PENGARUH JENIS PRODUK PAKAIAN DAN PENETAPAN HARGA TERHADAP PERMINTAAN KONSUMEN DI KOTA PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.23971/jaq.v4i1.1365Keywords:
permintaan produk, jenis dan penetapan harga, RegresiAbstract
Salah satu produk yang perkembangannya sangat cepat pada zaman sekarang ini berhubungan dengan pakaian. Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat tinggal (rumah). Manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi dan menutup dirinya. Namun seiring dengan perkembangan kehidupan manusia, pakaian juga digunakan sebagai simbol status, jabatan, ataupun kedudukan seseorang yang memakainya. Bisnis penjualan pakaian sekarang ini memang sangat berkembang, ini terbukti dengan semakin banyaknya muncul butik, distro dan online shop yang menjual berbagai jenis pakaian. Fenomena ini di akibatkan karena meningkatnya permintaan pasar. Untuk itu penelitian ini akan difokuskan pada pengaruh jenis produk pakaian dan penetapan harga terhadap permintaan produk di Kota Palangka Raya dengan studi kasus di Toko Yulia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh jenis produk pakaian dan penetapan harga terhadap permintaan produk. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan atau bisa disebut dengan field research dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Sampel penelitian berjumlah 400 responden konsumen yang membeli di Toko Yulia. Metode pengumpulan data penulis menggunakan angket.Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai F sebesar 241,559. Apabila menggunakan F tabel sebesar 0,0983 maka artinya ada pengaruh secara signifikan antara jenis produk pakaian dan penetapan harga secara simultan terhadap permintaan produk. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,549 yang dapat diartikan bahwa variabel jenis produk pakaian dan penetapan harga mempunyai pengaruh sebesar 54,9 % terhadap variabel permintaan produk, sedangkan 45,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar dari variabel jenis produk pakaian dan penetapan harga. Dengan model Regresi linier bergandaDownloads
Additional Files
Published
2020-01-02
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- Since 2021, editorial team have changed the copy right policy. the author holds the copyright.
Abstract viewed: 1161 times
PDF (Indonesian) downloaded: 674 times
Untitled (Indonesian) downloaded: 53 times