تطبيق طريقة المباشرة فى تعليم اللغة العربية لطلاب الفصل الحادى عشر فى مدرسة هداية الإنسان فى تعليم الدّين الثانوية بالنكارايا

Muhammad Al Fajar, Ahmadi Ahmadi, Zainal Ilmi

Abstract


ABSTRAK

 

Peran seorang guru sangatlah penting dalam pembelajaran. Guru berperan penting dalam memilih metode pembelajaran yang akan digunakan dalam pengajaran. Pada penelitian ini, penulis ingin mengangkat tentang Direct Method atau metode langsung yang digunakan oleh guru bidang bahasa Arab dalam proses pembelajaran Bahasa Arab. Adapun rumusan penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana guru menerapkan penerapan metode ath-thariqah al-mubasyarah dalam pengajaran bahasa arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Hidayatul Insan Fi Ta’limiddin Palangka Raya? 2) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam Ath-thariqah al-mubasyarah dalam Pengajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Hidayatul Insan Fi Ta’limiddin Palangka Raya?. Dan adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Ath-thariqah al-mubasyarah Dalam Pengajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Hidayatul Insan Fi Ta’limiddin Palangka Raya. 2) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam Penerapan Ath-thariqah al-mubasyarah Dalam Pengajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Hidayatul Insan Fi Ta’limiddin Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dan peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Observasi dan wawancara dilakukan untuk mengetahui penerapan Ath-thariqah al-mubasyarah Dalam Pengajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Hidayatul Insan Fi Ta’limiddin Palangka Raya. Dokumentasi pada penelitian ini mencakup data dari dokumen-dokumen atau arsip-arsip yang ada di lokasi penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode ath-thariqah al-mubasyarah dalam pengajaran bahasa arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Hidayatul Insan Fi Ta’limiddin Palangka Raya yaitu: 1) Kemampuan guru dalam menentukan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan bahan pelajaran. 2) Penggunaan bahasa Arab dalam pembelajaran. Adapun faktor pendukung siswa dan guru yaitu beberapa kelebihan yang terdapat dalam siswa dan guru serta manfaat dari kegiatan bahasa Arab siswa di madrasah. Sedangkan faktor penghambat siswa dan guru yaitu keterbatasan kosakata siswa maupun fasilitas.

 

Kata kunci : Penerapan, Metode Ath-Thariqah Al-Mubasyarah


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 820 times | PDF view : 398 times

References


المراجع

الجبان، رياض عارف، الوسائل التعليميةوطرائق التدريس، سورية: دار الغصماء، 2009

إسماعيل، زكريا، طريقة تدريس اللغة العربية، دار المعرفة الجامعية، 1995

مدكور، على أحمد، رشدي أحمد طعيمة، و إيمان احمد هريدى، المرجع فى مناهج تعليم اللغة العربية للناطقين بلغات اخرى، دار الفكر العربي،

عبد العال، عبد المنعم سيد، طرق تدريس اللغة العربية، مكتبة غريب

عليان، أحمد فؤاد ، المهارات اللغوية، الرياض: دار المسلم، 1992

عليان، احمد قؤاد ، المهارات اللغوية ما هيمها وطرائق تدريسها، دارالمسلم، 1992

Ahmadi, Abu dan Ahmad Rohani HM, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1995

Al-Gulayainy,Syaikh Mustafa, Jami’ud Durusil Arabiyyah , Semarang: CV Asy-syifa, 1992.

Alwasilah,Chair, Sosiologi Bahasa, Bandung: PT. Angkasa, 2004.

Arikunto,Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta:PT.Rineka Cipta 2003.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1992.

Arsyad,Azhar, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Beberapa Pokok Pikiran, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Darajat,Zakiah, dkk., Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Departemen pendidikan dan kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi II cetakan IV, Jakarta: Balai Pustaka 1995

Effendy, Ahmad Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2012.

Fachrurrazi, Aziz & Erta Mahyudin, Pembelajaran Bahasa Asing Metode Tradisional dan Kontemporer, Jakarta: Bania Publishing, 2010.

Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT Remaja

Hajar, Ibnu, Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999.

Izzan, Ahmad, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: Humaniora, 2007.

M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara 1996)

Mahyudin, Erta dan Aziz Fachrurrazi, Pembelajaran Bahasa Asing Metode Tradisional dan Kontemporer, Jakarta: Bania Publishing, 2010.

Milles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Perss, 1999

Moleong,Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: PT. Remaja Rosdakarya 2004.

Muna,Wa, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Teori dan Aplikasi,cet. 1, Yogyakarta: Teras.

Nuha,Ulin, Metodologi super efektif pembelajaran bahasa arab, Yogjakarta, Diva press cetakan pertama November 2012

Nuha, Ulin, Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: DIVA Press, 2016.

Rohani, Ahmad HM dan H. Abu Ahmadi, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta:Rineka Cipta, 1995.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005.

Sabri, Ahmad, Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Jakarta: Penerbit Quantum Teaching, 2005.

Sudijono,Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

Syah,Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1997.

Tafsir,Ahmad, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Bandung :PT. RemajaRosdakarya Offset, 2004).

Usman,Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.

Waluyo,Herman J., Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, Surakarta: Sebelas Maret University Press, 1994.

Yunus,Mahmud, Metodik Khusus Bahasa Arab,Jakarta: Penerbit Hidakarya Agung.

Yusuf, Tayar dan Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran.

Zulhannan, Teknik Pembelajar Bahasa Arab Interaktif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.




DOI: https://doi.org/10.23971/altarib.v5i1.767

Article Metrics

Abstract view : 820 times
PDF - 398 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya




Indexed By:

Google ScholarMoraRef


Tool:

Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya is published by Arabic Education Departement (PBA), the Faculty of Education and Teacher Training (FTIK),  State Islamic Institut (IAIN) of Palangka Raya in partnership with IMLA (Association of Arabic Lecturers).

Editor and Administration Address:

Arabic Education Departement (PBA), the Faculty of Education and Teacher Training (FTIK),  State Islamic Institut (IAIN) of Palangka Raya, Jalan G. Obos Komplek Islamic Centre Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, Postal Code 73111.Email: jurnalaltarib@gmail.com/attarib@iain-palangkaraya.ac.id, Website: http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/tarib


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats