Iklan Madu HNI di Instagram dalam Pasar Komodifikasi Islam
DOI:
https://doi.org/10.23971/js.v3i1.4628Abstract
Komodifikasi agama di Indonesia kini marak terjadi. Agama kerap dilibatkan dalam setiap lini kehidupan, termasuk dalam bidang ekonomi. Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia memiliki potensi pasar muslim yang menjanjikan. Dalam proses pemasaran produk, tidak jarang para produsen menggunakan isu agama guna menarik perhatian konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini penting dilakukan untuk melihat bagaimana relasi antara agama dan marketing di Indonesia. Penelitian ini akan mengkaji tentang komodifikasi agama yang dilakukan oleh perusahaan Halal Network International (HNI). HNI adalah sebuah perusahaan yang memiliki standardisasi halal yang bergerak di bidang produk herbal. Salah satu produk HNI adalah madu. Iklan madu HNI inilah yang menjadi kajian penelitian.References
Affandi, Nurrochmat Nadjib. 2019. Kelor Tanaman Ajaib Untuk Kehidupan Yang Lebih Sehat. Deepublish.
Afrianty, Nonie, and Detri Agustina. 2020. ‘Pengaruh Islamic Branding Dan Product Ingredients Terhadap Minat Beli Produk PT.HNI HPAI Kota Bengkulu
Agil, Muhammad Khoirul Muntoha. 2016. ‘Cairan Lebah Dalam Surat An-Nahl Ayat 68-69: Kajian Sains Al-Qur
Akbar, Ilham, Ernida Kadir, and Yusfil Yusfil. 2022. ‘Pergelaran Tor-Tor Sombah pada Upacara Adat Kematian Saur Matua dalam Tinjauan Semiotika Peirce
Al-Qur
Arianti, Rizka Trisna, and Hadi Purnama. 2018. ‘Komodifikasi Kata Halal Pada Iklan Hijab Zoya Versi Cantik Nyaman Halal
Aulia Ulfah. 2020. ‘Analisis Sistem Pembagian Keuntungan Pada PT. Halal Network Internasional Herba Penawar Al-Wahida Indonesia (HNI-HPAI) Dalam Perspektif Akad Samsarah (Studi Kasus Di Kecamatan Ulee Kareng, Banda A
Ayuningtyas, Nurista Dida, Agustina Putri Pitarisa Sudarsono, and Tri Mulyani. 2018. ‘Formulasi Sabun Transparan Menggunakan Kombinasi Madu dan Daun Teh Hijau (Camelia Sinensis L.)
Aziz, Abd. 2021. ‘Representasi Semiotika Al-Qur
Banjarnohor, Astri Rumondang, Bonaraja Purba, Andriasan Sudarso, Syafrida Hafni Sahir, Risma Nurhaini Munthe, Iskandar Kato, Dyah Gandasari, et al. 2021. ‘Manajemen Komunikasi Pemasaran - Google Buku
Cahyadi, Martin Aristo, Boy Rahardjo Sidharta, and Nelsiani To
Dafrina, Armelia, Fidyati Fidyati, Firda Abadi, and Nova Purnama Lisa. 2022. ‘Kajian Makna Ornamen dan Makna Warna Ornamen Umah Pitu Ruang (Studi Kasus Umah Pitu Ruang di Desa Kemili, Aceh Tengah)
Elma, Muflihatul Zanah. 2022. ‘Meme Komik Sebagai Media Dakwah (Analisis Semiotik pada Postingan Komunitas Facebook
Falah, Abdul. 2017. ‘Wawasan Al-Qur
Faqihudin, Ahmad. 2019. ‘Nilai Pendidikan Islam Dari Karakter Lebah
Ferdian, Edo. 2021. ‘Batasan Jumlah Mahar (Maskawin) dalam Pandangan Islam dan Hukum Positif
Fitri, Mita Saskia. 2020. ‘Arsitektur Masjid Al-Musannif Kompleks Cemara Asri
Friyadi, Arif. 2021. ‘Studi Analisis Hadis Tib al-Nabawi dan Signifikansinya dalam Kesehatan Tubuh
Gurning, Linda RM, and Madalena Susilowati. 2019. ‘Analisa Visual Desain Kemasan Lipstik Creamatte Emina Terkait Segmentasi Pasar
Habibi, M. Dani. 2019a. ‘Simbol Agama Dan Organisasi Transnasional: Liwa
HNI. 2020. ‘Buku Panduan Virtual Kit
HPAI. n.d. ‘Profil Perusahaan
Husna, Asmaul. 2018. ‘Komodifikasi Agama: Pergeseran Praktik Bisnis Dan Kemunculan Kelas Menengah Muslim
Ilmi, Nur. 2018. ‘Kajian Semiotik dalam Iklan Kartu AS
Ilmi, Nur, and Hasyim Muhammad. 2018. ‘Semiotika Warna
Ipelona, Edika. 2021. ‘Sejarah Bendera Kuning Sebagai Makna Berduka
Jamal, Khairunnas, Najamuddin Siraj Harahap, and Derhana Bulan Dalimunthe. 2020. ‘Warna Dalam Al-Qur
KBBI Daring. 2022. ‘KBBI Daring
Krisna, Avni Amelia Putri, and Hidayah Budi Qur
Kusumayadi, Firmansyah, Aris Munandar, and Muhsanan. 2021. ‘Pelatihan Pembuatan Masker Daun Kelor Dalam Meningkatkan Pendapatan IRT Di Desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima
Langga, Fathin Hanifah, Hafiz Aziz Ahmad, and Alvanov Zpalanzani Mansoor. 2020. ‘Representasi Islami Dalam Animasi
Lindayani, Lilik Rita, Nurmin Suryati, Ade Chandra, Irma Magara, La Ode Marhini, and La Ode Hermin. 2021. ‘Upaya Peningkatan Imun Masyarakat Melalui Literasi Resep-Resep Tradisional Pada Masa Pandemi
Marfu
Masyfufah, Lilis, Aprilia Rose Mawati, Dyah Novitasari, and Devi Indah Puspitasari. 2020. ‘Evaluasi Kenyamanan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Seragam STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo
Maya Ria Sari, -. 2019. ‘Manajemen Supply pada HNI-HPAI Halal Mart BC.4 di Kota Pekanbaru Menurut Ekonomi Syariah
Moh. Komar, Mubarak Nur Hidayat. 2021. ‘Komodifikasi Nilai Islam dalam Produk Pasta Gigi Herbal Hpai di WhatsApp Purwokerto
Mualimin, Ari Yunaldi, Sunandar, and Alkadri. 2018. ‘Cultural Da
Muchtar. 2012. ‘Perilaku Komunitas Muslim Perkotaan Dalam Mengonsumsi Produk Halal
Mushaf Al-Qur
Musyarofah, Anna. 2020. ‘Bahasa Dan Peran Semiotika Dalam Studi Agama
Novitasari, Cindy, Bambang Anggoro, and Komarudin Komarudin. 2019. ‘Analisis Sarang Lebah Madu Dalam Geometri Matematika Dan Al-Qur
Nurhanifah. 2021. ‘Komunikasi Pemasaran PT. Halal Network International Herba Penawar Alwahida Indonesia dalam Meningkatkan Minat Beli Masyarakat
Nurhasanah, Lailiyah. 2020. ‘Komodifikasi Agama Islam dalam Iklan Televisi Pasta Gigi Sasha Siwak
Pramarsudhi, Savitri Abshari, Riky Azharyandi Siswanto, and Ganjar Gumilar. 2021. ‘Perancangan Identitas Visual Dan Media Promosi Gerakan Sosial Sustainable Fashion Di Indonesia
Putra, Agung Trihandono, Wanda Listiani, and Sri Rustiyanti. 2021. ‘Estetika Morfologi Motif Batik Kluwung Indramayu
Putra, Ivan Pratama, Rusbandi Rusbandi, and Derry Alamsyah. 2022. ‘Klasifikasi Penyakit Daun Jagung Menggunakan Metode Convolutional Neural Network
Putri, Nadia Diandra. 2019. ‘Kajian Semiotik Poster
Rangga, and Fadhlina Arief Wangsa. 2019. ‘Hadis-Hadis ‘Imamah dalam Perspektif Ahmad Lutfi Fathullah
Riswan, Riswan, Ismawati Ismawati, and Rosmiati Rosmiati. 2021. ‘Perbandingan Pola Konsumsi Daun Kelor Terhadap Kadar Haemoglobin Ibu Hamil Di Kecamatan Rumbia Jeneponto
Rosyid, A. Zaenur. 2016. ‘Komodifikasi Agama Dalam Islamic Tourism Dan Aktivitas Ekonomi
Safliana, Eka. 2020. ‘Al-Qur
Sari, Kartika Indria. 2020. ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Halal Network International - Herba Penawar Alwahida Indonesia (HNI-HPAI) Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Muslim Di Bandar Lampung (Studi Pada Business Center HNI-HPAI Cabang Lampung 3)
‘Senarai Perusahaan Bersertifikat
Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir Al-Mishbah Volume 7: Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur
Sholeh, Muhyiddin, and Achmad Farid. 2020. ‘Simbolisasi Dakwah HTI Pada Al-Ra
Solihin, Khabib. 2020. ‘Analisis Kebijakan Sertifikasi Produk Halal dalam Perspektif Perlindungan Kemaslahatan Umat
Sudrajat, Anjang, and Muhammad Sholahuddin. 2018. ‘Analisa Pengaruh Pencantuman Merek, Kemasan, Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Makanan Cepat Saji Waralaba Internasional Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi
Suhandra, Ika Rama. 2019. ‘Studi Komparatif Makna Konotasi Warna Dalam Budaya Masyarakat Barat Dan Masyarakat Suku Sasak Lombok Indonesia
Suranto, Adji. 2007. Terapi Madu. Jakarta: Niaga Swadaya.
Suryani, Cahya. 2020. ‘Disinformasi Pembakaran Bendera Kalimat Tauhid
Syafi
Syarbini, Amirulloh, and Sumantri Jamhari. 2012. Kedahsyatan Membaca Al-Qur
Syuhriatin, Syuhriatin. 2019. ‘Uji Kemurnian Madu Yang Dihasilkan Lebah Spesies Cerana Sp. Dan Trigona Sp. Dengan Metode HMF (Hidroksi Methyl Furfural)
Tamami, Badrut. 2019. ‘Dikotomi Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Umum Di Indonesia
Tyas, Dyah Purwaning. 2012. ‘Medan Makna Ranah Warna dalam Bahasa Indonesia
Wijaya, Claudia Windasari. 2018. The Beauty Is In You. Absolute Media.
Zulaika, Siti. 2020. ‘Praktik Pembacaan Surah Yasin pada Masyarakat Desa Candimulyo, Madiun, Jawa Timur