Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya

Anti Friskandani, Nurul Septiana, Ridha Nirmalasari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keaktifan setelah menggunakan model kooperatif tipe jigsaw, untuk mengetahui bagaimana hasil belajar setelah menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran selama menggunakan model kooperatif tipe jigsaw pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya kelas VII di MTs Islamiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group desain. Instrumen yang digunakan adalah lembar keaktifan dan soal tes hasil belajar kongnitif berbentuk pilihan ganda 20 soal. Populasi penelitian adalah kelas VII MTs Islamiyah Palangka Raya dan sampel yang digunakan VII A sebagai kelas kontrol dan VII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa perkelas yaitu 28 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Terdapat pengaruh model kooperatif tipe jigsaw terhadap keaktifan peserta didik hal ini menunjukan keaktifan yang tergolong tinggi dengan rata-rata nilai persentase keaktifan kelas eksperimen 75% dan kelas kontrol 37%; (2) Terdapat pengaruh model kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik tergolong tinggi dengan rata-rata nilai pretes 35,18 dan postes 81,07 pada kelas eksperimen (3) Keterlaksanaan model kooperatif tipe jigsaw menunjukan bahwa pembelajaran sudah berjalan sesuai dengan tahapan pembelajaran model kooperatif tipe jigsaw dan terbukti bahwa model kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar dan keaktifan siswa dilihat dari lembar keterterapan.


Keywords


Jigsaw; Hasil belajar; Keaktifan; Interaksi Makhluk Hidup

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 97 times | PDF view : 79 times

References


Anggraini, Welly. 2019. Strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw: Pengaruhnya terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Lampung. Jurna Prodi pendidikan Fisika 2(1), 98-106.

Arrofa, Acesta.2019. Kecerdasan Kinestetik dan Interpersonal serta Pengembangannya. Surabaya : Media Sahabat Cendekia.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayu, Andriani. 2018. Praktis Membuat Buku Kerja Guru. Jawa Barat: CV Jejak.

Chamala, Evi dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran. Semarang : UNISSULA.

Dwi, Yunita. 2017. Pengaruh model video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keaktifan siswa. Jurnal pengajaran MIPA 13 (1), 15-22.

Diana, Rochintaniawati. 2009. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Biologi di SMPN 2 Cimalaka. Cimalaka. Jurnal Pengajaran Mipa 13(1), 15-22.

Harahap, Fauziyah. 2010. Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dalam tatanan pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar biologi pada peserta siswa SMA Swasta Dharmawangsa Medan. Jurnal Pendidikan Biologi 1(02), 126-145.

Herawati, Lidia. 2019. Pengaruh Model Kooperatif tipe Jigsaw tehadap hasil belajar dan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di Smp Negri 09 lebong. Jurnal Nasional Sains 1(1).

Ismail, Nurdin. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Cendekia.

Ismail, Fajri. 2018. Stastistika untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group.

Lasmawan, Wayan. 2013. Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar menulis ditinjau dari motivasi berprestasi siswa kelas VII SMP Negri 4 Mendoyo. Jurnal Program Pascasarjana Universitas pendidikan Ganesha 3(1), 120421.

Listiawati. 2017. Tafsir ayat-ayat Pendidikan. Depok: Kencana.

Marlina, Ina. 2019. Pengaruh Model Kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan berfikir kritiskelas V. Jurnal program studi pendidikan Guru Sekolah dasar 2(3),61-80.

Nining, Mariyaningsih. 2018. Bukan Kelas Biasa. Surakarta : CV Oase Group.

Oemar, Hamalik. 2009. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Purwanti, Muslika. 2014. Analisis butir soal ujian akhir mata pelajaran akutansi keuangan menggunakan microskop offies exel. Yogyakarta : Pendidikan akutansi. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia 12(1).

Robert, Salvin. 2005. Cooperativ learning (cara efektifdan menyenangkan pacu prestasi seluruh peserta didik). Bandung : Nusa Media.

Prasetyo, Bambang. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Rifai. 2016. Penelitian tindakan kelas dalam PAK. Sukoharjo :Perum Griya Karya Sonorejo.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Karisma Putra Utama.

Sani. Miftahul. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Biologi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rambah Hilir Tahun pembelajaran 2014/2015. Jurnal FTIK 1 (1).

Seniwati. 2017. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan kualitas belajar, keaktifan dan kompetensi siswa dikelas XII IPA 2 SMA Negri 1 Bontonompo. Sulewesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan 5(2).

Sinar. 2018. Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung : PT Remaja rosdikarya.

Suharsimi, Arikunto. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabet.

Sulastri,Yeti. 2009. Pengaruh Penggunaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran biologi di SMPN 2 Cimalaka. Jurnal Pengajaran Mipa 13(1).

Syful. 2001. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung : Alfabet.

Trianto.2009.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencan




DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i2.2896

Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF - 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anti Friskandani, Nurul Septiana, Ridha Nirmalasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





Journal Management Address Map:


Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan,
ISSN 2775-6580 (online-electronics), 2776-7531 (print)
2021-2022 IAIN Palangka Raya