Hubungan Gaya Pengasuhan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Anak

Ferry Humaini, Arini Safitri

Abstract


Gaya pengasuhan merupakan suatu sistem atau cara orang tua mendidik, mengasuh serta membimbing anak sesuai dengan gaya pengasuhan terbaik yang orang tua berikan, agar anak bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan apa yang orang tua harapkan. Jenis gaya pengasuhan terdiri dari Gaya pengasuhan Otoriter (authoritarian), Gaya pengasuhan Demokratis (authoritative) dan Gaya pengasuhan Permisif. Prestasi ialah penguasaan pengetahuan ataupun ketrampilan yang ditunjukkan dengan hasil dari proses belajar-mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dekstriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif yang di analisis menggunakan software SPSS versi 25.0 dengan rumus uji Chi-Square. Responden dari penelitian ini adalah orang tua di Gg. Giat yang mempunyai anak usia SD dengan sampel berjumlah 34 orang. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan pilihan STS (Sangat Tidak Setuju) skor 1, TS (Tidak Setuju) skor 2, S (Setuju) skor  3, SS (Sangat Setuju) skor 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang paling dominan adalah otoriter dengan jumlah 26, dari 3 gaya pengasuhan, hanya satu yang memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar yaitu gaya pengasuhan demokratis dengan nilai P Value sebesar 0.031, nilai P Value lebih kecil dari alpha (0.05), Maka Ho ditolak, artinya gaya pengasuhan demokratis berhubungan secara signifikan dengan prestasi belajar. Kemudian gaya pengasuhan otoriter dengan P Value sebesar 0.106, nilai P Value lebih besar dari alpha (0.05), maka Ho diterima, artinya gaya pengasuhan otoriter tidak berhubungan secara signifikan dengan prestasi belajar, sedangkan gaya pengasuhan permisif dengan P Value sebesar 1.000, nilai P Value lebih besar dari alpha (0.05), maka Ho diterima, artinya gaya pengasuhan otoriter tidak berhubungan secara signifikan dengan prestasi belajar.

Article Metrics

Abstract view : 104 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 75 times

References


Affandi, Muhammad. 2018. “Manfaat Literasi Finansial Terhadap Keberlanjutan Usaha Mikro”. Jurnal AKRAB 9 (2): 84-94.

Afiah, Izmah. 2012. “Korelasi Antara Potensi Akademik, Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Pada Siswa Kelas X Program Unggulan MAN Tambakberas Jombang.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Agustina, A., & Appulembang, Y.A. 2017. “Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kualitas Hidup Siswa Pelaku Tawuran.” Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni 1(1): 210-215.

Anggrayni, Yessi. 2011. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Pengawetan Di SMK Negeri 1 Pandak, Bantul, D.I Yogyakarta (Studi Kasus SMK Negeri 1 Teknologi Hasil Pertanian 1).” Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Andani, Savira Elistya. 2017. “Hubungan Pola Asuh Wanita Karir Terhadap Tumbuh Kembang Motorik Pada Anak Usia 3-5 Tahun Di Kelurahan Purbayan Sukoharjo.” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Astuti, Siwi Puji. 2015. “Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika”. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 5 (1).

Daulay, Nurussakinah. 2014. “Pola Asuh Orang Tua Dalam Prespektif Psikologi Dan Islam”. Darul Ilmi: Jurnla Ilmu Kependidikan dan Keislaman 2 (2).

Djazari, Muhammad. 2011. “Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa Program Kelanjutan Studi Jurusan Pendidikan Akuntansi Ditinjau Dari IPK D3 Dan Asal Perguruan Tinggi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 9 (2).

Hakim, Siti Nurina. 2013. “Peran Pola Asuh Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa”. Dalam Prosiding Seminar Nasional Parenting.

Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Hasnawati. 2013. “Pendidikan Akhlak Dalam Pola Asuh Orang Tua”. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, 28 (3): 439:454.

Hindayanti, Wiwik. 2017. “Peranan Orang Tua Dengan Pola Asuh Demokratis Terhadap Prestasi Anak Di Desa Sipatuhu Kecamatan Banding Agung Kabupaten Oku Selatan.” Skripsi, UIN Raden Intan Lampung.

Imroatun, Imroatun, Ine Nirmala, Juhri Juhri, And Birru Muqdamien. 2020. “Kajian Literatur Pengasuhan Anak Usia Dini Dalam Islam.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 57–66.

Iyam Maryam, Sari Defia Rizki. 2017. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah Dasar Kelas II dan III.” Skripsi.

Kurniawan, Frans. 2019. “Citra Perempuan Sholehah Dalam Film Suzzanna Bernafas Dalam Kubur.” Skripsi, IAIN Palangka Raya.

Missiliana & Vida Handayani. 2014. “Identifikasi Parenting Belief Pada Remaja Dan Orangtua Di Kota Bandung : Pendekatan Psikologi Psikologi Indigenous.”Jurnal Psikologi Universitas Kristen Maranatha 2 (10).

Nabella. 2017. “Pelaksanaan Shalat Dalam Pembiasaan Nilai Moral Pada Anak Dalam Keluarga Buruh Di Wilayah Puntun RT 07 RW 26 Kelurahan Pahandut Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya.” Skripsi, IAIN Palangka Raya.

Ningrum, Wulan Ratna. 2016. “Pengaruh Peranan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Di Kecamatan Bogor Barat.” Jurnal Pendidikan 17 (2): 129–37.

Nur, Andi Saparuddin, And Berdinata Massang. 2016. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri Di Kota Merauke.” Suska Journal Of Mathematics Education 2 (2): 89–96.

Prabasari, Bonita, And Subowo Subowo. 2017. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening.” Economic Education Analysis Journal 6 (2): 549–58.

Ruli, Efrianus. 2020. “Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak.” Jurnal Edukasi Nonformal 1 (2): 143–46.

Setiarani, Suci, And Yudhie Suchyadi. 2018. “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Tuna Netra Berprestasi Usia Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (Jppguseda) 1 (1): 15–18.

Sugiyono. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

_______. . 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, Bambang, Eha Soriha, And Yuli Rahmawati. 2018. “Pengaruh Gaya Pengasuhan Orang Tua, Konsep Diri, Dan Regulasi Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa.” Jurnal Ilmu Pendidikan 23 (2).

Wahidmurni. 2017. Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif.

Yarida. 2011. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Ddi Gattareng.” Skripsi, UIN Alauddin Makassar.

Yusman, Elza. 2013. “Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Prestasi Belajar Anak SD Negeri 05 PT Kelas 2 Di Meruya Selatan Jakarta Barat.”. Skripsi, Universitas Esa Unggul Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.23971/js.v2i2.3879

Article Metrics

Abstract view : 104 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ferry Humaini, Arini Safitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.