INTEGRASI DAKWAH DAN EKONOMI ISLAM

Authors

  • Husnul Hatimah
  • rahmad Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.23971/jaq.v2i1.822

Keywords:

Integrasi, Dakwah, Ekonomi Islam

Abstract

Tujuan dakwah adalah membuat perubahan dalam diri manusia, baik untuk membentuk sifat adil maupun aktual, baik individu maupun keluarga masyarakat, way of thinking atau cara berpikirnya berubah, way of life atau cara hidupnya berubah menjadi lebih baik ditinjau dari segi kualitas maupun kuantitas. Intinya dakwah bertujuan untuk mengubah sikap mental dan tingkah laku manusia yang kurang baik menjadi lebih baik atau meningkatkan kualitas iman dan Islam seseorang secara sadar dan timbul dari kemauannya sendiri tanpa merasa terpaksa siapapun. Selanjutnya dalam Ekonomi, Islam menempatkan bahwa tujuan ekonomi tidak hanya kesejahteraan duniawi saja, tapi juga untuk kepentingan yang lebih utama yaitu kesejahteraan ukhrawi. Tujuan utama penulisan ini adalah untuk mengkaji masalah-masalah mendasar sebagai berikut: pertama bagaimana integrasi dakwah dan ekonomi Islam?, serta bagaimana dakwah Ekonomi Islam dalam membangun ekonomi umat? Dengan demikian tujuan penulisan ini adalah untuk mengkaji integrasi dakwah dan ekonomi Isam; untuk mengetahui dakwah ekonomi Islam dalam membangun ekonomi umat.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi dakwah dan ekonomi Islam bertujuan agar manusia memperoleh kebahagian dunia dan akhirat (Falah). Ekonomi Islam dan dakwah merupakan sarana untuk menyeru manusia agar dalam tindak tanduknya dalam kegiatan muamalah terutama dalam kegiatan perekonomian agar sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam. Selanjutnya dakwah ekonomi islam dalam membangun ekonomi umat dilaksanakan dengan cara mengubah pola pikir masyarakat yang berideologi konsumtif menjadi produktif agar bisa menggerakaan roda perekonomian. Pengembangan teknologi meyesuiakan dengan kebutuhan zaman penting dilakukan agar tidak tertinggal, serta pengembangan keterampilan agar mampu bersaing. Selanjutnya agar memanfaatkan dengan benar lembaga dakwah, sehingga lembaga tersebut benar-benar optimal dalam membangun ekonomi umat

References

Ahmad, Amrullah. 2003. Dakwah Islam dan Perubahan Sosial. Yogyakarta: Primaduta.

Ahmad, M. Saefudin. 2005. Ekonomi dan Masyarakat dalam Perspektif Islam. Jakarta: Rajawali.

al-Assal, Ahmad Muhammad, Fathi Ahmad Ab al-Karim.1999. Sistem, Prinsip, dan Tujuan

Ekonomi Islam. terj. Imam saefudin. Bandung: Pustaka Setia.

Aris, Dakwah di bidang Ekonomi, http://arisemangatselalu.blogspot.co.id/2012/02/dakwahbidang-

ekonomi.html.

Aziz, Moh. Ali. 2004. Ilmu Dakwah, Cet. I, Jakarta: Prenada Media.

Bahtiar, M. Anis. Dakwah Kolaboratif: Model Alternatif Komunikasi Islam Kontemporer. Jurnal

Komunikasi Islam | Volume 03, Nomor 01, Juni 2013.

Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Farhanah, Sri Ana. Peran Ekonomi Islam dalam Dakwah Nabi Muhammad SAW. Alhadharah

Jurnal Ilmu Dakwah Vol.14 No.28, Juli-Desember 2015.

Gazali, Abdul Rahman, dkk. 2008. Fiqh Muamalat, Jakarta: Kencana.

Lubis, Ibrahim. 2204. Ekonomi Islam, SuatuPengantar 1. Jakarta: Kalam Mulia.

M. A. Mannan. 2006. Islamic Economic: Theory an Practice. Cambridge: The Islamic Academy.

Muhammad. 2007. Aspek Hukum Dalam Muamalat. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Muhammad, Munir, Wahyu Ilahi. 2006. Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana.

Muhammad. 2007. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Munir. 2003. Metode Dakwah. Jakarta: Kencana.

Nasution, Mustafa Edwin, dkk. 2007. Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana.

P3EI UII Yogyakarta. 2012 Ekonomi Islam. Jakarta: Rajawali Press

Downloads

Published

2018-03-30

Issue

Section

Artikel
Abstract viewed: 3016 times
PDF downloaded: 7271 times