Iklan Madu HNI di Instagram dalam Pasar Komodifikasi Islam

Authors

  • Lulu Al Annafis IAIN Palangka Raya
  • Ahmad Nawawi IAIN Palangka Raya
  • Favi Aditya Ikhsan

DOI:

https://doi.org/10.23971/js.v3i1.4628

Abstract

Komodifikasi agama di Indonesia kini marak terjadi. Agama kerap dilibatkan dalam setiap lini kehidupan, termasuk dalam bidang ekonomi. Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia memiliki potensi pasar muslim yang menjanjikan. Dalam proses pemasaran produk, tidak jarang para produsen menggunakan isu agama guna menarik perhatian konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini penting dilakukan untuk melihat bagaimana relasi antara agama dan marketing di Indonesia. Penelitian ini akan mengkaji tentang komodifikasi agama yang dilakukan oleh perusahaan Halal Network International (HNI). HNI adalah sebuah perusahaan yang memiliki standardisasi halal yang bergerak di bidang produk herbal. Salah satu produk HNI adalah madu. Iklan madu HNI inilah yang menjadi kajian penelitian.

References

Affandi, Nurrochmat Nadjib. 2019. Kelor Tanaman Ajaib Untuk Kehidupan Yang Lebih Sehat. Deepublish.

Afrianty, Nonie, and Detri Agustina. 2020. ‘Pengaruh Islamic Branding Dan Product Ingredients Terhadap Minat Beli Produk PT.HNI HPAI Kota Bengkulu

Agil, Muhammad Khoirul Muntoha. 2016. ‘Cairan Lebah Dalam Surat An-Nahl Ayat 68-69: Kajian Sains Al-Qur

Akbar, Ilham, Ernida Kadir, and Yusfil Yusfil. 2022. ‘Pergelaran Tor-Tor Sombah pada Upacara Adat Kematian Saur Matua dalam Tinjauan Semiotika Peirce

Al-Qur

Arianti, Rizka Trisna, and Hadi Purnama. 2018. ‘Komodifikasi Kata Halal Pada Iklan Hijab Zoya Versi Cantik Nyaman Halal

Aulia Ulfah. 2020. ‘Analisis Sistem Pembagian Keuntungan Pada PT. Halal Network Internasional Herba Penawar Al-Wahida Indonesia (HNI-HPAI) Dalam Perspektif Akad Samsarah (Studi Kasus Di Kecamatan Ulee Kareng, Banda A

Ayuningtyas, Nurista Dida, Agustina Putri Pitarisa Sudarsono, and Tri Mulyani. 2018. ‘Formulasi Sabun Transparan Menggunakan Kombinasi Madu dan Daun Teh Hijau (Camelia Sinensis L.)

Aziz, Abd. 2021. ‘Representasi Semiotika Al-Qur

Banjarnohor, Astri Rumondang, Bonaraja Purba, Andriasan Sudarso, Syafrida Hafni Sahir, Risma Nurhaini Munthe, Iskandar Kato, Dyah Gandasari, et al. 2021. ‘Manajemen Komunikasi Pemasaran - Google Buku

Cahyadi, Martin Aristo, Boy Rahardjo Sidharta, and Nelsiani To

Dafrina, Armelia, Fidyati Fidyati, Firda Abadi, and Nova Purnama Lisa. 2022. ‘Kajian Makna Ornamen dan Makna Warna Ornamen Umah Pitu Ruang (Studi Kasus Umah Pitu Ruang di Desa Kemili, Aceh Tengah)

Elma, Muflihatul Zanah. 2022. ‘Meme Komik Sebagai Media Dakwah (Analisis Semiotik pada Postingan Komunitas Facebook

Falah, Abdul. 2017. ‘Wawasan Al-Qur

Faqihudin, Ahmad. 2019. ‘Nilai Pendidikan Islam Dari Karakter Lebah

Ferdian, Edo. 2021. ‘Batasan Jumlah Mahar (Maskawin) dalam Pandangan Islam dan Hukum Positif

Fitri, Mita Saskia. 2020. ‘Arsitektur Masjid Al-Musannif Kompleks Cemara Asri

Friyadi, Arif. 2021. ‘Studi Analisis Hadis Tib al-Nabawi dan Signifikansinya dalam Kesehatan Tubuh

Gurning, Linda RM, and Madalena Susilowati. 2019. ‘Analisa Visual Desain Kemasan Lipstik Creamatte Emina Terkait Segmentasi Pasar

Habibi, M. Dani. 2019a. ‘Simbol Agama Dan Organisasi Transnasional: Liwa

HNI. 2020. ‘Buku Panduan Virtual Kit

HPAI. n.d. ‘Profil Perusahaan

Husna, Asmaul. 2018. ‘Komodifikasi Agama: Pergeseran Praktik Bisnis Dan Kemunculan Kelas Menengah Muslim

Ilmi, Nur. 2018. ‘Kajian Semiotik dalam Iklan Kartu AS

Ilmi, Nur, and Hasyim Muhammad. 2018. ‘Semiotika Warna

Ipelona, Edika. 2021. ‘Sejarah Bendera Kuning Sebagai Makna Berduka

Jamal, Khairunnas, Najamuddin Siraj Harahap, and Derhana Bulan Dalimunthe. 2020. ‘Warna Dalam Al-Qur

KBBI Daring. 2022. ‘KBBI Daring

Krisna, Avni Amelia Putri, and Hidayah Budi Qur

Kusumayadi, Firmansyah, Aris Munandar, and Muhsanan. 2021. ‘Pelatihan Pembuatan Masker Daun Kelor Dalam Meningkatkan Pendapatan IRT Di Desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima

Langga, Fathin Hanifah, Hafiz Aziz Ahmad, and Alvanov Zpalanzani Mansoor. 2020. ‘Representasi Islami Dalam Animasi

Lindayani, Lilik Rita, Nurmin Suryati, Ade Chandra, Irma Magara, La Ode Marhini, and La Ode Hermin. 2021. ‘Upaya Peningkatan Imun Masyarakat Melalui Literasi Resep-Resep Tradisional Pada Masa Pandemi

Marfu

Masyfufah, Lilis, Aprilia Rose Mawati, Dyah Novitasari, and Devi Indah Puspitasari. 2020. ‘Evaluasi Kenyamanan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Seragam STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo

Maya Ria Sari, -. 2019. ‘Manajemen Supply pada HNI-HPAI Halal Mart BC.4 di Kota Pekanbaru Menurut Ekonomi Syariah

Moh. Komar, Mubarak Nur Hidayat. 2021. ‘Komodifikasi Nilai Islam dalam Produk Pasta Gigi Herbal Hpai di WhatsApp Purwokerto

Mualimin, Ari Yunaldi, Sunandar, and Alkadri. 2018. ‘Cultural Da

Muchtar. 2012. ‘Perilaku Komunitas Muslim Perkotaan Dalam Mengonsumsi Produk Halal

Mushaf Al-Qur

Musyarofah, Anna. 2020. ‘Bahasa Dan Peran Semiotika Dalam Studi Agama

Novitasari, Cindy, Bambang Anggoro, and Komarudin Komarudin. 2019. ‘Analisis Sarang Lebah Madu Dalam Geometri Matematika Dan Al-Qur

Nurhanifah. 2021. ‘Komunikasi Pemasaran PT. Halal Network International Herba Penawar Alwahida Indonesia dalam Meningkatkan Minat Beli Masyarakat

Nurhasanah, Lailiyah. 2020. ‘Komodifikasi Agama Islam dalam Iklan Televisi Pasta Gigi Sasha Siwak

Pramarsudhi, Savitri Abshari, Riky Azharyandi Siswanto, and Ganjar Gumilar. 2021. ‘Perancangan Identitas Visual Dan Media Promosi Gerakan Sosial Sustainable Fashion Di Indonesia

Putra, Agung Trihandono, Wanda Listiani, and Sri Rustiyanti. 2021. ‘Estetika Morfologi Motif Batik Kluwung Indramayu

Putra, Ivan Pratama, Rusbandi Rusbandi, and Derry Alamsyah. 2022. ‘Klasifikasi Penyakit Daun Jagung Menggunakan Metode Convolutional Neural Network

Putri, Nadia Diandra. 2019. ‘Kajian Semiotik Poster

Rangga, and Fadhlina Arief Wangsa. 2019. ‘Hadis-Hadis ‘Imamah dalam Perspektif Ahmad Lutfi Fathullah

Riswan, Riswan, Ismawati Ismawati, and Rosmiati Rosmiati. 2021. ‘Perbandingan Pola Konsumsi Daun Kelor Terhadap Kadar Haemoglobin Ibu Hamil Di Kecamatan Rumbia Jeneponto

Rosyid, A. Zaenur. 2016. ‘Komodifikasi Agama Dalam Islamic Tourism Dan Aktivitas Ekonomi

Safliana, Eka. 2020. ‘Al-Qur

Sari, Kartika Indria. 2020. ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Halal Network International - Herba Penawar Alwahida Indonesia (HNI-HPAI) Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Muslim Di Bandar Lampung (Studi Pada Business Center HNI-HPAI Cabang Lampung 3)

‘Senarai Perusahaan Bersertifikat

Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir Al-Mishbah Volume 7: Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur

Sholeh, Muhyiddin, and Achmad Farid. 2020. ‘Simbolisasi Dakwah HTI Pada Al-Ra

Solihin, Khabib. 2020. ‘Analisis Kebijakan Sertifikasi Produk Halal dalam Perspektif Perlindungan Kemaslahatan Umat

Sudrajat, Anjang, and Muhammad Sholahuddin. 2018. ‘Analisa Pengaruh Pencantuman Merek, Kemasan, Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Makanan Cepat Saji Waralaba Internasional Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi

Suhandra, Ika Rama. 2019. ‘Studi Komparatif Makna Konotasi Warna Dalam Budaya Masyarakat Barat Dan Masyarakat Suku Sasak Lombok Indonesia

Suranto, Adji. 2007. Terapi Madu. Jakarta: Niaga Swadaya.

Suryani, Cahya. 2020. ‘Disinformasi Pembakaran Bendera Kalimat Tauhid

Syafi

Syarbini, Amirulloh, and Sumantri Jamhari. 2012. Kedahsyatan Membaca Al-Qur

Syuhriatin, Syuhriatin. 2019. ‘Uji Kemurnian Madu Yang Dihasilkan Lebah Spesies Cerana Sp. Dan Trigona Sp. Dengan Metode HMF (Hidroksi Methyl Furfural)

Tamami, Badrut. 2019. ‘Dikotomi Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Umum Di Indonesia

Tyas, Dyah Purwaning. 2012. ‘Medan Makna Ranah Warna dalam Bahasa Indonesia

Wijaya, Claudia Windasari. 2018. The Beauty Is In You. Absolute Media.

Zulaika, Siti. 2020. ‘Praktik Pembacaan Surah Yasin pada Masyarakat Desa Candimulyo, Madiun, Jawa Timur

Published

2022-08-23