TOTAL QUALITY MANAJEMENT (TQM) SEBAGAI MANAJEMEN MUTU ALTERNATIF PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

Syarifuddin Syarifuddin

Abstract


Total Quality Manajement (TQM), yang pada mulanya adalah salah satu manajemen mutu yang diterapkan di perusahaan, merupakan suatu pendekatan sistematis dan hati-hati untuk mencapai tingkatan kualitas yang tepat dengan cara yang konsisten dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Program studi Pendidikan Bahasa Arab (prodi PBA) memerlukan suatu manajemen mutu pendidikan yang menjamin pelanggan atau stake holdernya ‘puas’. Tulisan ini menawarkan TQM sebagai alternatif manajemen mutu yang bisa diterapkan di prodi PBA. TQM mempunyai empat unsur pokok yang bisa ditemukan dan diterapkan juga pada prodi PBA yaitu: pelanggan, respek terhadap setiap orang, manajemen berdasarkan fakta, dan perbaikan berkesinambungan. TQM juga mempunyai dua standar mutu yang bisa diimplementasikan pada prodi PBA yaitu (1) standar produk atau jasa (quality in fact), yaitu: kesesuain dengan spesifikasi; keseuaian dengan tujuan dan manfaat; tanpa cacat (zero defects); dan selalu baik sejak awal, dan (2) standar Pelanggan (quality in perception), yaitu: kepuasan pelanggan; memenuhi kebutuhan pelanggan; dan menyenangkan pelanggan.


Keywords


Manajemen Mutu; Total Quality Manajement (TQM); Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 784 times | PDF view : 2032 times

DOI: https://doi.org/10.23971/altarib.v2i1.1531

Article Metrics

Abstract view : 784 times
PDF - 2032 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Syarifuddin Syarifuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Indexed By:

Google ScholarMoraRef


Tool:

Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya is published by Arabic Education Departement (PBA), the Faculty of Education and Teacher Training (FTIK),  State Islamic Institut (IAIN) of Palangka Raya in partnership with IMLA (Association of Arabic Lecturers).

Editor and Administration Address:

Arabic Education Departement (PBA), the Faculty of Education and Teacher Training (FTIK),  State Islamic Institut (IAIN) of Palangka Raya, Jalan G. Obos Komplek Islamic Centre Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, Postal Code 73111.Email: jurnalaltarib@gmail.com/attarib@iain-palangkaraya.ac.id, Website: http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/tarib


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats