PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENGATASI MASALAH BELAJAR BAHASA ARAB

Haniah Haniah

Abstract


Teknologi informasi merupakan serangkaian tahapan penaganan informasi, yang meliputi penciptaaan, seleksi, penyimpanan dan penggunaan informasi dengan menggunakan seperangkat komputer dan sistem jaringan serta teknologi telekomunikasi. Ruang lingkup teknologi informasi pada enam teknologi yaitu: a) teknologi komunikasi (communication technology), b) teknologi masukan (input technology), c) teknologi keluaran (output technology), d) teknologi perangkat lunak (software technology), e) teknologi penyimpanan (storage technology),  f) teknologi mesin pemroses (processing machine) atau CPU. Teknologi informasi memiliki peran dan manfaat dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi pekerjaan dalam berbagai aspek kehidupan.

Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran antara lain ditandai dengan adanya interaksi antara pengajar dan peserta didik melalui teknologi internet, adanya bahan ajar yang sudah terprogram, pengajar berperan sebagai fasilitator dan adanya fleksibilitas dalam proses pembelajaran baik dari segi waktu maupun tempat.

Kehadiran teknologi informasi memberi angin segar yang bisa mengatasi masalah-masalah belajar bahasa Arab. Peningkatan keterampilan berbahasa yang mencakup menyimak, berbicara, membaca dan menulis dapat dilakukan melalui proses pembelajaran berbasis teknologi komputer dan memanfaatkan teknologi telekomunikasi. Di sini guru dituntut untuk melek teknologi sehingga dapat memanfaatkannya untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami peserta didik dan meningkatkan minat peserta didik serta kualitas pembelajaran.

Perkembangan teknologi informasi setidaknya telah memberi dampak positif dalam dunia pembelajaran termasuk pembelajaran bahasa Arab. Mengelola bahan ajar menjadi lebih mudah dan menarik berkat adanya teknologi informasi. Tinggal bagaimana guru dan peserta didik dapat memanfaatkan teknologi tersebut.


Article Metrics

Abstract view : 2750 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 4433 times

References


Arsyad, Azhar (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Asmani, Jamal Ma’mur (2011). Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Jogjakarta: Diva Press.

Hamid, Abdul et.al. (2008). Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Stratedi, Materi dan Media. Malang: UIN Press

Hariningsih, SP (2005). Teknologi Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kadir, Abdul dan Terra CH. Triwahyuni (2003). Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi

Makruf, Imam (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif. Semarang: Need’s Press.

Munir (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Rosyidi, Abdul Wahab (2009). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Press.

Rusman, et. al (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sa’ud, Udin Syaefuddin (2009). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, Ariesto Hadi (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Uno, Hamzah B dan Nina Lamatenggo (2010). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.23971/altarib.v2i1.588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

Google ScholarMoraRef


Tool:

Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya is published by Arabic Education Departement (PBA), the Faculty of Education and Teacher Training (FTIK),  State Islamic Institut (IAIN) of Palangka Raya in partnership with IMLA (Association of Arabic Lecturers).

Editor and Administration Address:

Arabic Education Departement (PBA), the Faculty of Education and Teacher Training (FTIK),  State Islamic Institut (IAIN) of Palangka Raya, Jalan G. Obos Komplek Islamic Centre Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, Postal Code 73111.Email: jurnalaltarib@gmail.com/attarib@iain-palangkaraya.ac.id, Website: http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/tarib


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats