 10.61132/sadewa.v1i3.36.
Mayer, Richard. 2022. “Psychological and Brain Sciences UC Santa Barbara.” Psych.Ucsb.Edu.
Putra, Yusril Mustapa, Supardi, and Moh Liwa Irrubai. 2023. “Pembentukan Karakter Siswa : Studi Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Budaya Kerja ( P5BK ) Di SMKN 1 Masbagik.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8(3):2081–88. doi: https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.2289.
Rahmadani, Muhammad Ichsan, Umiarso, and Mohammad Kamaludin. 2023. “Integrasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PAI (Studi Kasus Di SMAN 2 Tanjung).” Indonesia Islamic Education Journal 1(2):69–80. doi: 10.37812/iiej.v1i2.905.
Safitri, Adiyono &. 2023. “Model Pendidikan Karakter Interaktif (Transformasi Disiplin Siswa Melalui Kreativitas Pembelajaran).” Jip) 1(6):977–91.
Sapitri, Desi. 2020. “Implementasi Projek Pengautan Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Di SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung.” (July):1–23.
Suttrisno, and Firda Zakiyatur Rofi’ah. 2023. “Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Guna Mengoptimalkan Projek Penguatan Pelajar Pancasila Madrasah Ibtidaiyah Di Bojonegoro.” Pionir 12(1). doi: 10.22373/pjp.v12i1.17480.
Suttrisno, Suttrisno, and Firda Zakiyatur Rofi’ah. 2023. “Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Guna Mengoptimalkan Projek Penguatan Pelajar Pancasila Madrasah Ibtidaiyah Di Bojonegoro.” Pionir: Jurnal Pendidikan 12(1):54–76. doi: 10.22373/pjp.v12i1.17480.
Suwandi, Hasan. 2023. “DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER BERKEBINEKAAN GLOBAL DI SMP NEGERI 18 BANDUNG.”
websitependidikan.com. 2019. “18 Nilai Dalam Pendidikan Karakter Versi Kemendiknas Dan Penjelasannya.” Websitependidikan.Com.
Zafira, Anisa, Dedek Kustiawati, Jasmine Fajria Putri Noor, and Mohammad Farhan Sopyan. 2022. “Library Research: Elastisitas Penawaran Terhadap Beberapa Bahan Pangan.” SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan 2(1):115–20. doi: 10.54443/sibatik.v2i1.506.
Zalsabella, P.D., Ulfatul, C. E., & Kamal, Moh. 2023. “Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Dan Moral Anak Di Masa Pandemi.” Journal of Islamic Education 9(1):43–63. doi: 10.18860/jie.v9i1.22808.
DOI: https://doi.org/10.23971/muallimun.v4i2.8824
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muh. Sulaiman Rifai Aprianus Rifai Mukin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111