Pemanfaatan Media Pembelajaran Five In One Box Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini

Titik Rahayu, Finadatul Wahidah

Abstract


Five In One Box  merupakan  salah  satu media pembelajaran yang dirancang untuk membantu anak-anak dalam mengenal angka, huruf, dan konsep dasar lainnya melalui berbagai aktivitas yang terintegrasi dalam satu kotak. Media ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik dan bermanfaat bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran Five In One Box dalam mengembangkan kognitif anak usia dini. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Dengan analisis data yang digunakan adalah dengan langkah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah perencanaan pemanfaatan media pembelajaran Five In One Box dalam mengembangkan perkembangan kognitif anak dimulai dengan identifikasi kebutuhan media di KB Dharma Wanita, pemperolehan data, menciptakan alat peraga edukatif dan penyusunan strategi pembelajaran yang termuat dalam modul ajar. Pelaksanaan pemanfaatan media pembelajaran Five In One Box dimulai dengan pengenalan media Five In One Box. Guru KB Dharma Wanita tidak hanya menjadi fasilitator namun juga mengamati, mengarahkan dan membantu peserta didik dalam memahami kegiatan pembelajaran. Evaluasi perkembangan kognitif anak KB Dharma Wanita diukur menggunakan alat ukur yang meliputi tes pengetahuan dasar, kemampuan problem solving, dan kemampuan berpikir logis. Adapun teknik penilaian yang digunakan oleh guru KB Dharma Wanita dalam pemanfaatan media pembelajaran Five In One Box untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini antara lain Observasi, penilaian percakapan, dan portofolio.

Keywords


Media Pembelajaran; Five in One Box; Kognitif Anak Usia Dini;

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 58 times | PDF view : 31 times

References


Abdullah, R. (2015). Urgensi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kelas Mata pelajaran IPS Di Madrasah Tsanawiyah. Lantanida Journal, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/lj.v3i2.1657

Ardiana, R. (2021). Implementasi Media Pembelajaran Pada Kecerdasan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 20–27. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.47

Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043

Edward L. Deci, & M. Ryan, R. (1985). Intrinsic Motivation and Self- Determination in Human Behavior. New York: Springer.

Harummy, A., Anggraini, D., Widiana, E., & Sriati, F. (2023). Pengembangan Dan Pengelolaan Sumber Belajar Oleh Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 151–158. https://doi.org/https://doi.org/10.59342/jgt.v2i2.288

Hikmawati, H., Takasun, T., & Ariani, N. K. K. (2022). Upaya Meningkatkan Perkembangan Aspek Seni Anak Melalui Kegiatan Melukis Dengan Jari Di TK Gita Maharani. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 182–187. https://doi.org/10.29303/jppm.v5i2.3720

Insyiroh, L., Munawar, M., & Sagala, A. C. D. (2019). Perencanaan Media Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Anak Usia Dini. Seminar Nasional PAUD 2019, 220–227.

Juita, A. K., & Woga, T. (2023). Stimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Konkret di TK Negeri Harapan Bangsa Koelodat. Jurnal Citra Pendidikan Anak (JCPA), 2(3), 685–690. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index

Lee, J. S., & Ginsburg, H. P. (2007). what is appropriate mathematics education for four-year-olds? Journal of Early Childhood Research, 5(1), 2–31. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1476718X07072149

Lestariningrum, A., Khan, R. I., Wijaya, I. P., Wulansari, W., Yulianto, D., Dwiyanti, L., Prasetyo, D., Utomo, H. B., Iswantiningtyas, V., & Wati, E. K. (2022). Perencanaan Pembelajaran Kreatif Anak Usia Dini: Kajian Teoritis dan Praktis. Widina Bhakti Persada.

Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Remaja Rosdakarya.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Nuha Media.

Nurlaela, E. (2023). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(2), 102–110. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/wistara.v4i2.10566

Rahmi, R., Desyandri, & Murni, I. (2023). Pentingnya Perkembangan Kognitif Pada Anak. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5057–5065. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1297

Sulistiyani, T. (2022). Pengelolaan Sumber Belajar oleh Guru Pendidikan Agama Islam. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 40–52. https://doi.org/https://doi.org/10.46963/alliqo.v7i1.501

Wahyudi, M. Z. (2022). Kemampuan Kognitif Manusia Indonesia Masih Jadi Tantangan Besar. https://www.kompas.id/Baca/Humaniora

Wisra, O., & Nurhafizah, N. (2019). Profesionalisme Guru dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Bermutu di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 744–751. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.273

Wulandari, H., Komariah, K., & Nabilla, W. (2022). Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 78–89. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.91

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92–111. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p92-111.95

Zulwati, P. R., Fatmawati, F. A., & Agustina, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5- 6 Tahun Di Tk Aba 42 GBA. Jurnal Golden Age, 6(02), 635–647. https://doi.org/https://doi.org/ 10.29408/goldenage.v6i02.77360




DOI: https://doi.org/10.23971/muallimun.v4i1.8957

Article Metrics

Abstract view : 58 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rahayu, Wahidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi:

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111