Analisis Kepuasan Mahasiswa Ditinjau dari Kinerja Dosen dan Fasilitas Pembelajaran di STIT Al-Quraniyah Manna Bengkulu

Alfin Julianto, Nelda Sari Siregar, Kanti Aldino Hadi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kinerja dosen dan fasilitas pembelajaran dalam keberhasilan pembelajaran dan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menganalisis kepuasan mahasiswa program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dilihat dari sisi kinerja dosen dan fasilitas pembelajaran di STIT Al-Quraniyah Manna Bengkulu.  Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Pupolasi dan sampel dalam penelitian ini ialah mahasiswa Prodi PGMI di STIT Al-Quraniyah Manna Bengkulu. Hasil penelitian yaitu, pertama, aspek kinerja dosen dilihat dari dimensi tangible, reability, responsiveness, assurance, dan empaty terdapat 54,87 % mahasiswa merasa sangat puas, 30,12 % merasa puas, 12,75 % merasa cukup puas, dan 2,65 % merasa kurang puas. Artinya tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen dikategorikan puas. Kedua, aspek sarana dan prasarana dilihat dari tiga dimensi yaitu, aspek kecukupan, aspek aksesbilitas, aspek kualitas sarana dan prasarana terdapat 26,60 % sangat puas, 37,12 %, dan 34,93 cukup puas, dan 1,35 % kurang puas. Artinya tingkat kepuasan mahasiswa pada aspek sarana dan prasarana dapat dikategorikan puas.

Keywords


Analisis kepuasan, kinerja dosen, fasilitas pembelajaran

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 164 times | PDF view : 58 times

References


Adiawaty, S. (2020). Pandemi covid-19 dan kinerja dosen (study kasus kinerja dosen pada pt xyz). Esensi: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 185–191.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aswati, S., Mulyani, N., Siagian, Y., & Syah, A. Z. (2015). Peranan sistem informasi dalam perguruan tinggi. Jurteksi Royal Edisi2.

Darwis, M. (2016). Pendidikan Entrepreneurship dalam Pespektif Global. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 112–128.

Dunggio, T. (2023). Hubungan Antara Sarana Prasarana, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Mahasiswa: Perspektif dan Implikasinya. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis Dan Manajemen–Oktober-Januari, 4(3).

Fauzi, H. (2020). Strategi pendidikan karakter di perguruan tinggi. At-Ta’lim: Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(1), 60–77.

Hamalik, O. (2003). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Jamil, J. (2022). Optimalisasi Layanan Tutorial Online dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Bantuan Belajar Online Mahasiswa UT. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(2), 141–150.

Lestari, D., Pratama, R. A. A., & Anggraeni, S. D. (2023). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 101–113.

Nadeak, B. (2020). Deskripsi Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Ratnaningrum, L. P. R. A. (2023). Analisis kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan akademik di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer Indonesia. Bussman Journal: Indonesian Journal of Business and Management, 3(1), 279–299.

Rokim, M. (2017). Studi Komparasi Profesionalisme Dosen Pns Dan Non Pns Di Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (Stain) Kediri Tahun Ajaran 2016-2017. IAIN Kediri.

Sopiatin, P., & Sikumbang, R. (2010). Manajemen belajar berbasis kepuasan siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra.

Suparji, M., & Julianto, A. (2023). Sistem Pengelolaan Pendidikan Pesantren Modern (Studi Kasus Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 Bogor). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 3(2), 93–103.

Wijayanti, F. A., Hudzaifah, H. M., & Lisa, U. F. (2023). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Bimbingan Akademik di Program Studi Sarjana Kebidanan. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 199–211.




DOI: https://doi.org/10.23971/muallimun.v4i2.8935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Alfin Julianto, Nelda Sari Siregar, Kanti Aldino Hadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi:

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111