Cyberdakwah: Internet Sebagai Media Baru Dalam Sistem Komunikasi Dakwah Islam

Ridwan Rustandi

Abstract


Di era globalisasi, kemunculan teknologi informasi dan komunikasi seperti internet membuka peluang baru untuk pengembangan dan proses penyebaran pesan-pesan dakwah. Internet dipandang sebagai ruang virtual yang mampu menyebarkan pesan dakwah secara efektif, mudah diakses, cakupan wilayah yang luas dan waktu yang tidak terbatas. Hal ini memunculkan wacana cyberdakwah, yakni sebuah aktifitas amar ma’ruf nahi munkar dengan menggunakan media internet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui analisis literatur yang didapatkan baik dari buku, jurnal dan sumber lainnya yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena cyberdakwah secara teoritik dipandang sebagai metode kontemporer dalam penyebaran pesan dakwah. Secara praktik, penggunaan media internet sebagai media baru dalam dakwah Islam membuka peluang untuk menyebarluaskan pesan-pesan dakwah secara masif dan signifikan. Dampak penelitian diharapkan mampu menjawab berbagai tantangan atas beberapa permasalahan cyberdakwah di Indonesia.

In the era of globalization, the emergence of information and communication technologies such as the internet opens new opportunities for the development and dissemination of propaganda messages. The internet is seen as a virtual space that can spread the message of preaching effectively, easily accessible, wide area coverage and unlimited time. This raises the discourse of cyberdakwah, which is an activity of the amar ma'ruf nahi munkar which uses internet media. This study uses a qualitative approach through the analysis of literature obtained both from books, journals, and other relevant sources. The results showed that the phenomenon of cyber-dakwah theoretically was seen as a contemporary method in spreading the message of da'wah. In practice, the use of internet media as new media in Islamic da'wah opens opportunities to disseminate da'wah messages massively and significantly. The impact of the research is expected to be able to answer various challenges over several issues of cyber propagation in Indonesia.

Kata Kunci: Cyberdakwah, Internet, Media Baru.


Article Metrics

Abstract view : 4582 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 3951 times

References


Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII), 2017. https://apjii.or.id/survei2017 diakses pada 18 November 2018.

Abdul Malik, Hatta. 2016. “Dakwah Media Internet: Komparasi Situs Islam di Amerika dan Indonesia” dalam Ilmu Dakwah, Vol. 36 No. 2.

Arifuddin. 2016. “Dakwah Through Internet: Challenges and Opportunities for Islamic Preachers in Indonesia” dalam Ar-Raniry: International Journal of Islamic Studies, Vol. 3 No. 1 June 2016.

Fakhruroji, Moch. 2011. Islam Digital. Bandung: Sega Arrasy.

Fakhruroji, Moch. 2018. “Digitalizing Islamic lectures: Islamic apps and religious engagement in contemporary Indonesia” dalam Contemporary Islam, Springer Published Online 24 September 2018.

Faroqi, Adam., & Ismail, Nanang. 2013. “Portal MUI Online: Optimalisasi Dakwah Islam melalui Internet (Studi Kasus MUI Kecamatan Ujungberung)” dalam ISTEK, Vol. 7 No. 1 Juli 2013.

Gibson. William. 1984. Neuromancer. Dialihbahasakan dan diterbitkan oleh Penerbit Mizan. Bandung.

Khoiruddin. 2012. ”Aktualisasi Dakwah dalam Perspektif Transformasi Sosial” dalam Al-Mishbah, Vol. 8 No. 1 Juni 2012.

Mazaya, Vyki. 2019. “Cyberdakwah sebagai Filter Penyebaran Hoax”, dalam Islamic Communication Journal, Vol. 4 No. 1 Januari-Juni 2019.

Piliang, Yasraf Amir. 2004. Dunia Yang Berlari: Mencari Tuhan-Tuhan Digital. Jakarta: PT Grasindo.

Piliang, Yasraf Amir. 2011. Bayang-Bayang Tuhan: Agama dan Imajinasi. Bandung: Mizan.

Saefulloh, Aris. 2012. “Cyberdakwah sebagai Media Alternatif Dakwah” dalam Islamica, Vol. 7 No. 1 September 2012.

Sirajuddin, Murniaty. 2014. “Pengembangan Strategi Dakwah melalui Media Internet (Peluang dan Tantangan)” dalam Al-Irsyad Al-Nafs, Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, Vol. 1 No. 1 Desember 2014.

SK, Ishadi. 1999. Prospek Bisnis Informasi Di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slouka, Mark. 2006. Ruang yang Hilang. Bandung: Mizan.

Sukayat, Tata. 2009. “Dakwah Melalui Internet: Kajian tentang Manajemen Penyebaran Informasi dalam Dakwah” dalam Prophetica, Vol. 1 No.1 Juni 2009.

Yoga S, Salman. 2015. “Dakwah di Internet: Konsep Ideal, Kondisi Objektif dan Prosfeknya” dalam Al-Bayan, Vol. 21 No. 31, Januari-Juni 2015.

Zaleski, Jeff. 1999. Spiritualitas Cyberspace: Bagaimana Teknologi Komputer Mempengaruhi Kehidupan Keberagamaan Manusia. Bandung: Mizan.




DOI: https://doi.org/10.23971/njppi.v3i2.1678

Article Metrics

Abstract view : 4582 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 3951 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
 

Editor and Administration Address

NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Palangka Raya
Jl. G. Obos (Kompleks Islamic Center) No. 24, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia

Phone: (0536) 3226356
Website: http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/nalar/
Email: jurnal-nalar@iain-palangkaraya.ac.id, mualimin@iain-palangkaraya.ac.id, heri.setiawan@iain-palangkaraya.ac.id

 

Flag Counter