Karakteristik Pendidikan Islam Periode Nabi Muhammad Di Makkah dan Madinah
Abstract
Perkembangan dan transformasi pendidikan Islam tidak terlepas dari peran Nabi Muhammad  saw. sebagai pendiri pondasi yang kuat terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat Kota Makkah dan Madinah. Corak pendidikan Islam pada periode Nabi Muhammad di Makkah dan Madinah menggambarkan bahwa beliau bukan saja berperan sebagai tokoh penyebar Islam saja namun juga sebagai kepala pemerintahan. Nabi Muhammad saw. mengajarkan pendidikan Islam pada masyarakat Makkah dan Madinah dengan metode yang berbeda. Hal ini tidaklah mengherankan karena tantangan yang di hadapi pada saat proses penerapan yang berbeda sehingga terciptalah corak yang khas antara keduanya. Selama kepemimpinan Nabi Muhammad saw. perkembangan pendidikan Islam berhasil mengubah pola pikir serta tindakan masyarakat Arab menjadi lebih beradab, beriman kepada Allah, berakhlak mulia, cerdas, berkarakter, dan lain sebagainya.
Keywords:Â Karakteristik, Pendidikan Islam, Rasullulah
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 4128 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 11586 timesReferences
Al-Ghadban. 1992. Syaikh Munir Muhammad, Manhaj Haraki Strategi Pergerakan dan Perjuangan Politik dalam Sirah Nabi SAW., Jakarta: Rabbani Press.
Aly, Heri Noer. 1999. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
D. Marimba, Ahmad. 1998. Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Al Ma’arif.
Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahannya, Muqadimah.
Husain Haekal, Muhammad. 1972. Sejarah Hidup Nabi Muhammad, Jakarta: Tintamas.
Idris, Zahara. 1992. Pengantar Pendidikan, Jakarta: Grasindo.
Iqbal, Muhammad. 2015. Pola Pendidikan Islam Pada Periode Rasullulah, dalam JIPSA, Vol. 15. No. 17. November 2015.
Kamaruzzaman, 2007. Pola Pendidikan Islam Pada Periode Rasullulah: Makkah dan Madinah. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Nata, Abuddin. 2011. Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana.
Nizar, Samsul. 2001. Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama.
Tafsir, Ahmad. 1994. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Thohir, Ajid. 2014. Sirah Nabawiyah: Nabi Muhammad dalam Kajian Sosial Humianiora, Bandung: Penerbit Marja.
Zuhairini, dkk. 2008. Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.23971/njppi.v2i2.958
Article Metrics
Abstract view : 4128 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 11586 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
Editor and Administration Address
NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Palangka Raya
Jl. G. Obos (Kompleks Islamic Center) No. 24, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
Phone: (0536) 3226356
Website:Â http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/nalar/
Email: jurnal-nalar@iain-palangkaraya.ac.id, mualimin@iain-palangkaraya.ac.id, heri.setiawan@iain-palangkaraya.ac.id
Â