PENGARUH JENIS PRODUK PAKAIAN DAN PENETAPAN HARGA TERHADAP PERMINTAAN KONSUMEN DI KOTA PALANGKA RAYA
Abstract
Salah satu produk yang perkembangannya sangat cepat pada zaman sekarang ini berhubungan dengan pakaian. Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat tinggal (rumah). Manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi dan menutup dirinya. Namun seiring dengan perkembangan kehidupan manusia, pakaian juga digunakan sebagai simbol status, jabatan, ataupun kedudukan seseorang yang memakainya. Bisnis penjualan pakaian sekarang ini memang sangat berkembang, ini terbukti dengan semakin banyaknya muncul butik, distro dan online shop yang menjual berbagai jenis pakaian. Fenomena ini di akibatkan karena meningkatnya permintaan pasar. Untuk itu penelitian ini akan difokuskan pada pengaruh jenis produk pakaian dan penetapan harga terhadap permintaan produk di Kota Palangka Raya dengan studi kasus di Toko Yulia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh jenis produk pakaian dan penetapan harga terhadap permintaan produk.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan atau bisa disebut dengan field research dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Sampel penelitian berjumlah 400 responden konsumen yang membeli di Toko Yulia. Metode pengumpulan data penulis menggunakan angket.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai F sebesar 241,559. Apabila menggunakan F tabel sebesar 0,0983 maka artinya ada pengaruh secara signifikan antara jenis produk pakaian dan penetapan harga secara simultan terhadap permintaan produk. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,549 yang dapat diartikan bahwa variabel jenis produk pakaian dan penetapan harga mempunyai pengaruh sebesar 54,9 % terhadap variabel permintaan produk, sedangkan 45,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar dari variabel jenis produk pakaian dan penetapan harga. Dengan model Regresi linier berganda
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 1082 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 655 timesDOI: https://doi.org/10.23971/jaq.v4i1.1365
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Fuad Muhajirin Farid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JOURNAL AL-QARDH
Published by
Faculty of Islamic Economics and Business | Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
Jalan George Obos Komp. Islamic Centre, �Palangka Raya, Kal-Teng 73112, Indonesia
E-mail:�[email protected]
Phone: +6285248689402
Website: http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/qardh
pISSN 2354 - 6034�
eISSN 2599 - 0187
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.