Implementasi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19 Kelas 1 SD/MI Se Kalimantan Tengah

Mazrur Mazrur, Setria Utama Rizal, Muhammad Syabrina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid 19 kelas I di SD/MI se Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan Guru kelas I yang terdiri dari 16 sekolah SD/MI yang tersebar di 1 Kota dan 4 daerah tingkat 2 provinsi Kalimantan Tengah, yaitu kota Palangka Raya terdiri dari 4 SD/MI, Kapuas terdiri dari 4 SD/MI, Kotawaringin Timur terdiri dari 4 SD/MI, Pulang Pisau terdiri dari 2 SD/MI, dan Katingan terdiri dari 2 SD/MI. Teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman dengan teknik pengabsahan data triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pembelajaran daring dari 16 sekolah yang diteliti 15 sekolah melakukan pengurangan jam belajar selama 10 menit, sedangkan 1 sekolah lainnya selama 5 menit, dengan 1 sekolah yang tetap melaksanakan pembelajaran luring. Adapun media yang digunakan didominasi oleh Whatsapp, dan video call WA. Dalam pembelajaran PTMT diketahui dari 16 sekolah yang diteliti 50% menggunakan pergantian jam atau sesi, sedangkan 50% lainnya menggunakan pergantian hari masuk. Adapun strategi yang digunakan dalam PTMT diantaranya dengan penggunaan double camera. Selanjutnya dalam pembelajaran luring beberapa kegiatan sebagai usaha pencegahan learning loss yaitu dengan program Jam ke Nol dan matrikulasi.


Keywords


Implementasi; Pembelajaran masa pandemi; Kelas 1 SD/MI;

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 146 times | PDF view : 105 times

References


Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), 395–402.

Anastasia, A., Azzahra, A., Nisa, D. K., & Cendany, N. N. (2022). Tantangan Pembelajaran Sekolah Dasar pada Masa Pandemi di SDIT Asdu. ARZUSIN, 2(1), 119–129.

Anggrini, R., Chotimah, U., & Waluyati, S. A. (2017). Pengaruh Ketaatan Dalam Mengikuti Kegiatan Jam Ke Nol Terhadap Peningkatan Nilai-Nilai Religius Pada Siswa di SMA Negeri 11 Palembang. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 4(2).

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13–25.

Astuti, A. D., & Prestiadi, D. (2020). Efektivitas penggunaan media belajar dengan sistem daring ditengah pandemi Covid-19. Prosiding Web-Seminar Nasional (Webinar) (Vol. 20, hlm. 129–135).

Astuty, W., & Suharto, A. W. B. (2021). Desain Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Daring dengan Kurikulum Darurat. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 81–96.

BPS, K. T. (2020). Provinsi Kalimantan Tengah dalam Angka 2020. BPS Provinsi Kalimantan Tengah. Palangka Raya: BPS Provinsi Kalimantan Tengah.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid 19. Jurnal golden age, 4(01), 152–159.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Hardani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Indra Gunawan, H., Anwar, S., & Anggara, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran dan Pendidikan Ekonomi. Unpam Press. Unpam Press.

Kusuma, P. D. (2022). Optimalisasi Penggunaan Masker pada Penerapan Pembelajaran Hibrid di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 4(2), 248–255.

Nissa, S. F., & Haryanto, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 402–409.

Rahman, A., & Utama, L. S. (2020). Kebijakan pemerintah dalam pengendalian covid-19 di provinsi nusa tenggara barat. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa, 5(2), 48–71.

Rahmawati, N. R., Rosida, F. E., & Kholidin, F. I. (2020). Analisis pembelajaran daring saat pandemi di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 139–148.

Rohana, S. R. S. (2020). Model Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192–208.

Rosa, M. I. (2021). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Wafa Pada Siswa TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo (PhD Thesis). IAIN PONOROGO.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: Quantitative research approach. Deepublish.

Rukin, S. P. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53).

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71.

Suastika, N. S. (2019). Problematika Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57–64.

Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234–2244.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan anak usia dini, 5(1), 772.

Wijayanto, A. (2022). Akademisi Dalam Penuangan Gagasan, Strategi Serta Tantangan Dalam Pelaksanaan PTMT. OSF Preprints.

Wikanengsih, W., Nofiyanti, N., Ismayani, M., & Permana, I. (2015). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi terhadap RPP yang Disusun Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP di Kota Cimahi). Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 106–119.




DOI: https://doi.org/10.23971/muallimun.v4i2.8942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 mazrur mazrur, Setria Utama Rizal, Muhammad Syabrina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi:

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111