Iklan Madu HNI di Instagram dalam Pasar Komodifikasi Islam

Lulu Al Annafis, Ahmad Nawawi, Favi Aditya Ikhsan

Abstract


Komodifikasi agama di Indonesia kini marak terjadi. Agama kerap dilibatkan dalam setiap lini kehidupan, termasuk dalam bidang ekonomi. Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia memiliki potensi pasar muslim yang menjanjikan. Dalam proses pemasaran produk, tidak jarang para produsen menggunakan isu agama guna menarik perhatian konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini penting dilakukan untuk melihat bagaimana relasi antara agama dan marketing di Indonesia. Penelitian ini akan mengkaji tentang komodifikasi agama yang dilakukan oleh perusahaan Halal Network International (HNI). HNI adalah sebuah perusahaan yang memiliki standardisasi halal yang bergerak di bidang produk herbal. Salah satu produk HNI adalah madu. Iklan madu HNI inilah yang menjadi kajian penelitian. Artikel ini akan mendeskripsikan bagaimana hubungan antara agama dan marketing pada konteks iklan madu HNI di akun Instagram @pthpai. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes yang akan menjelaskan tentang makna dan tanda-tanda komodifikasi agama pada iklan tersebut. Adapun teori yang digunakan adalah teori komodifikasi agama dan teori Consumer Ritualized Symbolic Practice (CRSP). Tulisan ini menyimpulkan, bahwa komodifikasi agama pada marketing produk HNI ini adalah: 1) Pada iklan madu HNI di Instagram terdapat dua simbol agama yang dikomodifikasi, yaitu potongan ayat Al-Qur'an berupa terjemahan surah An-Nahl:69 dan kata 'halal' pada logo nama perusahaan. 2) Melalui pemaknaan tanda denotasi, konotasi, dan mitos, ayat Al-Qur’an dan kata 'halal' dimaknai sebagai ikon keagamaan yang pada konsep ini diselubungkan ke dalam pasar.    

Article Metrics

Abstract view : 51 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 42 times

References


Affandi, Nurrochmat Nadjib. 2019. Kelor Tanaman Ajaib Untuk Kehidupan Yang Lebih Sehat. Deepublish.

Afrianty, Nonie, and Detri Agustina. 2020. ‘Pengaruh Islamic Branding Dan Product Ingredients Terhadap Minat Beli Produk PT.HNI HPAI Kota Bengkulu’. Journal of Islamic Economics and Finance Studies 1 (2): 121–36. https://doi.org/10.47700/jiefes.v1i2.2057.

Agil, Muhammad Khoirul Muntoha. 2016. ‘Cairan Lebah Dalam Surat An-Nahl Ayat 68-69: Kajian Sains Al-Qur’an Dalam Kitab Tafsir Aljawahir’. Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/13851/.

Akbar, Ilham, Ernida Kadir, and Yusfil Yusfil. 2022. ‘Pergelaran Tor-Tor Sombah pada Upacara Adat Kematian Saur Matua dalam Tinjauan Semiotika Peirce’. Bercadik: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni 5 (2): 98–104. https://doi.org/10.26887/bcdk.v5i2.2488.

Al-Qur’an dan Terjemah. 2009. Al-Qur’an Dan Terjemah. Bandung: Marwah.

Arianti, Rizka Trisna, and Hadi Purnama. 2018. ‘Komodifikasi Kata Halal Pada Iklan Hijab Zoya Versi Cantik Nyaman Halal’. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi) 4 (2): 160–69. https://doi.org/10.25124/liski.v4i2.1509.

Aulia Ulfah. 2020. ‘Analisis Sistem Pembagian Keuntungan Pada PT. Halal Network Internasional Herba Penawar Al-Wahida Indonesia (HNI-HPAI) Dalam Perspektif Akad Samsarah (Studi Kasus Di Kecamatan Ulee Kareng, Banda A’. Skripsi, UIN Ar-Raniry. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12814/.

Ayuningtyas, Nurista Dida, Agustina Putri Pitarisa Sudarsono, and Tri Mulyani. 2018. ‘Formulasi Sabun Transparan Menggunakan Kombinasi Madu dan Daun Teh Hijau (Camelia Sinensis L.)’. Jurnal Farmasi & Sains Indonesia 1 (1): 31–37.

Aziz, Abd. 2021. ‘Representasi Semiotika Al-Qur’an (Analisis Simbol Warna Putih)’. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran dan Keislaman 5 (01): 58–68. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v5i01.173.

Banjarnohor, Astri Rumondang, Bonaraja Purba, Andriasan Sudarso, Syafrida Hafni Sahir, Risma Nurhaini Munthe, Iskandar Kato, Dyah Gandasari, et al. 2021. ‘Manajemen Komunikasi Pemasaran - Google Buku’. 2021. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=6zspEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR15&dq=Astri+Rumondang+Banjarnahor+manajemen+komunikasi+pemasaran&ots=pgljqpp3Sc&sig=ZKbv3esf25lwB5bJGNn7DhSefps&redir_esc=y#v=onepage&q=Astri%20Rumondang%20Banjarnahor%20manajemen%20komunikasi%20pemasaran&f=false.

Cahyadi, Martin Aristo, Boy Rahardjo Sidharta, and Nelsiani To’bungan. 2019. ‘Karakteristik Dan Efektivitas Salep Madu Klanceng Dari Lebah Trigona Sp. Sebagai Antibakteri Dan Penyembuh Luka Sayat’. Biota : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Hayati, November, 104–9. https://doi.org/10.24002/biota.v4i3.2520.

Dafrina, Armelia, Fidyati Fidyati, Firda Abadi, and Nova Purnama Lisa. 2022. ‘Kajian Makna Ornamen dan Makna Warna Ornamen Umah Pitu Ruang (Studi Kasus Umah Pitu Ruang di Desa Kemili, Aceh Tengah)’. Arsitekno 9 (1): 1–13. https://doi.org/10.29103/arj.v9i1.6262.

Elma, Muflihatul Zanah. 2022. ‘Meme Komik Sebagai Media Dakwah (Analisis Semiotik pada Postingan Komunitas Facebook “Meme Dakwah Islam”)’. Skripsi, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/12385/.

Falah, Abdul. 2017. ‘Wawasan Al-Qur’an Tentang Lebah Dan Semut (Studi Perbandingan Tafsir)’. Skripsi, Institut PTIQ Jakarta. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/481/.

Faqihudin, Ahmad. 2019. ‘Nilai Pendidikan Islam Dari Karakter Lebah’. Tazkiyah 1 (1): 46–58.

Ferdian, Edo. 2021. ‘Batasan Jumlah Mahar (Maskawin) dalam Pandangan Islam dan Hukum Positif’. Jurnal Ilmiah Ahwal Syakhshiyyah (JAS) 3 (1): 49–59. https://doi.org/10.33474/jas.v3i1.10984.

Fitri, Mita Saskia. 2020. ‘Arsitektur Masjid Al-Musannif Kompleks Cemara Asri’. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/12970/.

Friyadi, Arif. 2021. ‘Studi Analisis Hadis Tib al-Nabawi dan Signifikansinya dalam Kesehatan Tubuh’. Jurnal Studi Hadis Nusantara 3 (2): 163–73. https://doi.org/10.24235/jshn.v3i2.9703.

Gurning, Linda RM, and Madalena Susilowati. 2019. ‘Analisa Visual Desain Kemasan Lipstik Creamatte Emina Terkait Segmentasi Pasar’. Magenta | Official Journal STMK Trisakti 3 (1): 437–51.

Habibi, M. Dani. 2019a. ‘Simbol Agama Dan Organisasi Transnasional: Liwa’ Dan Rayah Dalam Bendera Hizbut Tahrir Indonesia’. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya 4 (1): 57–68. https://doi.org/10.25217/jf.v4i1.404.

———. 2019b. ‘Interpretasi Semiotika Ferdinand De Saussure Dalam Hadis Liwa Dan Rayah’. Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hadis 1 (2): 115–24. https://doi.org/10.15548/mashdar.v1i2.612.

HNI. 2020. ‘Buku Panduan Virtual Kit’. Scribd. January 2020. https://id.scribd.com/document/384415466/Buku-Panduan-VirtualKit-pdf.

HPAI. n.d. ‘Profil Perusahaan’. PT HPAI - Herba Penawar Alwahida Indonesia (blog). Accessed 15 June 2022. http://hpaindonesia.net/v3/profil-perusahaan/.

Husna, Asmaul. 2018. ‘Komodifikasi Agama: Pergeseran Praktik Bisnis Dan Kemunculan Kelas Menengah Muslim’. Jurnal Komunikasi Global 7 (2): 227–39. https://doi.org/10.24815/jkg.v7i2.12050.

Ilmi, Nur. 2018. ‘Kajian Semiotik dalam Iklan Kartu AS’, April. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/9914.

Ilmi, Nur, and Hasyim Muhammad. 2018. ‘Semiotika Warna’, May.

Ipelona, Edika. 2021. ‘Sejarah Bendera Kuning Sebagai Makna Berduka’. KOMPAS.tv. 7 July 2021. https://www.kompas.tv/article/190448/sejarah-bendera-kuning-sebagai-makna-berduka.

Jamal, Khairunnas, Najamuddin Siraj Harahap, and Derhana Bulan Dalimunthe. 2020. ‘Warna Dalam Al-Qur’an Perspektif Fakhr Al-Din Al-Razi’. Aqlam: Journal of Islam and Plurality 5 (2). https://doi.org/10.30984/ajip.v5i2.1368.

KBBI Daring. 2022. ‘KBBI Daring’. April 2022. https://kbbi.kemdikbud.go.id/.

Krisna, Avni Amelia Putri, and Hidayah Budi Qur’ani. 2021. ‘Kritik Sosial Dalam Puisi “Karangan Bunga” Karya Taufik Ismail’. Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia 4 (2): 109–19. https://doi.org/10.26418/ekha.v4i2.44480.

Kusumayadi, Firmansyah, Aris Munandar, and Muhsanan. 2021. ‘Pelatihan Pembuatan Masker Daun Kelor Dalam Meningkatkan Pendapatan IRT Di Desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima’. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika (ABDIMANDALIKA) e-ISSN 2722-824X 2 (1 Juni): 42–47.

Langga, Fathin Hanifah, Hafiz Aziz Ahmad, and Alvanov Zpalanzani Mansoor. 2020. ‘Representasi Islami Dalam Animasi “Nussa” Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak’. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi 16 (2): 125–33. https://doi.org/10.24821/rekam.v16i2.3612.

Lindayani, Lilik Rita, Nurmin Suryati, Ade Chandra, Irma Magara, La Ode Marhini, and La Ode Hermin. 2021. ‘Upaya Peningkatan Imun Masyarakat Melalui Literasi Resep-Resep Tradisional Pada Masa Pandemi’. Jurnal PEPADU 2 (2). https://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/jurnalpepadu/article/view/312.

Marfu’ah. 2018. ‘Persepsi Konsumen Terhadap Produk Halal Network Internasional (HNI) Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) Di Kota Palangka Raya’. Skripsi, IAIN Palangka Raya. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/1917/.

Masyfufah, Lilis, Aprilia Rose Mawati, Dyah Novitasari, and Devi Indah Puspitasari. 2020. ‘Evaluasi Kenyamanan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Seragam STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo’. Jurnal Syntax Admiration 1 (2): 53–60. https://doi.org/10.46799/jsa.v1i2.24.

Maya Ria Sari, -. 2019. ‘Manajemen Supply pada HNI-HPAI Halal Mart BC.4 di Kota Pekanbaru Menurut Ekonomi Syariah’. Skripsi, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. http://repository.uin-suska.ac.id/23214/.

Moh. Komar, Mubarak Nur Hidayat. 2021. ‘Komodifikasi Nilai Islam dalam Produk Pasta Gigi Herbal Hpai di WhatsApp Purwokerto’. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/10371/.

Mualimin, Ari Yunaldi, Sunandar, and Alkadri. 2018. ‘Cultural Da’wah of Antar Pinang Pulang Memulangkan Tradition in Sambas Malay Society, West Kalimantan’. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 12 (2): 201–2013. https://doi.org/10.15575/idajhs.v12i2.1909.

Muchtar. 2012. ‘Perilaku Komunitas Muslim Perkotaan Dalam Mengonsumsi Produk Halal’. Harmoni 11 (2): 129–41.

Mushaf Al-Qur’an. 2011. Mushaf Al-Qur’an, Al-Qur’an Dan Tafsirnya Jilid V (Juz 13 s.d 15). V. Jakarta: Kementerian Agama.

Musyarofah, Anna. 2020. ‘Bahasa Dan Peran Semiotika Dalam Studi Agama’. Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagaman Dan Pendidikan Islam 15 (1). https://doi.org/10.32923/taw.v15i1.1352.

Novitasari, Cindy, Bambang Anggoro, and Komarudin Komarudin. 2019. ‘Analisis Sarang Lebah Madu Dalam Geometri Matematika Dan Al-Qur’an’. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 8 (June). https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1810.

Nurhanifah. 2021. ‘Komunikasi Pemasaran PT. Halal Network International Herba Penawar Alwahida Indonesia dalam Meningkatkan Minat Beli Masyarakat’. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial 13 (1): 127–37. https://doi.org/10.24114/jupiis.v13i1.22894.

Nurhasanah, Lailiyah. 2020. ‘Komodifikasi Agama Islam dalam Iklan Televisi Pasta Gigi Sasha Siwak’. Skripsi, IAIN Jember. http://digilib.uinkhas.ac.id/977/.

Pramarsudhi, Savitri Abshari, Riky Azharyandi Siswanto, and Ganjar Gumilar. 2021. ‘Perancangan Identitas Visual Dan Media Promosi Gerakan Sosial Sustainable Fashion Di Indonesia’. eProceedings of Art & Design 8 (6). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/16780.

Putra, Agung Trihandono, Wanda Listiani, and Sri Rustiyanti. 2021. ‘Estetika Morfologi Motif Batik Kluwung Indramayu’. ATRAT: Jurnal Seni Rupa 8 (2). https://doi.org/10.26742/atrat.v8i2.1525.

Putra, Ivan Pratama, Rusbandi Rusbandi, and Derry Alamsyah. 2022. ‘Klasifikasi Penyakit Daun Jagung Menggunakan Metode Convolutional Neural Network’. Jurnal Algoritme 2 (2): 102–12. https://doi.org/10.35957/algoritme.v2i2.2360.

Putri, Nadia Diandra. 2019. ‘Kajian Semiotik Poster “Bali Tolak Reklamasi” Karya Alit Ambara’. Journal of Contemporary Indonesian Art 5 (1): 24–41. https://doi.org/10.24821/jocia.v5i1.2522.

Rangga, and Fadhlina Arief Wangsa. 2019. ‘Hadis-Hadis ‘Imamah dalam Perspektif Ahmad Lutfi Fathullah’. Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu Al-Hadis 10 (2). https://doi.org/10.24252/tahdis.v10i2.12458.

Riswan, Riswan, Ismawati Ismawati, and Rosmiati Rosmiati. 2021. ‘Perbandingan Pola Konsumsi Daun Kelor Terhadap Kadar Haemoglobin Ibu Hamil Di Kecamatan Rumbia Jeneponto’. Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat 3 (1): 85–94. https://doi.org/10.36090/jkkm.v3i1.1097.

Rosyid, A. Zaenur. 2016. ‘Komodifikasi Agama Dalam Islamic Tourism Dan Aktivitas Ekonomi’. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman 5 (1): 109–23. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v5i1.106.

Safliana, Eka. 2020. ‘Al-Qur’an Sebagai Pedoman Hidup Manusia’. Jurnal Islam Hamzah Fansuri 3 (2). https://jurnal.kopertais5aceh.or.id/index.php/JIHAF/article/view/194.

Sari, Kartika Indria. 2020. ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Halal Network International - Herba Penawar Alwahida Indonesia (HNI-HPAI) Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Muslim Di Bandar Lampung (Studi Pada Business Center HNI-HPAI Cabang Lampung 3)’. Skripsi, UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/9626/.

‘Senarai Perusahaan Bersertifikat – DSN-MUI’. n.d. Accessed 14 March 2022. https://dsnmui.or.id/sertifikasi/senarai-perusahaan-bersertifikat/.

Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir Al-Mishbah Volume 7: Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an. Lentera hati.

———. 2020. Tafsir Al-Lubab Jilid 2: Makna, Tujuan & Pelajaran Dari Surah-Surah Al-Qur’an. Lentera Hati.

Sholeh, Muhyiddin, and Achmad Farid. 2020. ‘Simbolisasi Dakwah HTI Pada Al-Ra’yah Dan Al-Liwa (Analilis Semiologi Roland Barthes)’. Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam 6 (2): 256–80. https://doi.org/10.36835/dakwatuna.v6i2.634.

Solihin, Khabib. 2020. ‘Analisis Kebijakan Sertifikasi Produk Halal dalam Perspektif Perlindungan Kemaslahatan Umat’. Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman 9 (1): 1–37. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v9i1.188.

Sudrajat, Anjang, and Muhammad Sholahuddin. 2018. ‘Analisa Pengaruh Pencantuman Merek, Kemasan, Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Makanan Cepat Saji Waralaba Internasional Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi’. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://doi.org/10/SURAT%20PERNYATAAN.pdf.

Suhandra, Ika Rama. 2019. ‘Studi Komparatif Makna Konotasi Warna Dalam Budaya Masyarakat Barat Dan Masyarakat Suku Sasak Lombok Indonesia’. Cordova Journal: Languages and Culture Studies 9 (1): 17–38. https://doi.org/10.20414/cordova.v9i1.1774.

Suranto, Adji. 2007. Terapi Madu. Jakarta: Niaga Swadaya.

Suryani, Cahya. 2020. ‘Disinformasi Pembakaran Bendera Kalimat Tauhid’. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 9 (2): 76–86. https://doi.org/10.14710/interaksi.9.2.76-86.

Syafi’i, Achmad Ghozali. 2018. ‘Warna Dalam Islam’. An-Nida’ 41 (1): 62–70. https://doi.org/10.24014/an-nida.v41i1.4637.

Syarbini, Amirulloh, and Sumantri Jamhari. 2012. Kedahsyatan Membaca Al-Qur’an. Ruang Kata.

Syuhriatin, Syuhriatin. 2019. ‘Uji Kemurnian Madu Yang Dihasilkan Lebah Spesies Cerana Sp. Dan Trigona Sp. Dengan Metode HMF (Hidroksi Methyl Furfural)’. Jurnal Avesina 13 (1): 43–49.

Tamami, Badrut. 2019. ‘Dikotomi Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Umum Di Indonesia’. Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2 (1): 85–96. https://doi.org/10.32528/tarlim.v2i1.2073.

Tyas, Dyah Purwaning. 2012. ‘Medan Makna Ranah Warna dalam Bahasa Indonesia’. January 2012. https://123dok.com/document/zx97oknz-universitas-indonesia-medan-makna-ranah.html.

Wijaya, Claudia Windasari. 2018. The Beauty Is In You. Absolute Media.

Zulaika, Siti. 2020. ‘Praktik Pembacaan Surah Yasin pada Masyarakat Desa Candimulyo, Madiun, Jawa Timur’, August. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52078.




DOI: https://doi.org/10.23971/js.v3i1.4628

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lulu Al Annafis, Ahmad Nawawi, Favi Aditya Ikhsan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.