KRITIK SEYYED HOSSEIN NASR TERHADAP KLAIM KEBENARAN MODERNISME
DOI:
https://doi.org/10.23971/njppi.v1i1.903Abstract
Filsafat bermula dari kekaguman terhadap yang sederhana, pada gilirannya mampu melahirkan ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang. Kekaguman itu ditandai dengan keinginan manusia menjawab rahasia alam, manusia, dan Tuhan. Manusia ingin memahami dan mengetahui apa yang dapat dilakukan terhadap apa yang mereka ketahui. Pertanyaan mendalam menjadi kebutuhan dan menghantui seperti: “Kenapa aku berada di jagad ini?â€; “Apakah yang dimaksud dengan pengetahuan?â€; “Apakah radikal itu?â€. Hal senada diungkapkan oleh Seyyed Hossein Nasr, kapan dan di mana pun berada, manusia tidak dapat menghindari pertanyaan mendasar dengan serius, “Siapakah manusia?†“Dari mana manusia berasal?†“Apa yang manusia kerjakan?†dan “Akan ke mana manusia pergi?†Leenhouwers berpendapat, dari sekian banyak pertanyaan, kalau diperas menjadi satu pertanyaan menentukan, yakni, “Apakah kebenaran itu?â€Kata Kunci: Sayyed Hossein Nasr, ModernismeReferences
BUKU
Armstrong, Karen, A History of God: the 4000-year Quests of Judaism Christianity and Islam, New York: Alfred A. Knopf, 1993.
Armstrong, Karen, Perang Suci, terj., Hikmat Darmawan, Jakarta: PT. Ikrar Mandiriabadi, 2011.
Bakar, Osman Tauhid dan Sains: Esei-Esei tentang Sejarah dan Filsafat Sains, terj. Yuliani Liputo, Bandung: PustakaHidayah, 1994.
Bakker, Anton, Metode-Metode Filsafat, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1986.
Bertens, K., Panorama Filsafat Modern, Jakarta: Gramedia, 1997.
------------------------, Sejarah Filsafat Yunani, Yogyakarta: Kanisius, 2002.
------------------------, Filsafat Barat Kontemporer Inggris - Jerman, Jakarta: Gramedia pustaka Utama, 2002.
Carruthers, Peter, Human Knowledge and Human Nature, New York: Oxford University Press, 1995.
Gie, The Liang, Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberti, 2000.
Hadiwijono, Harun, Sari Sejarah Filsafat Barat 2, Yogyakarta: Kanisius, 1980.
Hamersma, Harry, Tokoh-Tokoh Filsafat Barat Modern, Jakarta: Gramedia,1986.
Hardiman, F. Budi, Ilmu-Ilmu Sosial dalam Diskursus Modernisme dan Pasca-Modernisme, Suplemen Ulumul Qur’an, Nomor 1, Vol. V, Th. 1994.
Hadi, Hardono, Epistemologi,Yogyakarta: Kanisius, 1999.
Hadiwijono, Harun, Sari Filsafat Barat 2, Yogyakarta: Kanisius, 1980.
Harris, James F., Against Relativism: A Philosophical Defense of Method, Chicago: Open Court, 1992.
Jameelah, Maryam, Islam dan Modernisme, terj. A. Jainuri dan Syafiq A. Mughni, Surabaya: Usaha Nasional, tt.
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: SinergiPustaka Indonesia, 2012.
Kuntowijoyo, Islam sebagai Ilmu, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006.
Nasr, Seyyed Hossein, Intelektual Islam Teologi, Filsafat dan Gnosis, terj, Suharsono dan Jamaluddin MZ, Yogyakarta: CIIS Press, 1995.
Nasr, Seyyed Hossein, Man and Nature: the Spiritual Crisis in the Modern Man, Chicago: ABC International Group Inc, 1997.
Nasr, Seyyed Hossein, Islam Religion History and Civilization, New York: Harper One, 2003.
Nasr, Seyyed Hossein, The Heart of Islam: Enduring Values for Humanity, New York: Harper One, 2004.
Nasr, Seyyed Hossein, Islamic Philosophy from Its Origin to the Present: Philosophy In The Land of Prophecy, New York: Suny Press, 2006.
Nasr, Seyyed Hossein, Science and Civilization in Islam, Cambridge: The Islamic Texts Society, 2007.
Nasr, Seyyed Hossein, The Garden of Truth: The Vision and Promise of Sufism, Islam Mystical’s Tradition, New York: Harper One, 2008.
Nasr, Seyyed Hossein, Knowledge and the Sacred, New York: State University of New York Press, 2011.
Nasr, Seyyed Hossein, Tiga Mazhab Utama Fisafat Islam, terj., Ach Maimun Syamsuddin, Yogyakarta: IRCiSoD, 2014.
Nasr, Seyyed Hossein, Islam in the Modern World, New York: Harper One, 2012.
Leaman, Oliver, Pengantar Filsafat Islam Sebuah Pendekatan Tematis, terj. Musa Kazhimdan Arif Mulyadi, Bandung: Mizan, 2001.
Leenhouwers, P.,Manusia dalam Lingkungannya, terj. K.J. Veeger, Jakarta: Gramedia,1988.
Nasr, Seyyed Hossein, Tentang Tradisi, dalam Perennialisme MelacakJejak Filsafat Abadi, ed. Ahmad Norma Permata, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1996.
Newton-Smith, W.H.,The Rationality of Science, London: Routledge and Kegan Paul,1981.
Nielsen, Kai, Reason and Practice a Modern Introduction to Philosophy, New York: Harper and Row Publishers, 1971.
Permata, Ahmad Norma, Perrenialisme: Melacak Jejak Filsafat Abadi, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1996.
Poole, Ross, Moralitas dan Modernitas, terj.F. Budi Hardiman, Yogyakarta: Kanisius,1993.
Putro, Suadi, Islam Menghadapi Tantangan Kemodernan Pandangan MuhammaArkoun, dalam Tradisi Kemodernan dan Metamodernisme, ed. Johan Hendrik Meuleman, Yogyakarta: Lkis. 1996.
Purwadi, Agus, Teologi Filsafat dan Sains, Malang: UMM Press, 2002.
Reiser, Oliver L., Cosmic Humanism, Massachusetts: Schenkman Publishing CO, 1966.
Scruton, Roger, Sejarah Singkat Filsafat Modern dari Descartes sampai Wittgenstein, terj. Zainal Arifin Tandjung, Jakarta: Pantja Simpati, 1986.
Smith, Huston, Foreword dalam The Essential Seyyed Hossein Nasr, ed.William C. Chittick, Indiana: World Wisdom, 2007.
Solomon, Robert C., Higgins, Kathleen M., Sejarah Filsafat, terj. Saut Pasaribu, Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya, 2002.
Sugiharto, Bambang, Posmodernisme, Yogyakarta: Kanisius, 2001.
Verhaak, C., dan Imam, R. Haryono, Filsafat Ilmu Pengetahuan, Jakarta: Gramedia, 1989.
JURNAL
Sudarminta, J., “Sains dan Masalah Ketuhananâ€, dalam Diskursus, Vol. 1, No. 1. Hlm. 35-46. Jakarta: Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, 2002.
Wibisono, Koento, “Ilmu Pengetahuan Sebuah sketsa Umum Mengenai Kelahiran dan Perkembangan sebagai Pengantar untuk Memahami Filsafat Ilmu†dalam Tim Dosen Filsafat Ilmu Fakultas Filsafat UGM, Filsafat Ilmu Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu Pengetahuan, hlm. 1-10, Klaten: Intan Pariwara, 1997.