Konseling Kelompok Dengan Teknik Scaling Untuk Mengatasi Masalah Motivasi Belajar Siswa

Indah Nur Aisyah, Romiaty Romiaty

Abstract


Motivasi belajar adalah daya penggerak dari dalam diri individu untuk melakukan kegiatan belajar untuk menambah pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman. Namun banyak siswa yang mengalami masalah pada motivasi belajarnya dilihat dari beberapa perilaku yang ditampakkan yaitu: siswa tidak mengerjakan tugas, tidak konsentrasi saat belajar, dan tidak mengikuti pelajaran pada kelas onlinenya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik scaling dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Penelitian ini merupakan penelitian Pre- Experimental Design dengan jenis One-Group Pre-test-Post-test Design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sehingga siswa kelas X MIPA MAN Kota Palangka Raya ditetapkan sebagai sampel dalam penelitian ini. Peneliti juga membagian kuesioner untuk mengetahui ada tidaknya perbaikan dalam motivasi belajar siswa. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dari Uji Paired Samples T-tes. Dapat dilihat dari hasil analisis data bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok eksperimen dari sebelum diberikan konseling kelompok dengan teknik scaling, dimana persentasi rata-rata pada pre-test ketiga subjek adalah 59,81% termasuk kategori rendah kemudian setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik scaling hasil post-test ketiga subjek tersebut mengalami peningkatan sebesar 14,07% yaitu menjadi 73,88% termasuk dalam kategori tinggi. Kemudian dari hasil perhitungan nilai pre-test dan post-test dengan menggunakan Uji Paired Samples T-tes adalah 0,007. Jika 0,007 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik scaling untuk mengatasi masalah motivasi belajar siswa kelas X MIPA MAN Kota Palangka Raya. 

Article Metrics

Abstract view : 112 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 88 times

References


Dahlan, Tina Hayati. 2011. “Model Konseling Singkat Berfokus Solusi (Solution-Focused Brief Counseling) Untuk Meningkatkan Daya Psikologis Mahasiswa”. http://Bkpemula. Files. Wordpress. Com/2011/12/17-Tina-Hayati-Dahlan-Solution-Focusedbrief-Therapy. Pdf.

Ediyanto, Mara, Muhlasah Novitasari, dan Satyahadewi, Neva. 2013. “Pengklasifikasian Karakteristik Dengan Metode K-Means Cluster Analysis”. BIMASTER 2 (2): 133-136.

Emda, Amna. 2017. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran”. Lantanida Journal 5(2): 172-182.

Erford, Bradley T. 2015. 40 Techniques Every Counselor Should Know. Merrill.

Ermawati, H. 2010. “Terapi Berfokus Solusi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Mojolaban Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010.” Skripsi.

Fitri, Egy Novita, and Marjohan Marjohan. 2017. “Manfaat Layanan Konseling Kelompok Dalam Menyelesaikan Masalah Pribadi Siswa.” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 2 (2): 19–24.

Hartini, Tri Isti, Acep Kusdiwelirawan, and Intan Fitriana. 2014. “Pengaruh Berpikir Kreatif Dengan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Tes Open Ended.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3 (1).

Hayati, Sri Ayatina, and Aminah Aminah. 2020. “Solution-Focused Brief Group Counseling (Sfgc) Untuk Meningkatkan Self-Acceptance Pada Anak Broken HOME.” Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Dan Kemasyarakatan 4 (2): 76–86.

Istiqomah, khoirul, and M Si Kholilurrohman. 2020. “Implementasi Teknik Self Instruction Untuk Mengatasi Learning Plateu Pada Penerima Manfaat Di Panti Pelayanan Sosial Anak (Ppsa) Tawangmangu”. Skripsi, IAIN surakarta.

Juhanda, Aa. 2016. “Analisis Soal Jenjang Kognitif Taksonomi Bloom Revisi Pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Biologi SMA”. Jurnal Pengajaran MIPA 21 (1): 61–66.

Lestari, Widta. 2010. “Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Maftuhatin, Lilik. 2014. “Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di Kelas Inklusif Di SD Plus Darul’ulum Jombang.” Religi: Jurnal Studi Islam 5 (2): 201–27.

Nasution, Hamni Fadlilah. 2016. “Instrumen Penelitian Dan Urgensinya Dalam Penelitian Kuantitatif.” Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman 4 (1): 59–75.

Rachmawati, Hernanda Rizky. 2018. “Menggali Nilai Filosofi Budaya Jawa Sebagai Sumber Karakter Generasi Milenial: Konseling SFBT.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling 2: 327–37.

Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.

———. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Uno, Hamzah B. 2021. Teori Motivasi Dan Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.23971/js.v2i2.3877

Article Metrics

Abstract view : 112 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indah Nur Aisyah, Romiaty Romiaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.