Analisis Buku Teks "Aku Cinta Bahasa Arab" untuk Madrasah Ibtidaiyah kelas V Terbitan Tiga Serangkai

Muhammad Abrar, Hamidah Hamidah, Rafi'i Rafi'i

Abstract


ABSTRAK

Buku “Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V” Penerbit: Tiga serangkaiadalah salah satu buku yang digunakan sekolah-sekolah Madrasah Ibtidaiyah di Palangkaraya. Penyusunan buku teks yang dilakukan dengan cermat dan tepat sangatlah penting untuk dilakukan. Penyusunan buku teks yang tidak didasarkan pada aspek-aspek buku teks yang baik akan sangat merugikan para siswa. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1)Bagaimana tingkat kelayakan  isi/materi buku “Aku Cinta bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyyah kelas V” Penerbit Tiga Serangkai. 2) Bagaimana tingkat kelayakan  penyajian buku “Aku Cinta bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyyah kelas V” Penerbit Tiga Serangkai.3) Bagaimana tingkat kelayakan  bahasa buku “Aku Cinta bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyyah kelas V” Penerbit Tiga Serangkai. Dan adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui tingkat kelayakan Buku “Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V” Penerbit: Tiga serangkai dari aspek kelayakan isi. 2) Untuk mengetahui tingkat kelayakan Buku “Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V” Penerbit: Tiga serangkai dari aspek kelayakan penyajian. 3) Untuk mengetahui tingkat kelayakan Buku “Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V” Penerbit: Tiga serangkai dari aspek kelayakan bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian kualititatif-kuantitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan dokumentasi dan analisisdata menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yang dilakukan dengan sistematis, obyektif dan kuantitatif. Analisis isi (content analysis) merupakan sebuah metode penelitian terhadap sebuah teks tanpa harus meminta pendapat penulis buku maupun pembaca buku.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kelayakan isi dalam Buku “Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V” Penerbit: Tiga serangkai sangat layak digunakan jika dilihat dari kesesuaian uraian dengan materi kompetensi isi (KI) dan kompetensi dasar (KD), keakuratan materi, kemutakhiran materi, kesesuaian budaya, latihan dan evaluasi, dan pengayaan. Presentase skor kelayakan isi pada buku ini yaitu 91,65%. 2) Kelayakan penyajian dalam Buku “Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V” Penerbit: Tiga serangkai sangat layak digunakan jika dilihat dari teknik penyajian, pendukung penyajian, strategi penyajian materi pembelajaran, dan koherensi dan keruntutan alur pikir. Presentase skor kelayakan isi pada buku ini yaitu 87,85%. 3)Kelayakan bahasa dalam Buku “Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V” Penerbit: Tiga serangkai sangat layak digunakan jika dilihat dari keakuratan, komunikatif, kesesuaian kaidah bahasa, dan kesesuaian perkembangan peserta didik. Presentase skor kelayakan isi pada buku ini yaitu 100%.

Kata kunci : Analisis, Kelayakan isi, penyajian, bahasa


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2579 times | PDF view : 1122 times

References


حمود كامل الناقة ورشدي أحمد طعيمة، الكتاب الأساسي لتعليم اللعة العربية لغير الناطقين بلغات أخرى إعداده، تحليله وتقويمه،(القاهرة: دارالفكر، 1983)،

رشدى أحمد طعيمة، تعليم اللغة العربية لغير الناطقين بها مناهجه وأساليبه، (الرباط: إيسيسكو، 1989)

عبد الحميد عبدالله و ناصر عبدالله الغالى، أسس إعداد الكتب لتعليمية لغير الناطقين بالعربية, (رياض:دار الإعتصام،1991)

عبد الحميد عبدالله وناصر عبدالله الغالي، أسس إعداد الكتب التعليمية، (القاهرة : دار الإعتصام ، 1998)،

عبد الرحمن بن إبراهيم الفوزان، إضاءات لرفع كفاءة معلمى اللغة العربية لغير الناطقين بها،(الرياض : العربية للجميع، 2001)

رشدى أحمد طعيمة، دليل عمل في إعداد المواد التعليمية لبرامج تعليم العربية, (مكة المكرمة : معهد اللغة العربية جامعة أم القرى, 1985)

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran; Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2008).

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011).

Akbar, Sadun. Instrumen Perangkat Pembelajaran. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013), hlm. 41

Rahmi, Aida dan Hendra Harmi, Pengembangan Bahan Ajar MI, (Curup: Lp2 STAIN Curup, 2013).

Prastowo, Andi. Pengembangan Bahan Ajar Tematik; Tinjauan Teoritis dan Praktik, (Jakarta: Penerbit Kencana, 2014).

Prastowo, Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. (Jogjakarta: DIVA Press, 2012).

Ali, Atabik dan Ahmad Zuhdi Muhdlor. Kamus Kontemporer Arab-Indonesia, cet viii, (Jakarta: Multi Karya Grafika, 1998).

Setiadi, Bambang. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing; pendekatan kuantitatif dan kualitatif, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006).

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan, Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia, (Bandung : Angkasa, 2009).

Creswell, John W. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015)

Krippendorf, Klaus. Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodologi, (Jakarta: Rajawali Pers, 1990).

Muslich, Masnur. Text Book Writing, (Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2010).

Pohan, Rusdi. Metodologi Penelitian Pendidikan, (Yogyakarta : Ar-Rijal Institut, 2007).

Maarif, Syamsul. 15 Mei 2015, ”Perbandingan Kualitas Buku Teks Bahasa Arab Tingkat Madrasah Tsanawiyah”. Jurnal Pendidikan Islam. Volume IV, no. 1, www.doaj.com, 15 April 2016.

Arikunto, Suharsimi. Menejemen Penelitian (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta : Rieneka Cipta : 2006).

Sticsher, Stefan dkk. Metode Analisis Teks & Wacana, terj.Gazali dkk, (Yogyakata: Pustaka Pelajar, 2009).

Trianto, Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, (Jakarta : Kencana, 2010).

Hamalik, Umar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, (Jakarta : Bumi Aksara, 2002).

Hanifah, Umi. Pentingnya Buku Ajar Yang Berkualitas Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab, (Jurnal Ilmu Tarbiyah “At-Tajdid”).

Permendiknas Republik Indonesia No. 11 Tahun 2005 tentang Buku Teks Pelajaran.

Muna, WA. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Teori dan Aplikasi), (Yogyakarta: Teras, 2011).

Winkel, Ws. Psikologi Pengajaran, (Yogyakarta : PT Media Abadi, 2004).

Sumber Internet:

puskurbuk.kemdikbud.go.id. diakses pada tanggal 13 agustus 2016 pada pukul 15.30

eprints.walisongo.ac.id/2579/4/073211067_Bab3.pdf. diakses tanggal 14Agustus 2016 pukul 19.30.




DOI: https://doi.org/10.23971/altarib.v5i2.772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya




Tool:

Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya is published by Arabic Education Departement (PBA), the Faculty of Education and Teacher Training (FTIK), State Islamic Institut (IAIN) of Palangka Raya in partnership with IMLA (Association of Arabic Lecturers).

Editor and Administration Address:

Arabic Education Departement (PBA), the Faculty of Education and Teacher Training (FTIK), State Islamic Institut (IAIN) of Palangka Raya, Jalan G. Obos Komplek Islamic Centre Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, Postal Code 73111.Email: [email protected]/[email protected], Website: http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/tarib


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats