Layanan Informasi PIK-R Barigas Sebagai Upaya Meningkatkan Pemafhuman Kesehatan Reproduksi Remaja: Studi Pada Pik-R Barigas IAIN Palangka Raya
Abstract
Upaya penyelesaian untuk mengatasi permasaahan kesehatan reproduksi remaja yang dilakukan oleh BKKBN adalah dengan membuat organisasi pusat informasi dan konseling remaja (PIK-R) sebagai wadah yang dikelola untuk dan oleh remaja. Salah satu PIK-R yang ada di Kota Palangka Raya khususnya di perguruan tinggi IAIN Palangka Raya adalah PIK-R Barigas. Namun dilihat dari wawancara sekilas kepada mahasiswa umum yang ada di IAIN Palangka Raya tidak banyak yang mengetahui tentang kesehatan reproduksi. Untuk itu pentingnya mengetahui pelaksanaan ayanan informasi yang diberikan oleh PIK-R Barigas dan kebermanfaatan layanan informasi yang diberikan terkait dengan kesehatan rproduksi remaja. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku yang dapat diamati dari orang-orang (subyek) itu sendiri, persepsi, motivasi dan tindakan dari ucapan atau tulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan informasi tentang kesehatan reproduksi remaja sudah berjalan cukup baik untuk anggota PIK-R Barigas yang menerima layanan informasi namun sebaliknya mahasiswa umum yang menuntut ilmu di kampus IAIN Palangka Raya tidak banya mengetahui kesehatan reproduksi itu sendiri. Dengan adanya kegiatan yang dilakukan ini dapat memberikan pengetahuan yang baik bagi remaja yang mengikuti, baik dalam segi materi, waktu, metode pelaksanaan layanan informasi ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Layanan informasi yang dilakukan oleh PIK-R Barigas hanya dirasakan oleh mahasiswa yang menjadi anggota dari PIK-R Barigas sementara seyogyanya adanya PIK-R Barigas di IAIN Palangka Raya hendaknya memebrikan manfaat kepada mahasiswa umum IAIN Palangka Raya, hal ini disebabkan karena kurang aktifnya PIK-R Barigas dalam memberikan informasi kepada mahasiswa umum tentang kesehatan reproduksi remaja, dan kurang aktifnya media sosial yang dimiliki oleh PIK-R Barigass dalam memberikan layanan informasi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 141 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 97 timesReferences
Arikunto. Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Pusat Statistik. 2016. Sensus Penduduk Indonesia 2016. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
BKKBN. 2012. Pedoman Penglolaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja dan Mahasiswa (PIK Remaja/Mahasiswa). Jakarta: BKKN.
Corbin, Juliet dan Strauss, Anselm. 2009. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Diretorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Pendidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Bagian Proyek Penngkatan Akademik. 2004. Dasar Standarisasi Profesi Konseling. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Herdiansyah. Haris. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.
Imron, Ali. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif). Jakarta: GP Press.
Jatmika Sidik, Dwiko. 2010. Genk Remaja. Yogyakarta : Kanisius
Kemenkes RI. Infodatin: Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. Jakarta Kemenkes RI, 2015.
Khamim Z. P. 2017. “Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja.†APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama 17 (1).
Komarudin. 1994. Ensiklopedia Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Kriyantono. Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Malang: Perdana Media Group
Kumalasari, Intan & Iwan Andhyantoro. 2012. Kesehatan Reproduksi Untuk Mahasiswa Kebidanan dan Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Lubis, Namaora Lumongga. 2013. Psikologi Kespro. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Margono. S. 2005. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, J. Lexy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
_____________. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Remaja.
Noeng. Muhajir. 2007. Metodologi Keilmuan: Paradigma, Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Notoatmodjo, S. 2007. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. Yatin. 2001. Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_______. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2003. Metodol.ogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Tjasmini, Mimin. 2014. “Pembeajaran Bina Diri Dalam Membantu Pemahaman Kesehatan Reproduksi pada Remaja Putri Tunagrahita.†Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia. 1(2).
Tohirin. 2008. Bimbingan Konseling di Sekolah da Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.23971/js.v2i2.3878
Article Metrics
Abstract view : 141 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 97 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Vio Fajar Wanto, Desi Erawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
Editor and Administration Address
SYAMS: Jurnal Kajian Keislaman
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Palangka Raya
Jl. G. Obos (Kompleks Islamic Center) No. 24, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
Phone: (0536) 3226356
Website:Â https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/syams
Email: muhammad.iqbalgtb@gmail.com, heri.setiawan@iain-palangkaraya.ac.id